Mohon tunggu...
PUTRA AGUNG PRATAMA
PUTRA AGUNG PRATAMA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Hubungan International Universitas Amikom Yogyakarta

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Remaja dan Teknologi dalam Menembus Pasar Global

4 Januari 2023   20:04 Diperbarui: 4 Januari 2023   20:09 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pasar internasional adalah kegiatan yang dilakukan antar negara ketika kita mendengar, sebuah produk lokal yang sudah dikenal hingga ke luar negeri itu artinya bisnis tersebut bukan tidak laku di indonesia tapi pemilik bisnis telah menjual produknya di international

Tujuan pasar internasional

tidak hanya menjual dan membeli produk dari antar negara, adanya pasar internasional tentu memiliki tujuan, terlebih kegiatan transaksi jual beli antar negara sudah terjadi sejak dulu.

Apa saja tujuan dari pasar Internasional?

1.memperluas pasar wilayah perdagangan bahkan hingga keseluruh dunia dan juga dapat meningkatkan produksi yang lebih banyak,ektimbang hanya menjual di negeri sendiri

2.meningkatkan devisa negara, yakni dengan cara kegiatan ekspor produk ke negara lain biasanya jumlah ini dilakukan dengan jumlah yang besar.

3.menumbuhkan pertumbuhan sektor ekonomi dalam suatu negara

4.melakukan transfer teknologi modern antar negara untuk membantu meningkatkan efisiensi terutama dalam proses produksi produk yang akan dijual.

5. mendorong terbentuknya sumber daya manusia, yang dapat untuk mengasah keahlian ,keterampilan,dan menciptakan tenaga unggul, terlebih untuk mengikuti perkembangan teknologi dan mampu untuk bersaing.

Regulasi pasar International

ketika kita ingin memulai untuk melakukan pemasaran di international kita harus memahami regulasi dan aturan untuk dapat tembus di pasar internasional mulai dari:

1.produk apa saja yang bisa atau tidak bisa dijual?

2.bagaimana saluran distribusi yang dilakukan pebisnis?

3.berapa hitungan jumlah pajak yang dikenakan?

4.bagaimana mekanisme transaksi perdagangan yang akan dijalankan?

pada era ini milenial dan teknologi tidak bisa dipisahkan bagaimana teknologi dapat mempengaruhi kehidupan milenial pada saat ini. Teknologi dapat menggiring kita kearah yang baik atau sebaliknya tergantung bagaimana kita melihat tentang kepentingan untuk berteknologi.

teknologi juga membawa milenial untuk berpikir cerdas kreatif dan inovatif banyak milenial di indonesia yang mengembangkan teknologi sebagai media pengembangan skill dan bagaimana praktik milenial indonesia dalam menembus pasar internasional.

hal itu dibuktikan oleh sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di indonesia yang mampu meracik produk UKM indonesia hingga menembus pasar global

Mengangkat kerajinan daerah

Ratna indrawati (31 tahun) misalnya. pemilik usaha Ratna Art Shop asal nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah membawa kerajinan rotan ketak menembus pasar global. dan dia juga telah memberdayakan lebih dari 800 pengrajin di NTB agar dapat menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas.

bahkan di ajang China -Asean Expo di Nanning, salah satu UKM binaan Pertamina itu mampu melakukan penjualan dengan nilai hampir Rp 1 miliar.

"Saya berasal dari desa yang sebagian besar masyarakatnya hidup dari kerajinan anyaman. Dan saya ingin mengangkat perekonomian mereka lebih baik dengan produk yang berkualitas, sekaligus melestarikan produk khas yang telah menjadi bagian dari masyarakat sejak lama,'' ujar Ratna dari siaran pers Pertamina,Jakarta, Selasa (12/11/2021)

perkembangan teknologi sangat memiliki pengaruh yang sangat besar untuk milenial dalam melihat dunia, dunia seakan kecil kita dapat mengakses dan melihat perkembangan dunia hanya dengan melakukan perangkat elektronik yang canggih. dan bagaimana perang milenial yang fokus terhadap kelangsungan hidup dalam industri kreatif hal ini bagaimana juga milenial dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi, contohnya Ratna yang memanfaat kan teknologi sebagai platform penjualan dan banyak juga milenial dengan memanfaatkan teknologi sebagai ajang bisnis dan kreatif yang menembus pasar dan kancah Internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun