Mohon tunggu...
Puspo Lolailik Suprapto
Puspo Lolailik Suprapto Mohon Tunggu... Lainnya - Esais/Bookstagrammer

Nulis apa saja :)

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Rouge, Antara Tren, Janji Muluk, dan Pengaruh Media Sosial

10 Januari 2025   10:16 Diperbarui: 10 Januari 2025   10:16 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Cover Novel Rouge karya Mona Awad (Simon & Schucter)

Industri kecantikan dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu perawatan kulit, parfum, riasan, dan perawatan rambut. 

Dalam perawatan kulit, ada produk seperti krim, losion, bedak, dan solusi lain yang tujuannya untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan kulit. 

Menurut laporan, pada tahun 2023, nilai industri perawatan kulit secara global mencapai lebih dari $109 miliar dan diperkirakan akan meningkat hampir dua kali lipat menjadi sekitar $200 miliar pada tahun 2032 (Fortune Business Insights, Mar. 2024). 

Pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 membawa perubahan besar di dunia kecantikan. 

Karena banyak orang tinggal di rumah dan jarang bertemu orang lain, penggunaan kosmetik jadi menurun. 

Tetapi, di sisi lain, perawatan diri justru jadi lebih populer. Banyak orang mulai mencoba rutinitas perawatan kulit yang lebih serius dan panjang.

Di samping itu, dalam novel Rouge, Mona Awad sebagai penulis, mengangkat sisi menarik dari pemasaran produk perawatan kulit lewat nama-nama produk yang digunakan oleh si tokoh utama, yakni Mira. 

Botanical Resurrection Serum and the Diamond-Infused Revitalizing Eye Formula. - p. 16.

Nama-nama di atas terdengar mewah dan sering menonjolkan bahan yang tidak umum.

Dengan menyebut nama lengkap produk-produk ini, Awad seakan-akan ingin menunjukkan betapa berlebihan janji-janji yang ditawarkan oleh produk-produk perawatan kulit.

Media sosial juga punya pengaruh besar di dunia perawatan kulit saat ini. 

Selama pandemi, video tentang perawatan kulit sangat populer di platform seperti YouTube, TikTok, dan Instagram. 

Banyak merek membuat video promosi, sementara dokter kulit, ahli kecantikan, dan skinfluencers memberikan tips dan ulasan produk. 

Sayangnya, sebagian besar video ini adalah konten iklan yang disponsori merek, jadi seringkali sulit membedakan mana yang benar-benar informasi bermanfaat dan mana yang sekadar promosi. 

Seperti dalam novel ini, Awad menggambarkan hal ini lewat tokoh Marva, seorang guru perawatan kulit online yang sering memberi saran kepada Mira.

Identitas Buku 

Judul : Rouge

Penulis : Mona Awad

Genre : Science Fiction, Thriller, dan Coming of Age 

Bahasa : Inggris

Format : Ebook

Goodreads : 3,54/5 bintang (2025)

Tahun Terbit : 14 September 2023

Penerbit : Simon & Schuster 

Baca di : Everand us

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun