Mohon tunggu...
Pujia Khoirunisa
Pujia Khoirunisa Mohon Tunggu... Penulis - Newbie Blogger - Law Student ⚖

hiduplah seperti Larry!1!1

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

BTS Anniversary ke-8: from Nothing to Something!

13 Juni 2021   17:25 Diperbarui: 13 Juni 2021   19:16 1813
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bangtan Sonyeondan (Foto: BTS Official Facebook)

Hi, Army! (sapaan penggemar BTS)

Hari ini tepat tanggal 13 Juni 2021, BTS atau Bangtan Sonyeondan merayakan ulang tahunnya yang ke-8 sejak debut di tahun 2013 lalu. Itu artinya sudah delapan tahun pula boygroup asal Korea Selatan ini yang juga dikenal Bangtan Boys berkarya di industri musik nasional hingga dewasa ini sudah pada taraf internasional dan memiliki penggemar yang begitu loyal dan massive.

Tak dapat dipungkiri, BTS yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook kini berada pada level yang tinggi. Setiap tahunnya, BTS menghasilkan 4,65 miliar untuk ekonomi Korea Selatan dan berkontribusi penuh dalam menyebarkan budaya serta bahasa Korea Selatan hingga menjadi penerima termuda penghargaan “The Order of Cultural Merit” yang diberikan secara langsung oleh Presiden.

Lalu bagaimana perjalanan karir sukses BTS?

BTS yang berkembang dan mencakup berbagai genre ini sebetulnya terbentuk pada tahun 2010, lalu para anggota as trainees melakukan training untuk menjadi band K-pop selama 3 tahun. Di bawah naungan perusahaan Big Hit Entertainment yang terletak di Seoul, BTS pertama kali debut pada tahun 2013 di stage MCountdown dengan membawakan lagu “No More Dream” yang mereka tulis bersama.

Big Hit Entertainment yang melahirkan BTS sendiri didirikan oleh Bang Si Hyuk, dikenal secara professional sebagai Hitman Bang yang merupakan seorang penulis lirik, penggubah, produser, dan eksekutif rekaman asal Korea Selatan. Para A.R.M.Y (Adorable M.C. For Youth) akrab menyapa sosok brilian dan visioner dibalik suksenya BTS ini sebagai “papa bear”.

BTS mendapatkan penghargaan pertamanya di Golden Disc Awards sebagai “Rookie of the Year” lalu menyusul pada tahun 2015 membawa pulang penghargaan ‘Bonsang’ pertama atau piagam perak oleh penyelenggara yang sama. Selanjutnya pada tahun 2016, BTS menggaet penghargaan ‘Daesang’ atau piagam emas untuk penyanyi Korea Selatan berbakat di Melon Music Awards.

BTS mulai memasuki pasar musik internasional pada tahun 2017 dan menjadi band K-pop paling sukses di dunia. BTS berhasil menjadi grup tercepat setelah The Beatles yang memperoleh empat album dengan peringkat satu dalam waktu kurang dari dua tahun. Kesuksesan ini membawa BTS menduduki peringkat ke-43 dalam Forbes Celebrity 100 (2019) sebagai selebriti berpenghasilan tinggi di dunia.

Hingga saat ini, BTS telah memenangkan lebih dari 500 penghargaan entah sebagai “Top Social Artist” atau “Album of the Year” atau “Song of the Year” dari berbagai acara seperti American dan Billboard Music Awards. Selain itu, BTS juga dianugerahi pencapain lain berupa pemecahan rekor dunia oleh Guinness World Records secara berturut-turut dari tahun 2017 sampai dengan tahun ini.

Apa kunci dari kesuksesan BTS?

Pertama, semua kesuksesan kreatif yang dikembangkan BTS adalah hasil langsung dari kerja sama yang harmonis sebagai sebuah tim. Bekerja dalam sebuah tim bukanlah hal yang mudah, perlu adanya chemistry, kepercayaan satu sama lain, komitmen, dan visi yang sama sehingga mereka kompatibel atau bergerak dalam keserasian, mengingat masing-masing dari mereka memiliki kepribadian yang berbeda.

Anggota BTS dan crew dibalik layar BTS yang tentu jumlahnya tidak sedikit meliputi produser, penulis lagu, koreografer, desainer set, desainer kostum, stylist, sutradara, pemegang media sosial dan lain sebagainya, begitu fokus, sangat produktif, pekerja keras dan bertalenta. Mereka terus memproduksi aset dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik.

Mereka secara konsisten menghasilkan sejumlah besar video musik, konser, pertunjukan, wawancara, video latihan menari, siaran langsung, episode dokumenter, postingan media sosial dan masih banyak lagi. Tak lupa, sosok leader BTS yakni RM telah memainkan peran tak kalah penting dalam menjaga, memotivasi dan mengarahkan anggota BTS yang lain.

Kedua, BTS memiliki ARMY yang merupakan basis penggemar global terbesar, tercanggih dan paling beragam di dunia. Tak dapat dipungkiri, kehadiran ARMY yang loyal, dedikatif, supportif dan terorganisir dengan baik membuat BTS menjadi sesukses sekarang. Anggota ARMY datang dari berbagai rentang usia, latar belakang dan Negara salah satunya Indonesia.

BTS membangun dan menjaga kualitas hubungan dengan Army dengan sangat baik. BTS membuat acaranya sendiri dan sering berinteraksi langsung dengan Army melalui berbagai platform untuk membangun rasa kebersamaan dan keterikatan. Setiap kali BTS merilis album baru, Army memposting konten, membuat meme, saling mendukung dan share their love for BTS.

Army juga diketahui berkontribusi pada ratusan kegiatan amal salah satunya yang terjadi baru-baru ini di Indonesia terkait kolaborasi BTS dengan salah satu perusahaan cepat saji asal Amerika yang disambut meriah, kegiatan itu berupa pengumpulan donasi yang hasilnya akan dibelikan makanan dan sembako untuk dibagikan kepada para pengemudi ojek online dalam rangka mengapresiasi jasa mereka.

Ketiga, daya tarik BTS yang memikat dan menawarakan pengalaman yang beragam. For the first time in history, sebuah band K-pop mampu merebut hati dan pikiran secara global khususnya bagi generasi Z dan Alpha dengan memanfaatkan selera, gaya hidup dan perspektif generasi tersebut. BTS telah mampu menciptakan gaya bintang dunia mereka sendiri.

BTS meracik musik dan koreografinya dengan apik. Mereka menggabungkan beberapa genre dari seluruh dunia termasuk pop, hip-hop, dan musik tradisional korea. Selain itu, di setiap aksi panggungnya, BTS menampilkan daya tarik visual, pakaian yang penuh warna, koreografi yang dinamis, dan desain panggung yang mempesona.

Sebelum meluncurkan lagu, BTS bertemu dan berkolaborasi dengan sekelompok produser, musisi dan penulis untuk mendiskusikan tema apa yang ingin diangkat. BTS pernah merilis album dengan tema mencintai diri sendiri dan dengan pengaruhnya, BTS mengajarkan generasi muda yang sedang bergulat dengan kesehatan mental untuk mencintai diri sendiri.

Karena perhatiannya terhadap pentingnya mental health and self-care, BTS menjadi grup musik K-pop pertama yang berpidato di Majelis Umum PBB dan menyusul menggelar sebuah kampanye dengan narasi “Love Myself” dalam kemitraannya dengan UNICEF. Kampanye ini relevan dengan seri album ‘Love Yourself’ yang mereka rilis dalam kurun waktu September 2018 hingga Agustus 2019.

Demikianlah tiga hal yang menjadi kunci BTS from nothing to something. I hope you can benefit from BTS’s success story as much as I get. Happy 8th Birthday for BTS and ARMY, thank you for all the joy and happiness you bought. You deserve the world and more for anything you’ve done and faced, all the music and art you’ve created, and everything you’ve shared. Borahae!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun