Sebagai pelaku UMKM, saya menyadari pentingnya arti kepercayaan dari pelanggan. Di era industri 4.0, kepercayaan pelanggan adalah modal utama agar bisnis tetap bisa bertahan dan selalu berkembang.
Tiga tahun lalu, saya memulai usaha jualan kopi bubuk dengan merek Kopi Bromo dan Kopi Hijau Bromo. Sejak awal, saya langsung berjualan secara online dengan  menaruh produk di beberapa marketplace sekaligus.
Mengapa saya memilih berjualan secara online?
Banyak alasannya. Namun setidaknya saya menemukan 3 alasan utama mengapa usaha sekecil apapun harus go online:
1. Biaya Operasional Lebih Rendah
Dengan berjualan secara online, saya tidak perlu memiliki toko fisik sendiri. Saya juga tidak perlu membayar pegawai untuk operasional toko sehari-hari.
2. Biaya Pemasaran Fleksibel
Setiap usaha pasti membutuhkan pemasaran. Dengan go online, usaha saya tidak memerlukan biaya yang besar untuk promosi. Saya tak perlu mencetak banner, neonbox atau brosur untuk dibagikan.
3. Bisa Memulai Bisnis Dengan Cepat
Tak perlu waktu lama bagi saya untuk memulai usaha. Dengan modal akun media sosial dan marketplace, saya bisa langsung berjualan pada saat itu juga.
Di luar 3 alasan utama tersebut, membuat usaha kita terlibat secara online juga memungkinkan kita untuk meraih pasar yang potensial. Menurut survei dari Google-Deloitte Access Economy, UMKM yang go online dan menggunakan teknologi digital memiliki 4 keuntungan:
- Kenaikan pendapatan hingga 80%
- Satu setengah kali lebih mungkin untuk meningkatkan kesempatan kerja
- 17 kali lebih mungkin untuk inovatif
- Lebih kompetitif secara internasional