Putri Patrechya Saragih, Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd.
Mahasiswi S1 PGSD FIPP UNNES, Dosen PGSD FIPP UNNES
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIPP UNNES
putripatrechyasaragih@students.unnes.ac.id, ekatitiandaryani@mail.unnes.ac.id
ABSTRAK
Kurikulum pada tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk dasar pendidikan anak yang berfokus pada pengembangan anak. Artikel ini membahas ataupun mnegulas betapa pentingnya kurikulum yang berfokus pada pengembangan anak di sekolah dasar. Dengan mempertimbangkan peran guru dalam implementasi kurikulum, jenis-jenis kurikulum yang digunakan, dan dampak positif dari pendekatan pengembangan anak, kita akan memahami bagaimana kurikulum dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam perkembangan dan pembelajaran anak di tingkat sekolah dasar. Guru di sekolah dasar memegang peran sentral dalam mengimplementasikan kurikulum yang berfokus pada pengembangan anak, mereka bukan hanya penyampai materi pelajaran, tetapi juga pendukung pembelajaran anak-anak. Jenis-jenis kurikulum yang digunakan, seperti kurikulum berbasis kompetensi, proyek, karakter, dan teknologi, menawarkan berbagai pendekatan untuk memenuhi kebutuhan individual siswa, mengembangkan keterampilan, serta nilai-nilai moral dan sosial. Selain itu, pendekatan kurikulum yang berfokus pada pengembangan anak membawa dampak positif, termasuk pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran, pengembangan keterampilan sosial dan emosional, penguatan karakter yang baik, serta persiapan yang lebih baik untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, artikel ini menegaskan pentingnya kurikulum yang efektif di tingkat sekolah dasar untuk memastikan perkembangan holistik anak-anak, mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah, dan memberikan dasar yang kokoh bagi pendidikan selanjutnya.
Kata Kunci: Kurikulum, Pengembangan Anak, Dampak Positif, Jenis Kurikulum, Sekolah Dasar, Implementasi Kurikulum
ABSTRACK
The curriculum at the elementary school level has a very important role in forming the basis of children's education which focuses on child development. This article discusses or discusses the importance of a curriculum that focuses on child development in elementary schools. By considering the role of teachers in curriculum implementation, the types of curriculum used, and the positive impact of child development approaches, we will understand how the curriculum can make a meaningful contribution to children's development and learning at the elementary school level. Teachers in elementary schools play a central role in implementing a curriculum that focuses on child development, they are not only transmitters of lesson material, but also supporters of children's learning. The types of curriculum used, such as competency-based, project, character, and technology-based curricula, offer a variety of approaches to meet students' individual needs, develop skills, and moral and social values. In addition, a curriculum approach that focuses on child development has positive impacts, including a deeper understanding of subject matter, development of social and emotional skills, strengthening good character, and better preparation for the next level of education. Therefore, this article emphasizes the importance of an effective curriculum at the primary school level to ensure the holistic development of children, prepare them for a brighter future, and provide a solid foundation for further education.
Keywords: Curriculum, Child Development, Positive Impact, Types of Curriculum, Elementary School, Curriculum Implementation
Â
PENDAHULUAN
Pendidikan dasar adalah tahap awal yang sangat krusial dalam pembentukan masa depan anak-anak. Pada tingkat sekolah dasar, kurikulum memegang peranan sentral dalam pengalaman belajar anak-anak. Lebih dari sekadar pengajaran materi pelajaran, kurikulum di tingkat ini juga melibatkan cara pengajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran. Sekolah dasar merupakan fase awal dalam perjalanan pendidikan anak-anak, dan periode ini memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dasar pengetahuan, keterampilan, serta karakteristik pribadi yang akan membimbing mereka sepanjang kehidupan. Dalam menghadapi tuntutan zaman yang terus berubah dan kompleksitas masyarakat kontemporer, kurikulum di tingkat sekolah dasar memiliki peranan utama dalam memberikan landasan kuat bagi pertumbuhan dan serta perkembangan anak-anak. Tahap ini tidak hanya memberikan bekal pengetahuan akademik, tetapi juga merupakan periode sangat penting dalam pembentukan karakter, keterampilan, dan nilai-nilai yang akan membimbing anak-anak selama sisa kehidupan mereka. Dalam konteks ini, peran kurikulum di sekolah dasar tidak dapat dianggap enteng. Kurikulum yang efektif di tingkat ini bukan hanya tentang apa yang diajarkan di kelas, tetapi juga tentang bagaimana pendidikan dapat membentuk dan mendukung perkembangan anak secara menyeluruh.
Kurikulum yang berfokus pada pengembangan anak bukan hanya sekadar sejumlah mata pelajaran yang diajarkan di dalam kelas, tetapi juga pendekatan yang menyeluruh dalam mendidik anak-anak. Hal ini mencakup pemahaman mendalam tentang kebutuhan individual siswa, pengembangan keterampilan akademik dan non-akademik, serta penguatan nilai-nilai moral dan sosial. Pada tahap ini, guru bukan hanya menjadi penyampai informasi, tetapi juga menjadi fasilitator pembelajaran yang mendukung pertumbuhan holistik siswa. Kurikulum semacam ini mengakui bahwa pendidikan bukanlah sekadar transfer pengetahuan, tetapi juga tentang membantu siswa mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademik yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam kehidupan.
Guru di sekolah dasar memainkan peran sentral dalam implementasi kurikulum ini. Mereka bukan hanya penyampai materi pelajaran, tetapi juga pendukung dalam pertumbuhan dan perkembangan siswa. Kurikulum yang berfokus pada pengembangan anak memerlukan guru untuk memahami siswa secara individu, mendengarkan kebutuhan mereka, dan merancang pengalaman pembelajaran yang relevan dan bermakna.