Mohon tunggu...
Puput putriwulandari
Puput putriwulandari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi bernyanyi dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Playmat Karpet Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

19 November 2022   14:45 Diperbarui: 19 November 2022   15:05 1020
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain playmat karpet edukatif

penulis: Puput Putri Wulandari, S.Pd

perkembangan kognitif merupakan  proses yang terjadi  secara internal pada pusat susunan saraf ketika manusia tengah berpikir. Kognitif adalah segala kegiatan seseorang yang berkaitan dengan proses belajar mengajar dalam memahami sebuah peristiwa dan kemudian menjadi paham karenanya.Disinilah praktek kecerdasan kognitif bekerja dalam memproses sebuah pengetahuan.

APE adalah media yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak. APE dibuat dnegan tujuan untuk memudahkan penyampaian dan penangkapan materi ajar serta memotivasi dan merangsang pengguna untuk melakukan eksplorasi dalam mengembangkan aspek perkembangan dirinya melalui permainan. karpet edukatif. pada karpet edukatif terdapat bermacam gambar. gambar yang terdapat dalam karpet antara lain alfabeth A-Z. 

lambang bilangan 1-20, gambar macam hewan, dan gambar macam kaki dan telapat tangan. karper terbuat dari banner yang di desain sendiri secara menarik. cara bermainnya anak bejalan sesuai dengan gambar yang terdapat di karpet. gerakan tersebut berupa berjalan. melompat 1 kaki, melompat dengan 2 kaki, menyebutkan macam hewan yang ada pada gambar menyebutkan angka 1-20. kemudian menyebutkan alfabet A-Z. selain untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, karpet edukatif juga berguna untuk mengembangkan motorik kasar anak. ketika melakukan gerakan melompat, berjinjit dan berjalan.

Langkah Langkah kegiatan: 

1. anak berbaris

2. anak memulai dari gambar start

3. anak berjalan sesuai gambar yang ada di karpet. 

4. anak melompat sesuai gambar. melompat 1 kaki dan melompat 2 kaki

5. menyebutkan berbagai macam binatang sesuai gambar yang ada di karpet

6. anak bejalan sambil berjinjit

7. anak menyebutkan huruf A-Z. 

8. berjalan sesuai arah panah

9. melompat di gambar finish

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun