Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

"Connecting Future", Cara Bank Danamon Berkomunikasi dengan Generasi Milenial

22 November 2017   23:29 Diperbarui: 23 November 2017   04:09 1492
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto instagram @mydanamon

Semua ada dalam genggaman tangan. Seperti itulah ungkapan yang menggambarkan perilaku sosial generasi milenial. Sebuah generasi yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget dalam genggaman tangan mereka. Perilaku ini pula yang membuat banyak perusahaan berusaha mencari cara bagaimana mendekati generasi ini melalui gadget yang mereka genggam erat.

Bank Danamon menyadari pentingnya personalisasi cara berkomunikasi terhadap generasi milenial. Karena itulah Bank Danamon merestrukturisasi tampilan seluruh platform digital mereka  supaya bisa lebih dekat, lebih erat dan lebih bersahabat saat berkomunikasi dengan nasabah ataupun pengguna media sosial. Connecting Future: demikian cara Bank Danamon berkomunikasi dengan generasi milenial.

Perombakan platform digital Bank Danamon dimulai dengan merubah tampilan website corporate mereka. Saat pertama kali masuk ke www.danamon.co.id, paparan finansial teknologi yang dibawa Bank Danamon tampak begitu nyata. Tagline/slogan "Saatnya Pegang Kendali" langsung menyapa mata pengguna. Beragam informasi perbankan ataupun layanan dari Bank Danamon juga disajikan secara user friendly. 

Pada bagian atas terdapat menu scroll layanan perbankan Bank Danamon bagi nasabah Personal atau Bisnis, serta E-Banking. Masing-masing menu berisi informasi lengkap yang seakan bisa menuntun nasabah menjelajahi keseluruhan isi layanan Bank Danamon. Di sebelah kanan terdapat panel yang berisi fitur komunikasi dari Bank Danamon. Mulai dari fitur layanan Hubungi Kami, informasi kurs terkini, informasi perolehan D-Point milik nasabah hingga peta pencarian lokasi Bank Danamon terdekat. Tampilan website corporate ini memang didesain untuk diakses dari komputer atau laptop. 

Jika kita mengakses lewat smartphone, Danamon menawarkan  aplikasi mobile banking yang memberi kemudahan dan kenyamanan dalam setiap transaksi perbankan.

Ada tiga macam aplikasi mobile yang diberikan Danamon untuk kemudahan akses perbankan kita. D-Mobile dan DCard Mobile adalah dua aplikasi personal banking yang bisa kita unduh di playstore atau appstore pada smartphone. D-Mobile adalah layanan mobile perbankan untuk semua nasabah Bank Danamon. 

Dirancang secara dinamis dan personal, nasabah bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pembelian berbagai macam voucher pulsa dan internet, atau pembayaran tagihan bulanan. Selain tentunya fitur layanan perbankan biasa seperti informasi saldo, mutasi rekening atau transfer dana. 

Yang menarik dari aplikasi D-Mobile ini adalah fitur D-Cash dan Socmed-DCash. Danamon sepertinya mengerti betul arti smartphone dan sosial media bagi generasi millenial. Karena itulah di aplikasi D-Mobile ini, Bank Danamon menyertakan fitur D-Cash, dimana nasabah bisa menarik uang di ATM, atau bertransaksi tunai tanpa harus menggunakan kartu! Bank Danamon seakan sadar bahwa generasi millenial tidak ingin isi dompet mereka penuh dengan segala macam kartu.

 Dalam benak generasi millenial, "cukup dengan smartphone, saatnya kita pegang kendali". Perilaku sosial generasi ini yang lebih banyak berinteraksi lewat sosial media juga dimanfaatkan Bank Danamon dengan menciptakan fitur Sosmed-DCash pada aplikasi D-Mobile. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan transfer dana pada teman Facebook mereka, dan penerima dana ini kemudian bisa menarik tunai di ATM Danamon berlogo D-Cash.

D-Cash Bank Danamon (www.danamon.co.id)
D-Cash Bank Danamon (www.danamon.co.id)
Bagi pemilik Kartu Kredit Bank Danamon, aplikasi Dcard-Mobile juga menawarkan berbagai macam kelebihan. Dengan aplikasi ini, pemilik kartu kredit bisa mentransfer dana dari kartu kredit ke rekening tabungan! Selain itu, pemilik kartu kredit juga bisa mengubah transaksi retail menjadi cicilan dengan jangka waktu yang diinginkan melalui fitur My Own Installment.

Selain kedua aplikasi personal mobile banking tersebut, Bank Danamon juga menyediakan produk Danamon Cash Connect bagi nasabah yang memiliki rekening bisnis. Dengan layanan ini, nasabah bisa melakukan semua transaksi perbankan bisnis cukup dari meja kerja saja.

Upaya Bank Danamon untuk lebih dekat dan bersahabat kepada nasabah dan pengguna sosial media juga tampak pada bahasa komunikasi yang digunakan pada seluruh akun sosial media mereka. Alih-alih menggunakan bahasa yang kaku dan menjemukan, Bank Danamon memilih penggunaan bahasa yang lebih kekinian. Jika kita menengok akun-akun media sosial Bank Danamon, informasi yang tersaji tidak hanya seputar perbankan saja. 

Tentu saja, informasi dan gaya bahasa yang dipilih disesuaikan dengan jenis akun sosial medianya. Di akun Instagram @mydanamonmisalnya, Bank Danamon memilih untuk menyajikan beragam foto-foto yang instagramable disertai caption berupa tips hingga kutipan motivasi.  Bank Danamon menyadari bahwa pengakses Instagram didominasi oleh generasi millenial. Melalui akun instagram pula Bank Danamon menggelar kompetisi kreatif setiap bulan untuk generasi millenial melalui kontes foto/video dengan tagar #MomenKendali.

Lain halnya dengan informasi yang disajikan di akun Linkedin @Bank Danamon. Berhubung Linkedin banyak diakses pebisnis dan profesional muda, informasi yang disajikan Bank Danamon sudah tentu perihal kinerja perbankan mereka. Begitu pula dengan akun twitter @danamon. Tipikal pengguna Twitter yang menginginkan informasi yang serba ringkas dan up to date dimanfaatkan Bank Danamon dengan menggunakan akun sosmed ini untuk menyapa, menjawab pertanyaan, hingga menyampaikan ulang informasi terkini dari para penggunanya.

Keseluruhan perombakan platform digital dari Bank Danamon diatas menegaskan keinginan kuat dari Bank Danamon untuk berkomunikasi secara intensif, lebih dekat dan lebih bersahabat dengan generasi millenial yang kian akrab dengan teknologi digital.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun