Sumber daya manusia merupakan salah satu aset penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan atau organisasi. Khususnya pada era globalisasi ini, diperlukan SDM yang berkualitas agar selalu siap dalam menghadapi setiap perubahan yang ada serta dapat bersaing di pasar global. Manajemen SDM yang dilakukan secara efektif akan menghasilkan SDM yang berkompeten serta berkinerja tinggi. Lalu, apakah globalisasi juga memiliki pengaruh pada manajemen SDM?
GLOBALISASI DAN MANAJEMEN SDM
Sebelum melakukan pembahasan lebih lanjut, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai globalisasi dan manajemen SDM. Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan juga komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.Â
Kemudian menurut Handoko (2011:4), manajemen sumber daya manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi.Â
Manajemen SDM menjadi wadah untuk pengembangan diri setiap indvidu berdasarkan kebutuhan perusahaan atau organisasi demi menghadapi persaingan di pasar global. Globalisasi tentunya memiliki dampak yang signifikan pada manajer dalam memanajemen SDM. Berikut pengaruh globalisasi pada manajemen SDM.
1. Penggunaan teknologi dalam proses rekrutmen
Di zaman sekarang ini, banyak perusahaan melakukan media internet seperti media sosial dalam mengiklankan posisi pekerjaan yang diperlukan. Dengan demikian, HRD bisa mencari kandidat pekerja dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, HRD juga dapat melakukan pendataan pada setiap kandidat pekerja untuk kemudian dilakukan peninjauan lebih lanjut.
2. Remote Working dan fleksibilitas
Hal ini bisa dilihat pada pandemi Covid-19 dimana kondisi tersebut memaksa setiap karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka dari rumah yang biasa disebut remote working atau work from home. Begitu pula dengan manajemen SDM yang dapat dilakukan dari jarak yang jauh sekalipun, HRD dapat mengelola dan mengembangkan SDM serta memanfaatkan kelebihan setiap SDM.Â
3. Adaptasi terhadap perbedaan hukum dan budaya
Setiap SDM yang dikelola tentu memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda dan masing-masing membawa perspektif dan keunikan masing-masing. Oleh karena itu, HRD diharuskan untuk melakukan pendalaman tentang perbedaan budaya sehingga nantinya dapat mengelola berbagai keberagaman SDM tersebut secara efektif untuk memenuhi kebutuhan para SDM.Â
KESIMPULAN
Perusahaan perlu melakukan manajemen SDM agar tercipta SDM yang berkualitas, berkompeten serta berkinerja tinggi sehingga dapat bersaing di pasar global. Dalam praktiknya, manajemen SDM saat ini telah mengalami pengaruh yang signifikan dari globaliasi. Pengaruh tersebut seperti penggunaan teknologi dalam rekrutmen pekerja, pekerjaan jarak jauh, serta pengadaptasian terhadap perbedaan hukum dan budaya pada setiap SDM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H