Pada tahun 1776, Adam Smith yang dikenal sebagai salah satu bapak ekonomi, Â mengatakan bahwa "konsumsi adalah satu-satunya tujuan dan akhir dari proses produksi". Â Pernyataan ini menyebabkan pandangan orang terkait produksi langsung berubah. Salah satunya bahwa setiap produk yang diproduksi harus di konsumsi dengan harga yang terjangkau, sehingga perusahaan wajib membuat proses yang efektif dan efisien guna menekan biaya produksi. Yang akhirnya bisa berimbas pada pemenuhan kebutuhan konsumen dengan harga yang terjangkau.
Ada beberapa hal yang menyebabkan produk jadi tidak laku dijual di pasar, yaitu (Hendro, 2011):
- Tidak ada pasar yang efektif untuk produk tersebut atau tidak semua konsumen membutuhkan produk tersebut.
- Produk dijual tidak secara tepat untuk memuaskan konsumen .
- Produk tidak kompetitif dalam hal harga, kualitas, kemasan, cara menjual, dan cara menawarkan serta pelayanan purna jualnya.
- Terdapat persaingan yang tidak adil dari pesaing.
- Kelemahan internal perusahaan seperti biaya yang terlalu tinggi, produktivitas rendah, mutu produk dan sistem pengendalian mutu kurang bagung, cara menyambut konsumen yang buruk, kurangnya sumber daya manusia.
SKEMA KONSEP PRODUK
                                                1
                                                  2
 Â
Â
                                             3
                                          4                                     Â
Keterangan
- Komunikasi
- Menawarkan barang atau jasa'
- Transaksi
- Informasi
- Pada skema diatas dapat dijelaskan bahwa, tujuan dari produsen adalah melakukan transaksi atau penjualan. Namun sebelumnya,produsen harus melakukan komunikasi dengan pasar,tentang barang/jasa yang akan ditawarkan. Proses komunikasi ini menjadi informasi bagi pasar/konsumen sebelum melakukan pembelian atau transaksi. Setelah informasi atau transaksi ini terjadi, produsen bisa menawarkan barang sesuai dengan permintaan pasar. Baru kemudian terjadi transaksi/penjualan.
Konsep tersebut apabila dilihat pada produk kopi, dapat diambil contoh sebagai berikut. Sebelum melakukan produksi, Produsen bisa melakukan komunikasi kepada pasar atau calon konsumen terkati kopi jenis apa yang diminati, cara penyajian, harga dan kemasan. Setelah menjadapat informasi dari pasar, produsen mengolah atau membuat produk sesuai dengan informasi yang diperoleh sesuai dengan selera pasar. Kemudian produk yang dihasilkan ditawarkan pada pasar dan bila cocok maka akan terjadi transaksi penjualan. Â
Seperti di Kota Tulungagung, banyak warung kopi yang menjual kopi ijo, bukan tanpa alasan. Kopi ijo memiliki pelanggan setia di beberapa wilayah di Tulungagung. Kopi ijo yang terkenal adalah kopi Waris dan kopi Mak Tin. Ketenaran dua warkop legendaris ini membuat banyak warkop yang beli ke warkop Waris maupun Mak Tin untuk dijual kembali di tempat mereka.
Munculnya pesaing tentu akan mempengaruhi penjualan entah itu menurun atau malah tidak laku. Pentingnya melakukan promosi atau usaha penjualan sangat berpengaruh pada transaksi yang akan terjadi. Penjualan biasanya sangat ditentukan oleh sales force atau tim perusahaan dalam membuat konsumen percaya dan yakin akan produk yang ditawarkan. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H