Mohon tunggu...
Vika Puja
Vika Puja Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 21107030087

🦋🦋

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Awali dengan Kata "Apa?" Cara untuk Meningkatkan Komunikasi

21 Mei 2022   15:38 Diperbarui: 21 Mei 2022   15:41 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Berbicara dan menceritakan sesuatu kepada orang lain sangat penting untuk hubungan yang baik. Mendengarkan dan memahami pesan adalah bagian penting dari komunikasi yang baik. Seringkali apa yang didengar bukanlah maksud dari yang ingin disampaikan.

Mampu berkomunikasi mungkin salah satu yang paling penting dari semua keterampilan hidup. Kita belajar berkomunikasi dimulai dari orang tua lingkup terdekat kita dan meniru cara mereka berkomunikasi.

Komunikasi secara sederhana adalah tindakan mentransfer informasi dari satu orang ke orang lain. Ini bisa berupa mungkin vokal (menggunakan suara), tertulis (menggunakan media cetak atau digital seperti buku, majalah, situs web atau email), visual (menggunakan logo, peta, bagan atau grafik) atau non-verbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak tubuh dan nada dan nada suara). Dalam praktiknya, seringkali merupakan kombinasi dari beberapa di antaranya.

Komunikasi adalah proses dua arah, yang melibatkan pengiriman dan penerimaan pesan. Pengirim dan penerima harus memahami isi kata-kata dalam pesan yang dikirim. Jika tidak, maka akan terjadi kebingungan dan kesalahpahaman.

Keterampilan komunikasi verbal dasar termasuk paraphrase. Cukup katakan kembali kepada orang itu apa yang kalian dengar. "Jadi, dari apa yang saya dengar yang anda katakan adalah_________." Kalimat itu akan dijjawab, "Ya, itulah yang saya katakan." Atau "Tidak, saya bilang_________." Dan kemudian akan menyatakan kembali dan mengklarifikasi pesan hingga keduanya berada di pemahaman yang sama.

Sangat penting bagi penerima pesan untuk mendengarkan secara aktif dan merespons dengan tepat, baik dengan mengajukan pertanyaan untuk kejelasan atau informasi lebih lanjut atau untuk menawarkan dukungan kepada pembawa pesan.

Kesalahan umum adalah menanggapi dengan menghilangkan pikiran dan menceritakan pengalaman pribadi serupa yang berdampak pada pembawa pesan tidak didengar atau diabaikan.

Lain dari itu adalah menyela utusan ketika dipicu oleh sesuatu yang dikatakan. Sekali lagi mengabaikan dan mengganggu komunikasi yang efektif. Disela atau menerima tanggapan yang tidak pantas berdampak pada pengirim pesan untuk disabotase dan enggan untuk berkomunikasi lebih lanjut dengan orang tersebut. Dalam hal ini umpan balik kepada orang lain mungkin tepat.

Mendengarkan adalah komponen penting untuk komunikasi yang efektif. Didengar penting bagi pembawa pesan yang mungkin rentan dalam berbagi ide atau informasi pribadi. Mendengarkan secara aktif dapat ditunjukkan dengan, gerakan seperti kontak mata, anggukan kepala, tersenyum, dll.

Tetap bersama pembawa pesan dan tanggapi dengan tepat ketika mereka tampaknya selesai. Meminta lebih banyak informasi akan paling sering disambut sebagai indikasi didengar.

Umpan balik adalah salah satu keterampilan komunikasi yang penting. Mungkin berisiko untuk membiarkan orang lain mengetahui efek yang Anda alami, terutama ketika Anda telah disela, tetapi mungkin juga merupakan pengalaman yang positif.

Umpan balik selalu dimulai dengan pernyataan "Saya". "Saya merasa frustrasi ketika saya memberi tahu anda sesuatu yang bersifat pribadi dan anda mengambil topik pembicaraan dan menyela pengalaman anda."

Elemen penting adalah "Saya merasa" dan 'ketika Anda'. Cara berkomunikasi ini menghindari menyalahkan atau menuduh orang lain melakukan kesalahan, sehingga merasa defensif, tetapi mendorong untuk menerima kesalahan yang sering kali merupakan cara berkomunikasi yang tidak disadari mungkin dari pola lama yang dipelajari di masa kanak-kanak.Ketika seseorang bersikap defensif, kemampuan untuk mendengar dan bersedia untuk berubah hilang.

Penyelesaian konflik dapat menjadi tantangan tetapi diperlukan ketika sudut pandang yang berlawanan berlaku dalam suatu hubungan. Bernegosiasi untuk waktu yang tepat untuk mengerjakan pemecahan masalah adalah sebuah ide bagus. jika keduanya siap dan bersedia menyisihkan waktu dan bersedia bekerja pada perbedaan.

Selanjutnya, tetapkan beberapa aturan dasar. Saya menyarankan agar setiap orang meluangkan waktu yang ditentukan untuk berbicara tanpa interupsi dan orang lain mendengarkan secara aktif, bahkan membuat catatan jika keduanya setuju. Saya sarankan masing-masing 5 menit. Ini akan memunculkan beberapa perbedaan secara terbuka dan langkah selanjutnya adalah menyepakati mana yang harus dikerjakan bersama, menggunakan keterampilan komunikasi yang dibahas di atas, parafrase, pernyataan "saya", dan umpan balik.

Negosiasikan resolusi yang disepakati dan selesaikan masalah tertentu. Tentu saja setiap janji yang dibuat harus ditepati.

Dalam hubungan apa pun kita semua membawa sesuatu yang baru. Cara berkomunikasi yang baik dapat memperindah dan mengarah pada hubungan yang saling memperkaya dengan keterampilan positif untuk menyelesaikan perbedaan dan berbagi pengalaman.

Saya sangat menyarankan untuk mulai mengajarkan keterampilan komunikasi yang baik di taman kanak-kanak dan di setiap kelas setelahnya. Kelas-kelas seperti itu harus menjadi bagian penting dari kurikulum seperti membaca, menulis, dan berhitung. Selain itu, universitas harus mengajarkan siswa guru keterampilan ini. Tidak hanya komunikasi yang buruk penyebab gagalnya hubungan dalam keluarga, tetapi juga dalam hubungan Internasional. Bahasa cukup menjadi penghalang, tetapi menyampaikan gagasan, perjanjian, kesepakatan semuanya penting untuk hubungan baik antara diplomat dan negara. Komunikasi yang positif dan efektif telah terlalu lama diabaikan dan merupakan cara kritis bagi kita untuk berbagi siapa diri kita, tetapi juga untuk mengenal dan menghormati orang lain. Dunia akan menjadi tempat yang lebih baik dan hubungan akan lebih baik jika kita memiliki keterampilan yang lebih baik untuk berinteraksi satu sama lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun