Mohon tunggu...
Puput Hariyani
Puput Hariyani Mohon Tunggu... Guru - Pendidik Generas

Puput Hariyani, S.Si adalah seorang pendidik generasi, freelance writer dan bisnis woman. Ingin menulis untuk bermanfaat buat sesama

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

JNE Bersama UMKM Bersinergi, Bersatu untuk Negeri

2 Januari 2022   17:21 Diperbarui: 2 Januari 2022   17:42 671
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

JNE Bersama UMKM Bersinergi, Bersatu Untuk Negeri

Oleh: Puput Hariyani, S.Si (Pendidik Generasi)

Siapa yang belum pernah mendengar JNE? Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Di bawah nama resmi yang berlabel Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, JNE menjadi perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia.

Perusahaan yang berdiri pada tanggal 26 November 1990 dengan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir ini dipelopori oleh Soeprapto Suparno. Pada awal berdirinya, perusahaan ini didirikan sebagai perintis salah satu divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi). Tiki sendiri merupakan perusahaan pengiriman internasional.

Namun siapa sangka, JNE kini menjadi perusahaan raksasa di bidang logistik yang paling diminati masyarakat. Berbagai kemudahan yang ditawarkan menjadi added value yang mampu menghipnotis seluruh kalangan baik milenial maupun masyarakat marginal. Hampir tidak ada masyarakat yang belum mengenalnya.

Kemampuan JNE dalam melihat potensi pasar di tengah menjamurnya Bisnis e-commerce seiring dengan perubahan gaya hidup yang serba online, menjadikan situasi dan kondisi ini sebagai tantangan sekaligus peluang. Berbagai inovasipun dilakukan.

JNE menjalin bekerja sama dengan sejumlah penyelenggara financial technology (FinTech) seperti Ovo dan GoPay untuk memudahkan transaksi pembayaran biaya paket pengiriman. Termasuk menawarkan jasa pelayanan COD (Cash On Digital).

JNE juga menawarkan beragam kemudahan layanan digital. Mulai dari kontrol status kiriman paket, cek tarif kiriman, mencari tahu agen JNE terdekat, dll.

Tidak hanya itu, di tengah ambruknya perekonomian masyarakat sejak pandemi, lagi-lagi JNE hadir untuk menawarkan solusi. Dukungan JNE terhadap keberadaan UMKM juga dinilai sangat besar. JNE memfasilitasi para pelaku UMKM bisa bersaing di ranah digital mengingat keterbatasan aktivitas fisik untuk jual beli produk dan layanan.

Yang lebih menakjubkan lagi, JNE hadir di seluruh kota baik kota besar maupun kota pinggiran seperti Banyuwangi. Kota ujung timur Pulau Jawa yang dikenal dengan sebutan The Sun Rise Of Java pun merasakan kemudahan. Bahkan keberadannya tidak hanya di pusat kota, tetapi kini berkembang ke pelosok desa. Banyak berdiri agen-agen di tiap kecamatan.

Sebagai pelaku UMKM bisnis online secara pribadi kami merasa sangat terbantu. Selain pelayanan yang ramah, biayanya pun terhitung murah dan ramah di kantong. Seringkali pula agen siap mengambil barang kiriman ke rumah tanpa upah tambahan.

Selain memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM secara personal, JNE juga membantu percepatan program pemerintah. Dalam rangka untuk mendukung program Pemkab Banyuwangi UMKM Naik Kelas, JNE meluncurkan Program REKBER (Rekanan Kerjasama). 

Dari pertemuan antara pihak @jne_id@jne.banyuwangi.jbr dengan beberapa pengurus Akrab_Banyuwangi di tempat ngopi yang terhits di Banyuwangi yaitu di Yen pasti @pusoko.wangi membahas topik tentang UMKM. 

Banyak program kerjasama dan kolaborasi yang harapannya mampu saling menguntungkan kedua belah pihak. Misalkan, selain memberikan layanan ekspedisi tetapi JNE akan menyediakan outlet untuk display produk UMKM dan digital marketing.

Dengan ketersediaan outlet display produk tentu akan semakin menggairahkan potensi penjualan barang oleh UMKM. Ada semacam promosi yang dilakukan untuk percepatan marketing. Hal ini patut diapresiasi seiring dengan program UMKM Naik Kelas yang harapannya mampu bersaing di level nasional bahkan internasional.

Hal ini semakin menunjukkan keseriusan upaya JNE untuk membantu meningkatkan tumbuh dan berkembangnya perekonomian UMKM. Jika selama ini pemasarannya masih terbatas bagi masing-masing pelaku UMKM saja, kini dengan adanya outlet display akan menjadi branding produk yang lebih bergengsi dan memiliki daya tawar yang menggiurkan.

Mengingat Banyuwangi sedang menggalakkan program pariwisata yang pastinya berimbas pada jumlah kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Semakin banyak kunjungan wisatawan dan mampir ke outlet display yang disediakan semakin besar pula peluang terjual barang yang dipasarkan sehingga otomatis akan menjadi ladang basah bagi pelaku UMKM untuk terus berkembang.

Ditambah layanan digital marketing yang ditawarkan JNE, sudah barang tentu akan menjadikan pemasaran produk UMKM semakin luas, tidak terbatas waktu dan jarak lagi. Dalam satu sentuhan jari maka produk UMKM mampu menari-nari merayu pembeli. Dan tawaran JNE dalam digital marketing ini sangat sinergis dengan program Pemkab Banyuwangi untuk mengembangkan digital marketing untuk UMKM.

Di hari jadi #JNE31tahun ini, semoga sinergi JNE dan UMKM untuk negeri semakin jaya dan #JNEMajuIndonesia memberikan kontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat. JNE teruslah bergerak, berkembang dan berjaya untuk Indonesia Raya.

#JNE31tahun
#JNEMajuIndonesia
#jnecontentcompetition2021

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun