Tahun 2020 adalah tahun yang cantik dan keren karena nilai numeriknya. Kalau kamu ingin menikah atau menyelenggarakan hajatan keluarga, lakukan saja di tahun ini karena ada banyak tanggal cantik. Kamu bisa pilih tanggal 02/02/2020, atau 20/02/2020, atau mungkin sedikit lebih lama lagi di tanggal 10/10/2020.
Dan saya juga berani bertaruh, banyak perusahaan yang akan melakukan kampanye pemasaran di tahun ini pada tanggal-tanggal cantik tersebut. Untuk mengawali kampanye mereka, tidak ada yang lebih baik lagi selain membuat judul konten yang menarik, secantik angka tahun 2020.
Kalau kamu penulis konten, blogger atau kreator konten lain dan belum sempat memikirkan ide artikel atau ide konten, sekarang saatnya mulai merencanakan. Gunakan saja angka tahun 2020 untuk membuat artikel yang menarik. Contohnya, saya sudah mengawalinya dengan artikel keren ini.
3 Alasan Menggunakan Angka untuk Judul Artikel
Ada 3 alasan mengapa judul artikel yang menggunakan angka bisa menarik perhatian pembaca.
- Pertama, judul dengan angka di depan selalu menjadi favorit banyak penulis artikel.
- Kedua, angka efektif untuk menarik perhatian pembaca karena orang menyukai prediktabilitas dan tidak suka ketidakpastian.
- Ketiga, judul dengan angka juga menjanjikan substansi artikel adalah sesuatu yang pasti. Kalau judulnya ada angka 20, maka sudah pasti di dalamnya ada 20 item dengan satu atau dua itemnya mungkin layak untuk diterapkan.
Lalu, apakah harus menggunakan angka 20?
Pikirkan sendiri, adakah angka yang menarik selain 20 untuk menyambut tahun 2020? Di luar itu, angka puluhan yang genap (10, 20, 50, 100 dst) mencerminkan suatu milestone (pencapaian).
Nah, sudah menemukan ide judul artikel? Kalau belum, mungkin 20 ide judul artikel ini bisa membantumu. Ke-20 ide judul ini bisa kamu ganti topiknya sesuai dengan minat atau bidang industri yang kamu sukai.
Artikel Tentang Refleksi Akhir Tahun
Menjelang akhir setiap tahun, orang-orang mendapatkan suasana hati yang reflektif, sehingga cerita tentang tahun lalu bisa efektif. Artikel refleksi idealnya harus diterbitkan pada bulan Desember. Karena begitu tahun baru tiba, tidak ada lagi yang peduli dengan tahun lalu kecuali itu adalah akhir dari suatu era.
2020 adalah waktu yang tepat untuk merenungkan 20 tahun pertama milenium, sehingga jenis artikel refleksi tersebut harus relevan di sepanjang 2020. Berikut ide judul artikel refleksi akhir tahun:
- 20 Pelajaran yang Bisa Diambil Tentang Politik dalam Setahun Terakhir
- 20 Gosip Terpanas dari Setahun/20 Tahun Terakhir
- 20 Jenis Mode yang Memudar Sepanjang Tahun/20 Tahun Terakhir
- 20 Event Musik Paling Berarti dalam Setahun/20 Tahun Terakhir
Artikel Tentang Proyeksi untuk Masa Depan
Tahun baru juga merupakan waktu yang tepat untuk mengintip masa depan dan menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Betapapun sepele itu, saya cukup yakin frasa "20/20 visi" akan ditemukan di beberapa kampanye pemasaran. Tidak harus menggunakan bahasa yang tepat seperti itu, tetapi konsep visi yang lebih jelas untuk tahun atau 20 tahun mendatang bisa sangat menarik. Berikut ini 4 ide artikelnya:
- 20 Tren Baru yang Harus Diperhatikan pada Tahun 2020
- 20 Tantangan yang Harus Dihadapi pada Tahun 2020
- 20 Terobosan Besar yang Akan Terjadi pada 2020/20 Tahun Mendatang
- 20 Jenis Usaha Yang Akan Bertahan Lama dalam 20 Tahun Mendatang
Artikel Tentang Sumber daya untuk Digunakan
Rekomendasi untuk yang terbaik di suatu industri selalu efektif. Daftar "Top 20" adalah sesuatu yang mudah dikembangkan, menyenangkan untuk dibaca, dan akan relevan sepanjang tahun. Berikut contoh ide artikelnya:
- 20 Smartphone Tercanggih untuk Digunakan pada tahun 2020
- 20 Film Terbaik yang Wajib Ditonton pada tahun 2020
- 20 Buku Terbaik untuk Dibaca pada tahun 2020
- 20 Orang Paling Berpengaruh di Indonesia yang Bisa Diikuti
Artikel Tentang SaranÂ
Kumpulkan semua kebijaksanaan dan pengetahuan yang kamu peroleh dalam sebuah daftar yang ringkas. Banyak orang cenderung lebih terbuka untuk menerima saran dan mencoba hal-hal baru di tahun dan musim baru. Seperti ini ide artikelnya:
- 20 Kiat untuk Sukses pada 2020
- 20 Hobi Baru untuk Dicoba pada tahun 2020
- 20 Perangkap Usaha yang Harus Dihindari pada tahun 2020
- 20 Pertanyaan Tentang Cinta yang Harus Kamu Ajukan pada tahun 2020
Artikel Tentang Tindakan yang Harus Diambil
Bagi banyak orang, tahun baru adalah waktu untuk mengambil tindakan. Artikel yang menjabarkan langkah-langkah praktis untuk mencapai tujuan sangat efektif, terutama jika dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Namun, jenis artikel ini hanya efektif di awal tahun dan cenderung memiliki minat yang semakin berkurang di kemudian hari.
- Tingkatkan Keterampilan Menulismu dengan Tantangan 20 Hari ini
- Tips Meraih Banyak Pelanggan dalam 20 Minggu Pertama
- 20 Langkah yang Dapat Anda Lakukan untuk Mencapai Resolusi pada Tahun 2020
- 20 Perubahan yang Perlu Anda Terapkan pada Bisnis di tahun 2020
Nah, itu tadi 20 ide artikel yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten yang menarik. Ke-20 ide judul tersebut hanya sekedar saran. Selebihnya tergantung kreativitasmu sendiri untuk mengembangkannya menjadi artikel-artikel yang menarik perhatian pembaca. Selamat Tahun Baru, dan selamat berkreativitas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H