Mohon tunggu...
Putri DwiJuliyanti
Putri DwiJuliyanti Mohon Tunggu... Penulis - say hi.

bismillah.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Telaah Buku Teks Jenjang SMA Kurikulum 2013

4 Februari 2021   15:25 Diperbarui: 4 Februari 2021   15:58 616
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama: Putri Dwi Juliyanti
NIM: 18.03.1.0015
Semester: V (lima)
Mata Kuliah: Telaah Kurikulum dan Buku Teks

Berdasarkan buku cetak yang sudah ditelusuri, yaitu Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Maman Suryaman, Suherli, dan Istiqomah dan diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, cetakan tahun 2018, untuk jenjang SMA/MA/SMK/MAK kelas XII pada kurikulum 2013. Akan diambil bagian dari isi buku yang berjudul "Bab 1 Membuat Surat Lamaran Pekerjaan" dan akan ditelaah terhadap bagian isi buku yang telah dipilih tersebut berdasarkan: (a) materi ajar, (b) kualitas teks yang disajikan, dan (c) kreativitas isi buku.

A. Materi Ajar

     Dalam kelayakan isi, terdapat tiga indikator yang harus diperhatikan, yaitu (1) kesesuaian uraian materi dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) yang terdapat dalam kurikulum mata pelajaran yang bersangkutan; (2) keakuratan materi; dan (3) materi pendukung pembelajaran (Muslich, 2010: 292).

     Pada bab 1 "Membuat Surat Lamaran Pekerjaan" yang terdapat dalam buku ini menjelaskan mengenai pengertian surat lamaran pekerjaan, bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan, mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan, jenis surat lamaran pekerjaan, unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan, dan lain sebagainya.

     Dalam buku ini, pengertian surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja di suatu Lembaga. Pada umumnya surat ini memiliki bagian-bagian yang berisi identitas diri, jasa yang dapat diberikan, Pendidikan, kecakapan atau keahlian, serta pengalaman. Bagian-bagian ini sering disebut juga kualifikasi pelamar.

     Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan dan menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan.

     Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, sebagai berikut :


1) Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga disebut sebagai model gabungan.

2) Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah.

     Di dalam surat lamaran pekerjaan akan ditemukan hal-hal penting yang harus dilampirkan. Sebagai seorang pelamar pekerjaan harus cermat di dalam menulis surat agar semua data menjadi argumentasi yang kuat. Di samping lampiran, segi lain yang harus dipahami seorang penulis surat lamaran pekerjaan adalah isi dan sistematika surat.

     Ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan Bahasa yang digunakan adalah, sebagai berikut:


1) Menggunakan bentuk surat yang standar

2) Menggunakan Bahasa yang baik dan benar

3) Menggunakan kata-kata yang sopan

4) Menggunakan kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasran

5) Tulisan bersih, mudah dibaca, dan sesuai dengan kaidah ejaan

6) Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma Bahasa surat (seperti penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan dan nama terang)

B. Kualitas Teks yang Disajikan

1) Kelengkapan materi

     Materi yang dituangkan dalam buku teks ini dimana mencakup ruang lingkup yang dijelaskan dalam sub topik dan sub bab yaitu dengan memotivasi dan peserta didik untuk belajar aktif. Kelengkapan materi yang ada dalam buku teks ini sudah memenuhi standard kompetensi dimana terdapatnya sub bab yang memenuhi standar kompetensi. Ada pula sub bab yang berupa kegiatan yang ada dalam buku ini dengan memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang sudah dirancang agar peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil dari telaah isi dari bab 1 mengenai "Membuat Surat Lamaran Pekerjaan" adalah sebagai berikut :

- Cangkupan materi mencangkup sub topik dan sub bab dalam pencapaian kompetensi dasar. Sub bab dalam buku teks ini dituliskan sebagai kegiatan yang akan menjadi materi pembelajaran untuk peserta didik.

- Kegiatan di dalam buku teks ini terutama pada bab 1 memfasilitasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, karena dalam Kurikulum 2013 sendiri lebih ditekankan kepada peserta didik yang harus lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Karena pendidik hanya sebagai fasilitator saja

- Materi yang terdapat dalam bab 1 yang memiliki keakuratan dan terkonsep dalam satu buku yang tidak menimbulkan banyak definisi, sehingga tidak membuat peserta didik menjadi pusing atau bingung dalam memahami materi yang disajikan dalam buku teks tersebut.

- Dalam bab 1 ini memuat gambar, tabel, dan contoh mengenai cara penulisan surat lamaran pekerjaan yang akurat dengan teks sehingga mudah dipahami peserta didik dalam membaca materi tersebut.

C. Kreativitas Isi Buku

Dalam buku ini, khususnya pada bab 1 cukup dikatakan kreatif karena sebagai berikut:

1) Isi dari bab tidak hanya berisi mengenai materi saja tetapi berisi latihan-latihan atau tugas untuk dikerjakan peserta didik sebagai evaluasi serta melatih kemampuan peserta didik. Peserta didik belajar teori terlebih dahulu, setelah itu peserta didik diberikan tugas untuk praktik.

2) Latihan atau tugas yang disajikan memotivasi peserta didik untuk menghasilkan suatu nilai atau poin yang bagus. Misalnya tugas didalam bab 1 ini yang meminta peserta didiknya untuk membuat surat lamaran pekerjaan.

3) Penyajian materi yang cukup untuk menarik minat peserta didik. Uraian materi yang disajikan sudah sesuai dengan kenyataan yang ada atau konkret. Buku teks ini juga tidak membuat peserta didik bosan akan terlalu banyak definisi karena dalam buku ini hanya ada beberapa definisi saja dan lebih memperbanyak contoh dari materi tersebut. Kemudian yang membuat buku ini menarik adalah setiap materinya hanya menggunakan satu definisi, yang memudahkan peserta didik memiliki pemahaman yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun