Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Penulis - Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Unleashing X, Kelincahan Inovasi Permata Bank

1 Agustus 2018   16:20 Diperbarui: 1 Agustus 2018   16:34 724
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Face ID. Dokumentasi pribadi.

"The best way to predict the future is to create it."

Abraham Lincoln pernah mengucapkan kalimat itu. Namun, penemuan/penciptaan sesungguhnya bukanlah tantangan terberat dalam kehidupan. Tantangan masa depan ada pada masyarakat itu sendiri, pada manusia, pada kita. Alasannya, penemuan/penciptaan secanggih apapun perlu dipahami oleh masyarakat. Karena itu, suatu penemuan/penciptaan harus memahami masyarakat, membuat manusia nyaman menggunakannya.

Revolusi Industri 4.0 menyajikan pertanyaan akan kondisi masyarakat modern yang memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Yang dahulu dilakukan secara manual, kini sudah dilakukan secara online dan terdigitalisasi.

Mobile banking merupakan salah satu jawaban yang tepat bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan gaya hidup serba praktis. Pada tahun 2019 diperkirakan sebanyak 1,75 miliar pengguna ponsel menggunakan perangkat mereka untuk kepentingan mobile banking.  Tapi, tentu tidak sembarangan aplikasi mobile banking dibuat.

PermataBank baru saja memperkenalkan aplikasi mobile banking bernama PermataMobile X. Orientasinya adalah customer experience sejalan dengan logika bahwa teknologi seharusnya diciptakan untuk membuat pelanggan nyaman. Tujuannya adalah tujuan untuk memberikan pengalaman terbaik yang menjawab kebutuhan nasabah dan calon nasabah. Kemudahan transaksi perbankan yang juga cepat di PermataMobile X ini diusung agar masyarakat tak perlu pusing-pusing lagi.

PermataMobile X menyajikan lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile banking yang paling lengkap saat ini. Aplikasi-aplikasi tersebut yaitu:

1. FACE ID - login pakai Face ID dengan iPhone X.
2. TOUCH ID dan FINGERPRINT - login pakai Touch ID untuk iPhone dan Fingerprint untuk handphone Android.
3. PEEKING - intip saldo tanpa login dengan cepat dan aman.
4. SEMUA AKUN DALAM SATU LAYAR (atau SINGLE CUSTOMER VIEW) -- terpadu secara luas dan lengkap
dalam satu app PermataMobile X.
5. MELIHAT DETAIL SEMUA AKUN DENGAN MUDAH - Giro, Tabungan, Deposito, Reksadana, Obligasi, Kartu
Kredit, KTA, KPR.
6. MUTASI TRANSAKSI HINGGA 12 BULAN UNTUK SEMUA JENIS AKUN -- langsung ditampilkan di
PermataMobile X.
7. TRANSFER KE NOMOR HANDPHONE - transfer cepat, mudah dan aman cukup dengan nomor handphone.
8. SHARE RECEIPT SEMUA TRANSAKSI LEWAT WHATSAPP, SMS, E-MAIL - membuat sharing dengan
cepat, mudah dan aman.
9. BUKA AKUN TABUNGAN dan GIRO ONLINE - buka Tabungan dan Giro langsung lewat 
PermataMobile X
on-line tanpa menunggu lama.
10. BUKA DEPOSITO ONLINE - Buka Deposito langsung on-line tanpa ke cabang.
11. JUAL, BELI REKSA DANA dan OBLIGASI ONLINE - Transaksi Reksa Dana dan Obligasi on-line dan tidak
ribet.
12. SIMPAN TRANSAKSI FAVORIT - sehingga bisa melakukan transfer dalam 5 detik.
13. MOBILE CASH - tarik tunai tanpa kartu di PermataBank ATM.
14. TRANSFER, PAY BILL dan TOP UP -- layanan tersedia 24 jam.
15. TRANSFER TERJADWAL DAN BERKALA -- sehingga Transfer bisa dilakukan sesuai tanggal yang
diinginkan.
16. KARTU KREDIT - mengajukan kartu tambahan, SimplePay, Cash on Call dan kenaikan kredit limit sementara.
17. PERMATASTORE - browsing dan membeli produk-produk PermataBank dengan mudah dan on-line tanpa ke
cabang. 

Face ID. Dokumentasi pribadi.
Face ID. Dokumentasi pribadi.

Tentu, fitur-fitur tersebut bukan tanpa kontemplasi. Orientasi customer experience bukan sekadar slogan. Pihak PermataBank menghitung peningkatan partisipasi user manakala fitur-fitur itu diluncurkan. Misalnya, jumlah user yang melakukan log in ke mobile banking sebanyak 56 juta. Angka ini meningkat 77% yoy. Begitu juga dengan digital payment dengan nilai 1224 triliun, meningkat 11% yoy.

Inovasi ini merupakan komitmen PermataBank dalam memanjakan customer. Selama ini, layanan perbankan digital PermataBank menjadi yang terdepan dengan layanan digital yang komprehensif. Aplikasi mobile-nya merupakan yang terbaik di kelasnya untuk desain, UI/UX dan kelengkapan fiturnya. 

Menjadi yang pertama dalam meluncurkan Finger ID dan Facial ID, mobile cash yang memberikan kemudahan tarik tunai di ATM tanpa kartu,single customer view sehingga nasabah dapat melihat seluruh portofolio nya dalam satu layar, transaksi reksa dana dan obligasi, pembukaan rekening, aplikasi pinjaman dan kartu kredit dan transfer ke nomor ponsel. 

PermataBank juga menjadi pionir dalam memberikan layanan API yang dapat mengintegrasikan berbagai mitra bisnis dan memperluas jangkauan bisnis. PermataTel saat ini telah menggunakan layanan Voice ID dengan menggunakan otentikasi biometric dan memberikan nasabah pengalaman yang lebih baik. Agenda digitalisasi layanan perbankan dikembangkan bagi seluruh lapisan nasabah dan diterapkan di semua channel. PermataBank membangun ekosistem dan infrastruktur digital secara berkesinambungan untuk mewujudkan brand promise PermataBank -- simple, fast dan reliable.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun