Mohon tunggu...
Puteri Renata
Puteri Renata Mohon Tunggu... Editor - Mpudh

Founder Komunitas Sahabat Literasi/Direktur SL Books/Mentor Kepenulisan Self Healing/Penulis Novel

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Apa Perlu Belajar Parenting Sebelum Menikah?

8 Januari 2021   22:10 Diperbarui: 8 Januari 2021   22:13 481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ngomong-ngomong soal "parenting" Jujur, saya baru tahu betapa pentingnya belajar parenting waktu saya berada di acara erlangga tallent week di jakarta tahun 2019.

Saya awam sekali tentang dunia "parenting".First karena saya belum menikah, apalagi mempunyai anak. 

Saya belum memahami konsep parenting itu seperti apa, walau saya lulusan kampus pendidikan, karena mungkin saya tidak terlalu mendalami terlalu jauh tentang itu. 

Setelah acara erlangga tallent itu, saya pelan-pelan mempelajari tentang apa itu parenting? Konsep apa aja yang harus dilakukan sebagai orang tua yang baik dan masih banyak lagi yang saya pelajari. Saya belajar dari beberapa buku yang memang menjelaskan tentang parenting, atau dari video-video channel youtube yang memang sengaja saya searching dan saya tonton untuk menambah pemahaman saya. 

Walau saya tahu, mempelajari tidak langsung praktek adalah "Nol".

Namun alhamdulillah saya bisa langsung mempraktekkannya walau bukan ke anak saya sendiri. 

Saya bertemu dengan beberapa orang tua yang konsultasi masalah anak nya, karena saya memahami dasarnya mendidik anak dan konsepnya, saya bisa memberikan teori kepada orang tersebut. 

Saya juga mengingat bagaimana ibu saya mendidik saya sejak kecil, walau tidak semua konsep beliau benar, namun ada beberapa hal yang saya gunakan sebagai dasar saya mengajarkan parenting kepada orang tua anak les saya yang konsultasi tentang anaknya langsung kepada saya. 

Kembali ke judul awal yang saya tulis. 

"Apa perlu belajar parenting sebelum menikah? "

Jawabannya sangat perlu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun