Mohon tunggu...
Naufal Sulthan Dila
Naufal Sulthan Dila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran Berbasis Nilai Pelanggan: Segmentasi, Penargetan, Diferensiasi dan Pemosisian Pasar

8 Januari 2023   07:15 Diperbarui: 8 Januari 2023   08:15 2441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengutip pada buku Philip Kotler, Gary Armstrong, Lloyd C. Harris, dan Hongwei He (2020) tentang dasar-dasar ilmu manajemen pemasaran berbasis nilai pelanggan, pebisnis harus mengetahui tentang segmentasi, penargetan, diferensiasi, dan pemosisian pasar. Ada tiga kategori dalam segmentasi pasar: konsumen, bisnis, dan internasional. Sedangkan untuk geografi, dan perilaku konsumen merupakan variabel yang digunakan untuk segmentasi pasar.

Strategi Pemasaran digerakkan oleh Nilai Pelanggan

Pakar pemasaran seperti Winzar, Baumann, dan Chu (2018) baru-baru ini berfokus pada peran nilai merek dalam mendorong daya saing merek. Nilai pelanggan adalah rahasia untuk menghasilkan nilai pasar karena pelanggan merupakan sumber utama perusahaan dan mitranya. Hal tersebut digunakan dalam pemasaran dan periklanan kontemporer untuk membedakan dan memosisikan merek dari pesaing. Marketing 3.0 adalah strategi pemasaran yang memberikan nilai pelanggan di luar kebutuhan materialistis berdasarkan keyakinan emosional dan filosofis. 

Yang perlu digaris bawahi sukses dalam pemasaran melibatkan lebih dari sekedar memenuhi kebutuhan pelanggan, nilai pelanggan harus berfokus pada peluang pasar untuk produsen merek. Inovasi produk (PI) memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keunggulan kompetitif berkelanjutan (SCA) dan tanda positif pada penggerak pasar. Menurut Freytag (2019) dalam jurnal artikelnya "Digitalization Needs Value-Driven IP Why Digitalization Needs Value-Driven Intellectual Property Strategies" masa depan yang sama itu adalah sikap ambivalen karena keadaan yang berubah. Kekayaan intelektual menjadi alat kompetitif strategis yang unik untuk bisnis dengan strategi IP berbasis nilai. Kegiatan ini termasuk membuatnya mudah diakses, mengumpulkan wawasan pelanggan, membuat produk dan layanan unik, menetapkan harga dengan benar, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Pengambilan keputusan penting juga diperlukan untuk mengirimkan barang atau jasa kepada pelanggan.

Segmentasi, penargetan, diferensiasi, dan pemosisian menjadi bagian dari proposisi nilai, dan teknik pemasaran strategis untuk membantu memahami seberapa efektif perusahaan merencanakan berbagai inisiatif pemasaran bersaing di pasar, dan strategi pemasaran yang ampuh bagi destinasi yang ingin memaksimalkan laba atas investasi. Namun, masalah paling mendasar yang dihadapi manajer ketika memutuskan bauran pemasaran (harga, produk, promosi, dan tempat) adalah bahwa setiap pelanggan berbeda. 

Bisnis dapat memahami lanskap pelanggan dengan jumlah kelompok pelanggan seragam yang dapat dikelola. Keragaman dan kompleksitasnya, data, kerangka kerja, dan analisis yang semakin melimpah di domain pemasaran dan pemasar yang mengembangkan dan menerapkan strategi yang sukses juga menjadi penghalang potensial untuk pembentukan strategi. Oleh karena itu perencanaan pemasaran strategis menggabungkan beberapa keunggulan kecerdasan buatan (AI): AI mekanis untuk mengotomatiskan fungsi dan aktivitas pemasaran yang berulang, AI berpikir untuk menggunakan data untuk membuat keputusan, dan merasakan AI untuk memeriksa interaksi dan emosi manusia. Disiplin strategi pemasaran inti meliputi segmentasi, penargetan, dan penentuan posisi untuk pasar domestik dan internasional. Membuat keputusan yang tepat adalah untuk kesuksesan perusahaan karena kesalahan di area ini cenderung mahal dan dapat menyebabkan kegagalan.

Segmentasi Pasar

Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi kelompok konsumen yang berbeda dengan kebutuhan, sifat, atau perilaku yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau strategi pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar dapat membantu bisnis memosisikan produk mereka di atas pesaing untuk menciptakan dan mempraktikkan bauran pemasaran. Setiap data set dapat dikategorikan ke dalam segmentasi menggunakan segmentasi, juga dikenal sebagai clustering. Untuk mendukung pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan analisis preferensi dan pilihan segmentasi ke dalam satu kerangka kerja dan menggunakan beberapa kriteria untuk segmentasi pasar. Namun, perhitungan berulang hanya akan menghasilkan solusi segmentasi yang sama ketika data terstruktur dengan baik (ketika data mengandung segmen pasar yang berbeda).

Industri pemasaran menghadapi tantangan yang signifikan dalam segmentasi pasar industri. Setelah lebih dari 30 tahun belajar, tidak ada panduan komprehensif untuk menciptakan segmen pasar Business-to-Business (B2B) yang kuat. Segmentasi pasar untuk bisnis sangat sulit tetapi juga sangat bermanfaat. Lingkungan bisnis yang kompleks dan teknologi baru menyebabkan pasar bisnis berubah dengan cepat. Analisis pasar (B2B), (B2B2B), dan (B2B2C) tidak dapat dipandu secara memadai oleh kerangka kerja segmentasi saat ini. 

Ukuran, dimensi yang beragam, dan karakteristik data dari ulasan online, pendekatan segmentasi pasar tradisional tidak efektif saat menganalisis data sosial. Teknik pembelajaran mesin dapat membantu menciptakan algoritme hibrid yang efisien untuk mengatasi masalah terkait data yang datang dengan ulasan online. Strategi segmentasi menguntungkan bagi bisnis dan destinasi karena memungkinkan mereka untuk berkonsentrasi pada sub set konsumen tertentu yang paling cocok untuk mereka layani, memberi mereka keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Konsumen yang memahami bagaimana keputusan konsumsi mereka mempengaruhi lingkungan dan masyarakat lebih memperhatikan informasi label sebagai alat untuk menurunkan risiko pembelian mereka.

Karakteristik konsumen, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, agama, negara asal, dan tahapan dalam siklus hidup keluarga, dapat menjadi kriteria segmentasi. Atau alternatif lain, seperti keuntungan yang dicari saat membeli produk, aktivitas yang dilakukan saat berlibur, nilai lingkungan, dan kebiasaan belanja. Karakteristik tersebut dilengkapi oleh temuan Dryglass & Salamaga (2018) yang menunjukkan sosio-demografis, perilaku, dan psikografis merupakan variasi segmentasi. Kemudian Khanum dkk (2018) juga berasumsi bahwa selain menggunakan segmentasi demografis berdasarkan pendapatan dan etnis, juga menggunakan segmentasi geografis, yang memperhitungkan ukuran dan iklim pasar suatu negara atau wilayah. Perbedaan generasi dan kebutuhan nyata akan pendekatan pemasaran yang berbeda saat menangani satu generasi versus generasi lainnya. Oleh karena itu ciri-ciri psikografis konsumen, seperti sikap dan gaya hidup, berfungsi sebagai tolok ukur CSR yang bermanfaat untuk segmentasi pasar internasional. Selanjutnya untuk mengidentifikasi segmen pasar yang lebih diinginkan, basis segmentasi yang digunakan secara luas harus digabungkan secara ilmiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun