Mohon tunggu...
Priyasa Hevi Etikawan
Priyasa Hevi Etikawan Mohon Tunggu... Guru - Guru SD || Pecinta Anime Naruto dan One Piece

Penulis buku Asyiknya Menjadi Penulis Pemula (2023) | Antologi 1001 Kisah Guru (2023)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

PPDB Sistem Zonasi: Apa Kabarmu Kini?

3 Juli 2024   16:18 Diperbarui: 12 Juli 2024   19:52 481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi PPDB Sistem Zonasi | Sumber : Dokpri

Saya ingin memulai tulisan ini dengan sebuah dialog imajiner antara penjual bakso dengan pembelinya.

Pembeli              : "Mas, pesan baksonya 1 porsi. Yang pedas, dibungkus ya."

Penjual Bakso  : "Maaf Pak, saya mau tanya dulu, Bapak berasal dari daerah mana ya?"

Pembeli              : "Saya orang kampung sebelah. Memangnya kenapa Mas?"

Penjual Bakso  : "Memangnya di kampung Bapak nggak ada orang jualan bakso sehingga Bapak beli bakso ke saya?"

Pembeli              : "Ada sih, di perempatan dekat rumah saya."

Penjual Bakso  : "Terus mengapa Bapak beli bakso ke saya? Kan yang dekat rumah ada?"

Pembeli              : "Ya pengen saja Mas. Karena saya dengar bakso buatan Mas enak sehingga banyak pelanggannya."

Penjual Bakso  : "Sebelumnya mohon maaf Pak. Bukannya saya tidak mau melayani pesanan Bapak. Tetapi sekarang sudah berlaku aturan kawasan bakso."

Pembeli              : "Maksudnya gimana Mas?"

Penjual Bakso  : "Begini Pak. Bapak tidak boleh langsung membeli bakso ke tempat yang jauh kalau di dekat rumah tinggal Bapak ada penjual bakso."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun