Pendahuluan
Makanan, selain untuk memenuhi kebutuhan dasar, juga memiliki dampak signifikan pada perilaku dan status sosial seseorang. Data dari Populix(2024) menunjukkan bahwa konten inspirasi kuliner menduduki urutan ketiga dalam kategori konten media sosial yang paling sering diakses oleh warga Indonesia, dengan persentase sebesar 63%. Hierarki sosial yang direfleksikan dalam makanan telah ada sejak masa lampau, seperti ayam betutu yang kerap digunakan dalam upacara adat dan dianggap sebagai makanan para raja di zaman Kerajaan Bali.
Keberagaman makanan dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti budaya, ekonomi, tradisi, geografi, dan inovasi. Didukung dengan adanya tren makanan eksklusif di media sosial, refleksi makanan terhadap status sosial semakin kuat. Artikel ini akan membahas dinamika makanan, status, dan hierarki sosial di Indonesia.
Simbol Bahan Makanan Yang Mencerminkan Status Sosial
Status sosial umumnya dibagi menjadi tiga berdasarkan kemampuan ekonomi, kelas atas, menengah, dan bawah. Kecenderungan tersebut menjadikan mereka memiliki level makanan yang berbeda. Level makanan dapat dilihat dari nilai bahan baku yang digunakan. Kaviar dan Wagyu A5 yang sering dihidangkan pada menu kelas atas memiliki range harga jutaan per kilogram, bahkan truffle bisa mencapai puluhan juta. Pada hidangan kelas menengah, seseorang cenderung memilih bahan baku berkualitas dengan rata-rata harga dibawah Rp500.000/kg. Kemudian, pada hidangan kelas bawah, mencakup makanan pinggir jalan yang kurang sehat dan harga terjangkau.
Pengaruh Psikologis Dalam Pemilihan Makanan
Pengaruh psikologis dalam pemilihan makanan sangat dipengaruhi oleh level ekonomi. Menurut teori Maslow, seseorang cenderung memenuhi kebutuhan yang paling dasar dahulu sebelum kebutuhan kompleks. Masyarakat dengan level ekonomi bawah cenderung memilih makanan pokok mengenyangkan dan sayuran lokal yang mudah diakses serta harga yang terjangkau. Mayoritas dari mereka mengutamakan ketahanan pangan harian yang cukup untuk keluarga mereka sepanjang waktu. Pada level ekonomi menengah, konsumen menyeimbangkan antara nilai gizi dan budget yang dimiliki. Mereka juga lebih bervariasi dalam memilih makanan sehat yang terjangkau seperti sayuran segar, protein nabati dan sumber karbohidrat murah. Tren sosial media dan gaya hidup praktis juga mempengaruhi pilihan makanan mereka.
Sementara itu, individu dengan level ekonomi atas memilih makanan eksklusif yang menawarkan pengalaman unik dan prestige. Mereka memilih jenis makanan mewah untuk menunjukkan status sosial mereka. Selain itu, kesehatan menjadi prioritas utama, sehingga mereka cenderung memilih makanan organik dan superfood.
Pengaruh Influencer pada Perilaku Konsumen dan Produk Makanan
Pengaruh influencer terhadap perilaku konsumen makanan dan produk makanan sangat signifikan. Dilansir dari laman marketing.co, 94% responden mengatakan bahwa influencer mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain,  kredibilitas influencer, konten menarik, koneksi emosional, dan review produk. Saat ini, influencer berhasil menginspirasi mereka untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan berkelas, serta pemilihan produk. Hal ini membuat konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih produk makanan. Mayoritas masyarakat yang terpengaruh adalah kelas menengah yang menginginkan pengakuan sosial bermodalkan mengikuti tren media sosial.
Dampak Ekonomi Bagi Industri Makanan