Saya ada masalah pak
Dlu sya pinjam KTA CIMB niaga
Pada saat itu pembayaran lngsung dri transferan gajih
Karena payrol saat itu menggunakan CIMB niaga
Tahun 2020 sya kluar kerja resign
Saat itu sya tidak melakukan pembayaran lg
Bagaimana solusinya pak supaya BI cheking sya tidak di beklist
Apah harus melunasin dlu
Tolong di bntu apa
Lngkah apa yg harus sya lakukan
Barangkali bermanfaat. Khususnya bagi yang ingin menggunakan jasa Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah (LBMN) untuk menyelesaikan permasalahan Kredit/Kartu Kredit/KTA/Personal Loan Macetnya di Bank/Finance/Fintech/Pinjol/PUJK lainnya, kurang lebih Seperti inilah salah satu contoh Cara Melunasi Kredit Macet dan Dapat Surat Keterangan Lunas dari Bank dgn cara kerjasama dgn LBMN yang bisa diikuti melalui transkrip komunikasi LBMN dengan pengguna jasanya via Whatsapp yang disajikan dibawah.
Mekanisme yang cukup simple dan praktis tapi aman. Bisa tanpa tatap muka, baik tatap muka dengan LBMN maupun tatap muka dengan pihak Bank, Pun bisa tidak saling kenal, namun semuanya bisa terselesaikan dengan hanya memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang ada menyesesuaikan/mengikuti perkembangan jaman yang sudah serba digital/virtual. Nasabahpun bisa tinggal duduk manis, dimanapun Nasabah itu berada baik di Jakarta maupun di luar Jakarta bahkan luar pulau, tapi permasalahan Kredit Macetnya dengan pihak Bank bisa terselesaikan dengan baik tanpa membayar sepeserpun sebelum beres dan No Sucsess No Fee.
Mekanisme cara menyelesaikan Kredit Macet yang sudah teruji dan belum pernah ada masalah selama ini, sehingga belum pernah ada Nasabah yang menggunakan jasa LBMN complain ke LBMN, apalagi merasa tertipu, dari sejak tahun 2007 semenjak Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah (LBMN) didirikan, semenjak pegiat sejenis belum ada LBMN sudah ada. Karena belum membayar sepeserpun sebelum beres itu mungkin yang membuat Calon pengguna jasa LBMN yakin dan percaya.
Untuk contoh kasus ini, yang bersangkutan menginginkan untuk dibantu beresin permasalahan Kredit Macetnya di Bank CIMB Niaga. Dan meskipun berada di luar Jakarta tepatnya di Tangerang namun karena penanganannya dipercayakan kepada LBMN hasilnya bisa sesuai yang diharapkan berupa Surat Lunas / Surat Keterangan Lunas Bank CIMB Niaga. Namun berhubung Surat Lunasnya dikirim langsung via email ke Nasabahnya jadi kami tidak bisa sertakan pada postingan ini namun diganti dengan Surat Persetujuan sebagaimana gambar yang ditempatkan pada bagian bawah.
Berikut ini transkrip komunikasi Chat Whatsappnya, mulai dari awal hingga akhir yang dilayani oleh Pulo Siregar mewakili LBMN. Disalin sesuai aslinya demi menunjukkan originalitas dan kronologisnya, kecuali untuk menjaga privasi hal-hal yang dianggap perlu untuk tidak dipublikasikan secara terang benderang namun diedit atau diganti dengan kode lain sesuai keperluan.
Dan, Bagi yang ingin dibantu menyelesaikan kredit macetnya di Bank apa saja dengan mekanisme seperti yang ada dalam contoh kasus ini bisa menghubungi kami via WA ke nomor 081139000996 atau langsung ke link WA: https://wa.me/6281139000996
*****
NS = Nasabah
PS = Pulo Siregar
26/10/24 07.28 - NS kini menjadi kontak
26/10/24 07.28 - NS: STK-20241026-WA0000.webp (file terlampir)
26/10/24 07.28 - NS: Selamat pagi
26/10/24 07.30 - PS: Pagi
26/10/24 07.32 - NS: LBMN itu untuk aph pak
26/10/24 07.34 - PS: Singkatan dari lembaga Bantuan Mediasi Nasabah. Jasa konsultasi dan bantu mediasi permasalahan dengan pihak bank atau finance
26/10/24 07.35 - NS: Saya ada masalah pak
26/10/24 07.35 - NS: Dlu sya pinjam KTA CIMB niaga
26/10/24 07.36 - NS: Pada saat itu pembayaran lngsung dri transferan gajih
Karena payrol saat itu menggunakan CIMB niaga
26/10/24 07.38 - NS: Tahun 2020 sya kluar kerja resign
Saat itu sya tidak melakukan pembayaran lg
26/10/24 07.38 - NS: Bagaimana solusinya pak supaya BI cheking sya tidak di beklist
Apah harus melunasin dlu
26/10/24 07.39 - NS: Tolong di bntu apa
Lngkah apa yg harus sya lakukan
26/10/24 07.40 - PS: Iya harus dilunasi dulu berarti setelah dilunasi baru kita urus utk update bi checkingnya. Tau brp kira2 sisa terutangnya waktu itu?
26/10/24 07.40 - NS: Ngga tau pak
26/10/24 07.41 - NS: Mkanya sya kesulitan untuk ngecheknya
26/10/24 07.41 - NS: Berapa yg harus di bayarkan
26/10/24 07.42 - NS: Mau chek lngsung ke bank jg
Sya bingung harus kmna
Takut jg udah berapa tahun ini
Bunganya sudah semakin besar
26/10/24 07.44 - NS: Konsultasi via wa ini berbayar pak
26/10/24 07.47 - PS: Harusnya berbayar. Tapi kalau ada rencana utk beresin jadi gpp gratis. Dianggap include dengan fee mediasi aja. Kecuali memang hanya utk konsul dulu biaya konsulnya 100 rb
26/10/24 07.49 - NS: Klau beresin ke bank pak maksudnya
26/10/24 07.50 - NS: Itu gimna caranya pak
Klau sya pngen tau berapa semua jumlah utang yg harus di bayarkan
26/10/24 07.50 - NS: Dan bpk bisa mediasi ke banknya aph gimna
26/10/24 07.51 - NS: Karena sya ingin bersihkan BI cheking supaya tidak di beklist lg
26/10/24 07.51 - NS: Karena susah pak
Kemarin kami mengajukan pinjaman ke bank tidak di acc
26/10/24 07.52 - NS: Tolong di bantu pak
Gimna caranya🙏🙏
26/10/24 07.52 - PS: Oh oke. Kasih surat kuasa aja berarti ke kami. Buat kami bantu beresin. Sehari dua hari juga bisa kami bantu beresin.
26/10/24 07.53 - NS: Jadi saya tidak usah ke bank CIMB niaga nya yh pak
26/10/24 07.55 - NS: Surat kuasanya seperti apa pak
26/10/24 07.57 - PS: Kalau udh dikuasakan ke kami, kami yg ke pihak banknya utk telusuri data sama nego jumlah yg dibayar. Kalau nasabah yg datang suka malah ditekan utk bayar sesuai keinginan mereka. Kalau dengan kami udh tau cara ngitung2nya.
26/10/24 07.58 - PS: Jadi nasabah tinggal bayar aja nanti sesuai isi surat persetujuannya. Krn kita akan minta dibuatkan surat persetujuan dulu spy ada pegangan.
26/10/24 07.58 - PS: Kasih copy ktp aja bersrti spy kami yg buat jadi tinggal tandatangan
26/10/24 08.02 - NS: Baik pak
26/10/24 08.03 - NS: Siap pak
26/10/24 08.08 - NS: IMG-20241026-WA0001.jpg (file terlampir)
26/10/24 08.08 - NS: Ini foto KTPnya pak
26/10/24 08.19 - PS: Ok. Bentar kami buatkan
26/10/24 08.20 - PS: Oh ya nomor kta nya masih ingat? Atau barangkali nyatat waktu itu
26/10/24 08.21 - PS: Biar dicantumkan sekalian di surat kuasa
26/10/24 08.24 - NS: Ngga ada pak
Mkanya susah mau byar cicilan jg
Karena waktu itu no hp jg gnti hilang semua
Jadi susah cari informasi jg
26/10/24 08.25 - PS: Oh ok gpp. Nama ibu kandung aja berarti. Utk mastikan datanya sesuai
26/10/24 08.27 - NS: SURIAH
26/10/24 08.27 - PS: Okee
26/10/24 08.29 - PS: Kalau waktu payroll perusahaan waktu itu perusahaan apa? Utk bisa mempercepat pencarian datanya nanti
26/10/24 08.39 - NS: PT. xxx global sport Kx
26/10/24 08.40 - PS: Oke
26/10/24 08.43 - PS: Itu bu Surat Kuasanya. Tinggal tandatangan pake materai 10 rb lalu dikirim balik
26/10/24 08.43 - PS:
Surat Kuasa.pdf
26/10/24 08.45 - NS: Baik pak
26/10/24 09.39 - PS: Kalau dikirim sekarang bisa bu? Spy sekalian kami sempatin waktunya. Kebetulan satu arah dengan bank yg kami mediasi hari ini. Krn mau tutup akhir bulan jadi agak padat permintaan mediasi
26/10/24 11.04 - NS: IMG-20241026-WA0003.jpg (file terlampir)
26/10/24 11.04 - NS: Ma'af pak Bru buka wa nya
26/10/24 11.14 - PS: Okee. Kami akan sempatin hari ini. Mungkin sekitar jam 2 an
26/10/24 11.14 - NS: Baik pak
26/10/24 11.15 - NS: Pak klau udah mediasi
Biasanya di kasih jangka waktu tidak untuk pelunasannya
26/10/24 11.15 - NS: Ini sudah jelas blm pak fotonya
26/10/24 11.17 - PS: Dua atau tiga hari bisa. Intinya sebelum akhir bulan. Krm erat kaitannya juga dengan bi checkingnya nanti. Kalau udh beres bulan ini bulan depan udh bisa langsung update bi checkingnya.
26/10/24 11.18 - NS: Baik pak
26/10/24 11.18 - PS: Tgl 28 atau 29 bisa kan?
26/10/24 11.19 - NS: di tgl 29-30 bisa pak
Boleh ga
26/10/24 11.20 - NS: Klau sudah pelunasan
BI chekingnya sudah tidak di bleklist kira2 jngka berapa lma pak
26/10/24 11.21 - PS: Tgl 29 aja berarti diusahai. Soalnya kalau tgl 30 terlalu mepet dengan hari tutup bukunya. Khawstir ga sempat masuk laporan utk update bi checking atau slik ojk
26/10/24 11.21 - NS: Oh gitu pak
26/10/24 11.22 - NS: Tapi hari ini klau sudah mediasi
Pasti sudah di ketahui berapa jumlah hutang yg harus di bayarkan
26/10/24 11.22 - PS: Paling lambat tgl 15 bulan depannya. Itu nanti yg sekalian kita mediasikan ke mereka. Makanya jangan lewat akhir bulan. Kalau lewat akhir bulan ke bulan depannya lagi nanti update bi checkingnya
26/10/24 11.23 - PS: Iya. Itu yg mau diusahakan
26/10/24 11.24 - NS: Iya baik pak
Nanti di usahakan tgl 29 nya yh pak
Brrti 15 Nopember yh pak
26/10/24 11.26 - PS: Iya betul. Semua org bank udh ngerti tahapannya itu. Jadi utk sementara nanti bisa pake bukti pelunasannya dulu kalau diperlukan pas pengajuan kredit di bank. Sama persetujuan tertulis dari bank cimbnya
26/10/24 11.26 - NS: Baik pak
26/10/24 11.27 - PS: Nanti sekitar jam 2 an alokasikan waktu utk kordinasi ya bu. Spy sebelum deal dengan pihaj banknya harus kordinasi dulu. Spy hasil dealnya itu nanti dicantumkan di surat persetujuannya
26/10/24 11.28 - NS: Bpk ma'af untuk biaya jasa mediasinya ke LBMN itu gimna
26/10/24 11.28 - NS: Baik pak
26/10/24 12.32 - NS: Pak semoga ini bisa ada keringanan yh dri bank nya
26/10/24 12.33 - NS: Soalnya kmrin jg sya smpet ada Tunggakan di Bank BNP tpi di alihkan ke bank danamon
Jadi sya dpt keringanan
Tapi itu sudah lunas pak
Tinggal yg CIMB niaga ini yg masih ada sangkutan
26/10/24 13.15 - PS: Kalau yg sudah dialihkan itu memang lebih enak. Krn ada kebijakan khususnya. Kalau yg masih di handle sama banknya sendiri masih agak ketat batas kebijakannya. Tapi akan kita upayakan semaksimal mungkin win2 solutionnya
26/10/24 13.18 - NS: Baik pak
26/10/24 13.18 - NS: Ini kan hari Sabtu pak
Emang banknya buka yh
26/10/24 13.32 - PS: Khusus bagian collection buka. Apalagi menjelang akhir bulan
26/10/24 13.34 - NS: Oh gitu
26/10/24 14.11 - PS: Siang bu. Ini udh dapat datanya. Pinjam awalnya sisa pokok terutang sebelum macet 18 jt. Total terutang setelah akumulasi bunga dan denda selama macet kurang lebih 3 tahun jadi 25 jt an. Lumayan besar juga ternyata ya bu
26/10/24 14.12 - NS: Siang pak
Masyaallah besar jg pak
26/10/24 14.16 - PS: Tapi kalau kita Mediasi / Negosiasi sepertinya bisa diupayakan jadi 8 - 9 jt.
26/10/24 14.18 - NS: Jadi bisa 8-9 jg pak byarnya
26/10/24 14.36 - NS: Baik pak
26/10/24 14.37 - PS: Kita oke in ya bu. Biar kita buatkan pengajuan permohonannya
26/10/24 14.37 - NS: Iya pak
Itu udah maksimal yh pak.segitu udah ga bisa kurang lg Keringanannya
26/10/24 14.38 - NS: Nanti akan ada surat persetujuan dri bank lngsung kn pak
26/10/24 14.39 - PS: Akan kita coba finalisasi lagi
26/10/24 14.39 - NS: Baik pak
26/10/24 14.40 - PS: Iya harus bu. Kalau kita spt itu. Harus ada persetujuan dulu spy aman. Itu dasar kita nanti melakukan pembayaran
26/10/24 14.40 - PS: Approvel Muhammad Faxxx.pdf (file terlampir)
26/10/24 14.41 - PS: Ini contoh yg kami bantu urus kemarin2
26/10/24 14.41 - PS: IMG-20241024-WA0003.jpg (file terlampir)
26/10/24 14.41 - PS: Ini bukti pembayarannya
26/10/24 14.55 - NS: Baik pak
26/10/24 14.56 - NS: Tolong di bntu semaksimal mungkin pak keringanannya supaya sya bisa mnjangkaunya untuk melunaskan semua
26/10/24 14.57 - PS: Permohonan Keringanan Bank CIMB Niaga-1.pdf (file terlampir)
Permohonan Keringanan Bank CIMB Niaga.pdf
26/10/24 14.59 - PS: Itu bu permohonannya. Bisa ajukan diangka 7 jt katanya. Mudah2an disetujui. Biar lebih ringan lagi sedikit
26/10/24 15.00 - PS: Diusahakan secepatnya ya bu. Biar ga kelamaan nunggunya kami utk nyerahin lagi
26/10/24 15.01 - NS: Baik pak
26/10/24 15.01 - NS: Itu ga usah pakai materai yh pak
26/10/24 15.05 - PS: Ga ush katanya bu
26/10/24 15.06 - NS: Baik pak
26/10/24 15.06 - NS: Lag di print dlu
26/10/24 15.08 - PS: Okee bu
26/10/24 15.08 - NS: Pak itu no hp sya yg dlu yh yg di cantumkan
Yg dlu pas pengajuan kta
26/10/24 15.43 - NS: IMG-20241026-WA0005.jpg (file terlampir)
26/10/24 15.45 - PS: Ok bu
26/10/24 15.46 - NS: Pak ini no hp yg tercantum
No hp pas pengajuan awal x yh
26/10/24 15.46 - NS: Soalnya itu bukan no yg skrang
26/10/24 15.47 - PS: Iya gpp. Utk formalitas aja
26/10/24 15.47 - NS: Iya pak
.
28/10/24 16.31 - PS: IMG-20241028-WA0009.jpg (file terlampir)
28/10/24 16.31 - PS: Itu bu persetujuannya. Udh bisa dibayar
28/10/24 16.34 - PS: Pake menu Transfer 022 kalau atm
Kalau intenet banking pilih menu transfer yg biaya 6500 akan online langsng msuk
Dipastikan juga namanya muncul
28/10/24 19.58 - NS: Ma'af Bru bisa bls pak
Soalnya Bru plng kerja
28/10/24 19.59 - NS: Baik pak besok di usahakan
Harus masuk jam berapa pak pembayarannya
28/10/24 20.00 - NS: Oh iya pak sklian sya mau tanya boleh tidak pak
Ternyata kmrin pas suami ajukan pinjaman ke bank jg
Kami tidak di ACC
Karena suami jg di beklist karena data2 suami di pake tmennya ke pinjaman akulaku
28/10/24 20.01 - NS: Klau akulaku itu gmna pak
Sedangkan suami ga pake uangnya
28/10/24 20.07 - PS: Kalau bisa sebelum jam 10 an. Krn jami juga akan ke sana utk laporan realisasinya ke mereka
28/10/24 20.08 - PS: Mau tidak mau harus dibayar dulu spy bisa clear bi checkingnya. Soal urusan dengan temannya diurus tersendiri aja. Kami bisa bantu beresin yg akulaku. Kasih copy ktp aja biar kami buatkan surat kuasanya. Biar kita beresin sebelum akhir bulan ini. Biar bulan depan udh clear bi checkingnya
28/10/24 20.16 - NS: IMG-20241028-WA0021.jpg (file terlampir)
28/10/24 20.16 - NS: Ini pak
28/10/24 20.17 - PS: Ok. Udh tau gambaran brp sisa utangnya?
28/10/24 20.17 - NS: Ngga tau pak
28/10/24 20.17 - NS: Suami ngga tau tmennya itu pinjem berapanya
28/10/24 20.17 - NS: Itu bisa ke chek ngga pak
28/10/24 20.18 - PS: Ok. Gpp. Nanti bisa kita minta di cek dulu sama pihak akulakunya. Kami udh sering kok bantu urus di akulaku
28/10/24 20.19 - NS: Baik pak
28/10/24 20.20 - NS: Pak itu lembaga bantuan mediasi nasabah
Kantornya di Jakarta yh
28/10/24 20.23 - NS: Pak klau dri mbanking itu transfernya ke no personal Loan bukan yg di masukin
28/10/24 20.29 - NS: Itu 1012XXXXXX00
28/10/24 20.46 - PS: Iya bu
28/10/24 20.49 - PS: Pake menu transfer aja bu. Lalu kode bank cimb 022 baru ke nomor 1012270248200
28/10/24 20.50 - PS: Nanti akan keluar namanya. Tapi yg real time ya bu. Yg biaya transfernya 6.500
28/10/24 20.51 - PS: Mbankingnya mbanking apa bu? Kalau bca harus didaftarkan dulu berarti di menu daftar
28/10/24 20.53 - NS: Iya BCA pak
28/10/24 20.55 - PS: Di daftar dulu berarti bu. Seperti transfer ke nomor rekening yg baru yg belum pernah tersimpan
28/10/24 20.59 - NS: Udah di masukin tdi pak Tapi invalid
Aph ke BCA virtual account yh
28/10/24 21.01 - PS: Ga bu. Sesuai nomor akunnya. Coba besok saya tanya dulu ya. Mungkin blokirannya belum dibuka.
28/10/24 21.03 - NS: Baik pak
28/10/24 21.04 - NS: Tapi gimna yh pak
Besok sya kerja jam 12 Bru bsa pegang hp
Soalnya klau kerja Hp nya di kumpulin
28/10/24 21.09 - PS: Bentar ya. Saya tanya dulu ke org cimb niaganya
28/10/24 21.09 - NS: Baik pak
28/10/24 21.12 - PS: 818280000408xxxx atas nama ibu muntixxx
28/10/24 21.13 - PS: Ke nomor itu ternyata katanya bu. Nomor pembayaran
28/10/24 21.15 - PS: Coba ditest bu. Kalau namanya udh sesuai udh ok berarti
28/10/24 21.17 - NS: Baik pak
28/10/24 21.20 - NS: Udah pak
28/10/24 21.20 - NS: Namanya sesuai
28/10/24 21.21 - NS: Udah saya save ke mbanking
28/10/24 21.22 - PS: Langsung aja berarti bu. Biar bisa kita confirmasi ke mereka besok pagi. Utk urus surat lunasnya
28/10/24 21.24 - NS: Besok paling pak di usahakan Soalnya uangnya blm cukup
28/10/24 21.25 - PS: Oh gitu ya udh gpp. Sambil jalan aja berarti kami besok
28/10/24 21.25 - NS: Klau udah di save di mbangking enak pak
Ntar mau tf nya
28/10/24 21.25 - NS: Baik pak
28/10/24 21.28 - PS: Surat Kuasa-2.pdf (file terlampir)
Surat Kuasa.pdf
28/10/24 21.28 - PS: Itu bu yg surat kuasa utk pak Asmxx
28/10/24 22.06 - NS: Iya pak
28/10/24 22.09 - NS: Ini nanti kami bisa langsung mengajukan pinjaman ke bank pak nantinya. Klau sudah beres
28/10/24 22.09 - NS: Karena kmrin kami di beklist dua2 nya
28/10/24 22.11 - PS: Nanti pas udh dapat surat lunasnya aja. Spy bisa dilampirkan pas pengajuannya. Spy pas mereka melakukan bi checking udh sinkron dengan surat lunas.
28/10/24 22.12 - NS: Baik pak
28/10/24 22.13 - NS: Klau nunggu BI cheking kmbali normal tidak di beklist lg
Lama yg pak
28/10/24 22.16 - PS: Tgl 15 bulan depan udh normal kembali. Kalau history yg lamanya memang masih tetap terlihat selama 2 tahun kebelakang tapi kalau sudah dilunasi dan dapat surat lunas ada kebijakan khusus biasanya. Kalau nunggu 2 tahun, pihak bank akan kekurangan nasabah
28/10/24 22.19 - NS: Oh gitu pak
.
29/10/24 09.48 - PS: Pagi bu. Jangan lupa bayar yg cimb niaga ya. Batas waktunya hari ini soalnya.
29/10/24 10.52 - NS: Pagi pak. Baik pak
*****
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H