Mohon tunggu...
Wisnu Bangun Saputro
Wisnu Bangun Saputro Mohon Tunggu... Jurnalis - Freelance writer

Mencoba menjadi Orang Jawa yang "JAWA"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Schleiermacher - Hermeneutika Romantis

28 Oktober 2015   14:12 Diperbarui: 28 Oktober 2015   14:12 943
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

          Manusia adalah makhluk penafsir. Semua yang terjadi di biosfer ini tidak lepas dari bermacam-macam penafsiran manusia. Selain memang hal itu sudah menjadi sifat dasar manusia sebagaihermeneutic human, manusia juga terlahir dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Keingintahuan manusia yang tinggi pada akhirnya harus mendorong manusia untuk memahami. Dan di situlah eksistensi penafsiran manusia.

          Sebuah penafsiran ada bukan tanpa tujuan. Dalam hal ini, secara umum, tujuan manusia menafsiri apapun yang dia tangkap adalah untuk mencari kepuasan hatinya. Kepuasan terkait erat dengan adanya sebuah kebenaran. Artinya, secara tidak langsung ketika seseorang tengah menafsiri sesuatu, di waktu yang sama, dia sedang mencari sebuah kebenaran. Atau lebih tepatnya kesimpulan yang menurut dia itu adalah kebenaran. Namun, terlepas dari benar tidaknya kesimpulan seseorang tadi, tetap saja, titik tekan dalam hal ini adalah pencarian kebenaran. Dengan bahasa lain, melalui penafsiran terhadap sesuatu, seseorang bisa mencari kebenarannya akannya.

              Wacana terkait hermeneutika bukan menjadi kajian tabu lagi untuk diperbincangkan. Terlebih bagi yang berkiprah dalam bidang tafsir. Di era modernitas saat ini, pola pikir manusia yang awalnya dikenal dengan pola pikir kosmosentris (pemikiran berpusat pada alam), kemudia disusul era skolastik yang masyhur dengan nalar teosentris (pemikiran berpusat pada Tuhan), kini menjadi pola pikir antroposentris (berpusat pada manusia). Peralihancorak fikir era modern ini berimplikasi pada dominasi pemaknaan dan kebenaran oleh ide-ide yang sejajar dengan sentris yang berlaku. Adadua hal yang menjadi isu kontemporer munculnya paradigma baru ini.Pertama, kesadaran atas kontekstualitas, yaitu kesadaran setiap individu, kelompok  atau komunitas sosial tertentu yang berperilaku dan bernalar sesuai dengan konteks kehidupannya; baik historis, sosial budaya-politik, sikap keagamaan sampai pada konteks psikologis. Kedua, kesadaran progresifitas terhadap dinamika perkembangan dalam kehidupan manusia, bahwa kehidupan manusia ini tidak statis atau mandeg, namun senantiasa terjadi proses dialogis dan dialektis antar variabelnya. Berdasarkan asumsi inilah hermeneutika menemukan jati dirinya yang strategis sebagai satu disiplin ilmu yang menggarap wilayah pemahaman dan penafsiran manusia terhadap realitas kehidupannya.

           

Definisi Hermeneutika

Secara etimologi, kata hermeneutika berasal dari bahasa Yunani kuno, yaituhermeneuein—sebagai kata kerja. Yunani kuno menyebut hermeneuein sebagai aktivitas menafsirkan. Mereka menggunakan kata tersebut sebagai representasi dari aktivitas menafsirkan karena terinspirasi dari nama salah satu dewa yang mereka yakini, Hermes. Hermes adalah nama dewa yang bertugas untuk menerjemahkan bahasa langit ke bahasa bumi. Dengan demikian, dengan bertolak pada kata penafsiran, mereka menggunakan nama Hermes—yang akhirnya menjadi Hermeneuein—sebagai aktivitas penafsiran. Dan akhirnya, kata hermeneuein diserap ke bahasa Jerman mejadi hermeneutic dan ke bahasa inggris menjadi hermeneutics.

Secara istilah, hermeneutika didefinisikan beragam. Adanya keberagaman tersebut disebabkan oleh adanya perkembangan hermeneutika menjadi sebuah disiplin keilmuan mandiri. Jika dipetakan, sebelum menjadi sebuah disiplin keilmuan, hal itu berarti sebagai sebuah techne atau aktifitas penafsiran. Lebih jelasnya, hermeneutika adalah seni atau cara memahami bahasa orang lain, tulisannya, dan apapun yang tidak jelas secara benar.

Definisi yang kedua—ketika itu sudah menjadi displin keilmuan—hermeneutika memiliki dua definisi: definisi sempit dan definisi luas. Pertama, definisi sempit hanyalah sebatas hermeneutika sebagai metode penafsiran. Kedua, definisi luas hermeneutika mencakup empat istilah: hermeneuse, hermeneutika, philosophische hermeneutic, hermeneutische philosophie. Yang pertama adalah hanyalah sebagai praktek penafsiran, baik itu penafsiran teks, simbol, perilaku manusia, dan sebagainya tanpa terikat sama sekali dengan metode tertentu. Yang kedua adalah tentang bagaimana menafsirkan secara benar, apa metodenya, dan bagaimana aturan-aturannya dalam menafsirkan. Ketiga, philosophische hermeneutic—hermeneutika filosofis—yaitu membahas tentang pertanyaan: mengapa kita bisa memahami ini? Apa saja yang diperlukan sehingga mungkin untuk kita menafsirkan itu? Dan sebagainya. Intinya, di wilayah ini, pembahasannya bukan lagi kepada metode apa atau objek apa, tetapi kepada mengapa bisa. Yang terakhir, hermeneutische philosophie—filsafat hermeneutika—yaitu bagian dari pemikiran-pemikiran filsafat yang mencoba menjawab problem kehidupan manusia dengan cara menafsirkan apa yang diterima manusia dari sejarah dan tradisi. Artinya, objek kajian penafsiran di wilayah ini bukan lagi teks, bahasa atau lainnya, namun sebuah fenomena. Hal ini berlandaskan pada kesimpulan bahwa manusia adalah makhluk penafsir.

Posisi Hermeneutika Romantis dalam ranah Hermeneutika sebagai Ilmu.
Berbicara tentang keilmuan, tidak bisa tidak juga berbicara tentang sejarah keilmuan itu sendiri. Untuk menjadi sebuah disiplin keilmuan mandiri, bagaimanapun Hermeneutika harus memiliki babakan sejarah perkembangannya. Artinya, Hermeneutika harus melewati objektivikasi, sistemasi, metodesasi, dan universalisasi terlebih dahulu sebelum menjadi sebuah ilmu. Dan dalam proses yang panjang dan rumit seperti itu, pasti melibatkan sejarah.

          Secara sederhana, sejarah perkembangan hermeneutika terbagi menjadi tiga bagian. Adalah hermeneutika teks mitos, hermeneutika teks bible, dan hermeneutika umum atau modern.

Hermeneutika teks mitos.

Di wilayah ini, hermeneutika masih berupa embrio. Hermeneutika ketika itu masih belum berdiri sendiri sebagai sebuah disiplin keilmuan. Hermeneutika masih mengekor pada logika, dialektika, dan linguistik. Artinya, di dalam praktik ketiganya, hermeneutic pasti digunakan. Dalam hal linguistic misalnya, mereka membutuhkan hermeneutika untuk memahami sebuah bahasa secara benar. Begitu juga dengan dialektika dan logika. Hermeneutika menyatu dalam ketiga-tiganya.

Hermeneutika dalam wilayah ini, sudah muncul pada abad ke—7 sampai 6 masehi di masa Yunani kuno. Di masa ini, objek penafsirannya masih seputar hal-hal mistik, baik itu tertulis ataupun tidak. Pada awalnya, penafsiran mereka masih literal. Namun, pada perkembangannya, berangkat dari kesimpulan Aristoteles yang membagi makna menjadi dua bagian: makna literal dan makna aligoris, mereka mulai sadar bahwa dalam sebuah objek penafsiran itu memiliki dualisme makna. Pertama makna literal yang sempit dan tidak hidup dan kedua makna aligoris yang lebih mementingkan pesan dibalik makna literal. Sehingga, dari konsep makna aligoris ini, teks-teks mitos serasa lebih hidup dan mengalir.

Hermeneutika teks Bibel.

       Pada abad pertama masehi, setelah beratus-ratus tahun masa Aristoteles terlewati. Makna aligoris perlahan terlupakan. Aktivitas-aktivitas penafsiran kembali kepada makna literal. Objek penafsiran yang popular di masa ini—1 masehi—adalah teks bibel. Artinya, di awal masa ini, teks bibel banyak dipahami secara literal.

          Sampai akhirnya muncul Philo von Alexandrian yang menempatkan kembali Hermeneutika pada tempatnya, yaitu dualisme makna. Dengan meminjam istilah dari Aristoteles berabad-abad silam, Philo berhasil mengubah haluan penafsiran tentang Bibel. Mulai saat itu, bibel tidak lagi hanya dipahami secara literal dan kaku, namun juga memperhatikan makna-makna aligoris. Philo memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi masyarakat Kristen ketika itu. Dan pada akhirnya, Philo dikenal sebagai Vater der Alligorese, bapak penafsiran aligoris.

Masalah prioritas, pada awalnya—ketika Philo masih hidup—antara makna literal dengan makna aligoris memiliki tempat yang sama. Tidak ada yang lebih tinggi antara satu dengan lainnya. Pemahaman bibel yang berbasis literal tidak lebih tinggi dari pemahaman bibel yang berbasis aligoris, begitu juga sebaliknya. Akan tetapi, pada akhirnya—beberapa saat sebelum Philo menghembuskan nafas terakhirnya—Philo menyatakan bahwa makna aligoris itu lebih tinggi dari makna literal.

          Beberapa waktu setelahnya, muncul Origenes. Origenes, menindaklanjuti ucapan Philo tentang lebih tingginya makna aligoris dari makna literal. Origenes menambahkan dualisme makna Philo menjadi tiga makna. Adalah makna literal, moral, dan spiritual. Secara tidak langsung, melalui kesimpulan barunya tersebut, Origenes mengamini kesimpulan terakhir Philo tentang unggulnya makna alogoris. Sehingga itu berdampak pada pemecahan lagi makna aligoris menjadi dua: moral dan spiritual.

          Core dalam pembahasan ini adalah bahwa sebenarnya konsep hermeneutika sebagai metode penafsiran bukan pertama kali muncul di masa popular-populernya penafsiran bibel, 1 masehi. Akan tetapi, jauh sebelum itu. Yaitu di masa Yunani kuno dengan objek kajian yang tidak sebatas teks. Pun hal itu tidak hanya memandang makna sebagai makna literal saja, tetapi juga aligoris. Dengan demikian, kurang lurus sepertinya kalau dikatakan bahwa hermeneutika sebagai metode penafsiran ini adalah khusus untuk bibel.

Hermeneutika Modern

         Hermeneutika modern, kali pertamanya dipelopori oleh Johann Conrad Dannhauer pada abad ke—17. Dannhauer memandang Hermeneutika adalah suatu ilmu yang sudah waktunya untuk menjadi disiplin keilmuan mandiri. Hal itu disebabkan oleh posisi hermeneutika itu sendiri sebagai metode penafsiran. Metode penafsiran adalah sesuatu yang tampak dan bisa diketahui. Apapun yang bisa diketahui pasti memiliki pengetahuan filosofis. Ketika sesuatu itu sudah memiliki pengetahuan filosofis, di waktu yang sama hal itu menemukan sisi ontologisnya sendiri. Dengan demikian, hermeneutika sudah siap untuk menjadi displin keilmuan mandiri.

          Dalam hal objek kajiannya, objek material hermeneutika adalah simbol-simbol—apapun itu—yang didasarkan pada kesepakatan bersama. Termasuk di dalamnya adalah simbol-simbol agama, simbol alam—seperti asap sebagai simbol adanya api—dan simbol-simbol non-verbal seperti gambar dan sebagainya. Sedangkan objek formalnya adalah ungkapan yang mengandung pelajaran dan sulit dipahami. Selanjutnya, dengan itu, seorang penafsir adalah satu-satunya pihak yang paling berhak untuk menganalisa benar tidaknya sebuah objek. Dengan demikian, Dannhauer mengatakan bahwa di sinilah hermeneutika menemukan fungsinya, yaitu untuk menjaga seorang penafsir dari sebuah kesalahan.

          Dan berangkat dari itu pula, Dannhauer menyimpulkan bahwa hermeneutika umum atau modern muncul lebih dulu dibanding hermeneutika bibel. Pandangan ini berbeda jauh dengan pandangan Wilhelm Dilthey yang menyimpulkna bahwa hermeneutika bibel murni berasal dari teologi Protestan. Akan tetapi, meskipun sudah sedemikian, Dannhauer gagal menjadikan Hermeneutika sebagai suatu disiplin ilmu mandiri. Selanjutnya, muncul Ernst  Schleiermacher.  

          Kegagalan Dannhauer dipandang Schleiermcher sebagai suatu kesempatan emas untuk meneruskan langkahnya. Dan ternyata hal itu bukan isapan jempol. Pada abad ke—19 melalui bukunya Hermeneutical and Criticism, Schleiermacher menuangkan ide-idenya tentang hermeunetika modern. dan di sinilah posisi hermeneutika romantic Schleiermacher berada.

Hermeneutika Romantis
Hermeneutika romantis adalah istilah lain dari hermeneutika aliran Objektivis Schleiermacher. Aliran ini muncul dalam wilayah hermeneutika Modern. Selain aliran ini, dalam hermeneutika modern ada aliran subjektivis dan Subjektiv cum Objektiv. Aliran subjektivis titik tekannya kepada pembaca, aliran objektivis kepada kandungan maksud asal dari sebuah teks, dan sedangkan subjektivis cum objektivis berusaha menengahi perdebatan antara keduanya.

Biografi Schleiermacher
Nama lengkapnya adalah Friedrich Daniel Ernst Schleiermacher. Dia lahir pada tahun 1768 di Breslau, Jerman dalam keluarga Protestan. Kakeknya, Daniel Schleiermacher adalah seorang pastor dan ayahnya seorang tentara pendeta. Lingkungan yang seperti itu membawa Schleiermacher kecil memulai pendidikan  formal di institusi-institusi protestan: Morovian Brethren. Akan tetapi, semua itu tidak bisa memuaskan keraguan Schleiermacher dan justru malah membuatnya semakin ragu terhadap doktrin-doktrin protestan.

Pada tahun 1787, sebab tidak adanya kepuasan tadi, dia—meski tidak searah dengan harapan ayahnya—pindah ke Universitas Halle yang dipandangnya lebih liberal dan sesuai dengan keinginannya, yaitu memperdalam humanisme. Di Halle, dia mengambil Teologi. Pada tahun 1790, dia lulus dalam bidang Teologi Kristen lalu bertugas sebagai tutor swasta sampai 1793.

Di waktu yang sama—dari 1790 sampai 1794—dia menggunakan waktu luangnya untuk mempelajari pemikiran-pemikiran raksasa ketika itu, Kant dan Spinoza. Pendeknya, setelah sepenuhnya memahami kedua pemikiran keduanya, Schleiermacher menuangkan idenya sendiri melalui kritikan terhadap beberapa pemikiran Kant. Sedangkan untuk Spinoza, dia mendukung pemikirannya. Dan semua itu bisa dilihat dalam beberapa karyanya: On Fridom dan Spinosizm.

Pada tahun 1793, karena ada konflik pemikiran dengan pemilik institusi, Schleiermacher diberhentikan sebagai tutor. Pada 1794, dia menjadi pastor di Landsberg sampai 1796. Selanjutnya dia memutuskan untuk pindah ke Berlin, bekerja dalam sebuah rumah sakit. Dan di sinilah dia bertemu dengan tokoh-tokoh romantis—Friedrich dan August Wilhelm—yang nantinya berdampak terhadap pemikiran hermeneutiknya sebagai hermeneutic romantic. Pada tahun-tahun berikutnya, dia lebih aktif menulis artikel-artikel dan buku-buku yang penting. Dan itu berlanjut sampai dia diangkat sebagai professor teologi dai Unversitas Berlin. Banyak karya-karya Schleiermacher yang begitu berharga dalam bidang filsafat bahasa, teologi, dan hermeneutika. Dia menutup usianya pada 1834.

Pemikiran Hermeneutika Schleiermacher.
Posisi Hermeneutika dalam ranah keilmuan
       Bagi Schleiermacher objek hermeneutika bukan hanya pada teks-teks bibel. Lebih dari itu, Schleiermacher, menempatkan hermeneutika di posisi yang luas. Artinya, objek hermeneutika bukan hanya sebatas teks bibel, namun apapun itu yang memiliki makna. Dia memandang, hermeneutika bukan hanya sebagai metode penafsiran. Akan tetapi, hal itu juga sebagai sesuatu yang membicarakan tentang hal-hal yang mendasar, semisal tentang mengapa kita mampu memahami, mengapa kita harus memahami, dan sebagainya. Sehingga, melalui Schleiermacher, di samping hermeneutika berbicara tentang bagaimana memahami secara benar, juga berbicara tentang mengapa seseorang mampu memahami.

Berpijak dari pandangan yang seperti itu, secara tidak langsung, Schleiermacher telah membagi pengertian hermeneutik ke dalam dua bagian: sempit dan luas. Yang pertama karena Schleiermacher masih menganggap hermeneutika sebagai metode penafsiran dan yang kedua karena dia telah menempatkan hermeneutika sebagai hermeneutika filosofis. Schleiermacher memiliki pandangan seperti itu karena dia menginginkan hermeneutika bisa berdiri sendiri sebagai sebuah teori ilmu pengetahuan atau mudahnya sebagai sebuah disiplin keilmuan yang mandiri.

Sebagai manifestasi dari pemikirannya, Schleiermacher mencoba memposisikan hermeneutika di tengah-tengah cabang keilmuan lainnya, lebih-lebih logika dan filologi. Akan tetapi, dia mengakui sendiri, untuk mencapai hal itu tidaklah mudah. Hal itu disebabkan oleh adanya hermeneutika sendiri—selama berabad-abad—hanyalah sebagai keterangan tambahan, appendix, dari logika maupun filologi. Selain itu, hermeneutika juga selalu terikat dengan retorika dan dialektika. Sehingga sebuah hal yang sulit, untuk menjadikan hermeneutika sebagai disiplin keilmuan yang mandiri.

Hermeneutika tidak bisa dipisahkan dengan retorika sebab retorika adalah tindakan berkata. Sedangkan hermeneutika adalah tindakan memahami. Berkata tanpa adanya proses memahami tidak akan pernah ada. Begitu juga sebaliknya—terlepas dari bagaimana model retorika—tanpa berkata proses memahami tidak akan pernah ada. Maka dari itu, Schleiermacher menyebut bahwa setiap tindakan memahami merupakaninversion of speech—act.

Begitu juga dengan dialektika. Hermeneutika tidak bisa lepas darinya. Mudahnya, hermeneutika adalah proses dari bahasa ke pemikiran. Sedangkan dialektika merupakan proses dari pemikiran ke bahasa. Dalam proses dialektika pasti melibatkan situasi dan kondisi. Dengan demikian, dialektika berpengaruh penting terhadap hermeneutika. Bahasanya Vedder: dialektika itu hermeneutis dan hermeneutika itu dialektis.

Hermeneutika Grammatikal dan Psikologis.
Terkait sub bagian ini, Schleiermacher mengatakan bahwa pokok kajian hermeneutikanya adalah tentang grammatical dan psikologis. Secara simpel dia menyimpulkan bahwa pemahaman hanyalah sebuah keberadaan dua keadaan yang saling terkait: grammatikal dan psikologi. Hermeneutika grammatikal mempelajari tentang bahasa dan sejarahnya. Sedangkan yang kedua memandang bahasa itu sebagai ungkapan hidup seseorang.

Hermeneutika Grammatikal

          Adalah penafsiran yang didasarkan atas analisa bahasa. Melalui analisa bahasa—menurut Schleiermacher—sisi objektif sebuah penafsiran bisa ditemukan. Artinya, untuk memahami secara objektif, seseorang harus melalui dengan menganalisa bahasanya. Dan untuk menemukan itu, ada beberapa kaidah linguistik yang perlu dibahas.

Pengetahuan terhadap sejarah kapan kali pertamanya bahasa yang ditafsirkan itu muncul.
       Berbicara tentang ini, berbicara pula tentang sasaran pertama bahasa tadi ditujukan. Artinya, dalam memahami grammatikal sebuah teks misalnya, seseorang harus mengetahui makna teks itu sendiri dan konteksnya. Termasuk di dalamnya adalah siapa yang pertama menerimanya, kapan diterimanya, dan sistem bahasa ketika itu.

Hubungan antarkata dalam kalimat dan hubungan antarkalimat.
          Melalui ini, Schleiermacher memandang bahwa untuk memahami sebuah kata, seseorang harus memahami pula kata-kata sebelum maupun sesudah kata tadi. Sebagai konsekuensinya, hal itu akan melahirkan pemahaman yang luas. Dan pemahaman yang seperti itulah yang lebih dekat dengan pemahaman yang objektif.

Wholedan part
          Adalah menjadikan sejarah hidup penulis—whole—sebagai bagian dari tulisan-tulisannya—part—dan menjadikan tulisan-tulisannya sebagai sejarah hidupnya. Secara sederhana, karya seseorang itu hanya dapat dipahami secara baik dengan cara memperhatikan sistem bahasa yang dimiliki penulis beserta sejarah hidupnya. Begitu juga sebaliknya: sistem bahasa dan sejarah hidup seseorang bisa dipahami melalui karyanya. Sehingga, dengan prinsip ini, seseorang tidak akan kehilangan maksud awal dari pengarang dalam menuliskan karyanya.

Hermeneutika Psikologis

           Inti pembahasan dalam wilayah ini adalah bahwa sebuah teks tidak bisa dipahami sendiri—atau secara terpisah—tanpa melibatkan keadaan pengarang teks. Menurut Schleiermacher teks tak lain hanyalah sebuah ekspresi diri seseorang. Ekspresi diri seseorang merupakan respon dari lingkungannya. Artinya, sebuah teks itu tidak bisa terlepas dari keadaan historis ketika teks itu ditulis. Dan hanya dengan memahami kejiwaan pengarang teks, keterkaitan keduanya—teks dan lingkungan ketika itu—bisa dipahami. Hal itu berimplikasi kepada pemahaman secara utuh, termasuk di dalamnya adalah tentang apa maksud asli dari pengarang.

          Secara praktek, Schleiermacher menawarkan dua metode: divinatory dan komparasi. Divinatory adalah penyelaman langsung ke dalam jiwa seseorang. Sedangkankomparasi adalah metode membandingkan seorang pengarang dengan orang-orang lain dengan asumsi bahwa semuanya memiliki kesamaan-kesamaan. Kedua metode ini bisa disebut sebagai metode hirarki. Artinya, keduanya tidak bisa dipisahkan. Untuk mengukur sudah seberapa jauhkah seseorang berhasil menyelami jiwa pengarang adalah dengan metode komparasi. Awalnya, seseorang harus mencari beberapa orang yang diasumsikan memiliki beberapa kesamaan—ini adalah proses komparasi—kemudian kesemuanya diselami sampai muncul adanya perbedaan pemahaman terhadap masing-masing dari mereka.

Kesimpulan sederhana
          Dari semua pembahasan di atas, tujuan intinya adalah agar seorang penafsir mampu menguak kembali makna yang secara historis dimaksudkan oleh author atau makna objektif. Dan untuk menghindari kesalahpahaman di wilayah ini, Schleiermacher menawarkan beberapa analisis: objectively historical analysis, objectively divinatory analysis, subjectively historical analysis, dan subjectively divinatory analysis. Sehingga, berangkat dari semua ini, Hermeneutika Schleiermacher termasuk dalam aliran objektivis.

 

Reference :

  1. Edi Mulyono dkk., Belajar Hermeneutika: Dari Konfigurasi Filosofis Menuju Praksis Islamic Studies(Yogyakarta: IRCiSoD) hlm. 15.
  2. Sahiran Syamsuddin, Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Quran (Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press) hlm. 10.
  3. Holly Reed, “Friedrich Daniel Ernst Schleiermacher (1768–1834)”, Dalam The Boston Collaborative Encyclopedia of Modern Western Theology.
  4. Sahiran Syamsuddin, Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Quran, hlm. 28.
  5. Sahiran Syamsuddin, Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Quran, hlm. 42.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun