Mohon tunggu...
Premas Alwandito
Premas Alwandito Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo semuanya selamat datang, terima kasih telah berkunjung

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengenal Apa Itu Logo Serta Tips Membuat Logo yang Baik dan Menarik Sesuai Kriteria Brand

22 Desember 2021   21:40 Diperbarui: 22 Desember 2021   21:47 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu hal penting dari suatu usaha atau perusahaan adalah adanya sebuah logo. Karena adanya sebuah logo dapat mencerminkan sebuah ciri khas yang dimiliki sebuah perusahaan agar dikenal masyarakat luas, oleh karena itu membangun sebuah brand adalah faktor yang penting dalam memulai bisnis. Meskipun banyak logo yang tidak menggambarkan jati diri perusahaan, tetapi kebanyakan logo yang dibuat mengandung filosofi perusahaan tersebut didalamnya. Salah satu cara membangun sebuah brand adalah membuat logo yang berkualitas. Karena logo adalah sebuah representasi yang akan membuat brand anda menjadi lebih menarik. Dalam bidang pemasaran logo berguna dalam memperkenalkan produk anda di kalangan masyarakat luas.

Adapun pengertian logo itu sendiri adalah sebuah gambar atau sketsa yang memiliki arti tertentu yang mewakili suatu perusahaan, lembaga, organisasi, produk, negara dan lembaga yang bertujuan untuk mempersingkat dan mempermudah untuk mengingat sebagai pengganti nama sebenarnya.

Sejarah logo pertama kali muncul pada saat yunani kuno. Pada saat itu bentuk logo sangatlah sederhana, yang terdiri dari sebuah huruf atau lebih yang digabungkan (monogram). Bentuk awal logo bisa dilihat pada uang koin kuno Yunani dan Roma yang mempunyai bentuk hologram atau logo dari penguasa. Seiring berjalannya waktu logo mulai mengalami deformasi, seperti bentuk yang rumit hingga menjadi sebuah bentuk yang simple dan mudah diingat.

Jenis-Jenis Logo Yang Harus Diketahui

Sebelum membuat sebuah logo seorang designer harus memahami perihal perusahaan terlebih dahulu agar dapat memilih jenis logo yang bisa mewakili perusahaan tersebut. Berikut ini ada 7 jenis logo yang harus diketahui sebelum membuat logo :

  • World Mark Logo

World Mark Logo adalah logo yang dibentuk hanya menggunakan teks nama perusahaan sebagai tanda pengenalnya. Biasanya perusahaan yang menggunakan logo ini menyampaikan filosofinya melalui teks, warna dan biasanya menyisipkan sebuah pesan di white space. Contoh perusahaan yang menggunakan World Mark Logo : Google, Disney, Facebook, Microsoft dan lain-lain.

  • Pictorial Mark Logo

Pictorial Mark Logo adalah sebuah logo yang dibentuk menggunakan simbol atau gambar unik yang berkaitan dengan filosofi perusahaan. Contoh perusahaan yang menggunakan Pictorial Mark Logo : Apple, Twitter, Puma, Windows dan lain-lain.

  • Abstrak Mark Logo

Logo ini hampir sama dengan Pictorial Mark Logo hanya saja pada Abstrak Mark Logo menggunakan simbol atau gambar yang bersifat abstrak dalam menyampaikan filosofi perusahaan. Contoh perusahaan yang menggunakan Abstrak Mark Logo : Pepsi, Pertamina, Nike, Adidas dan lain-lain.

  • Letter From Logo

Logo ini dibentuk dengan menggunakan satu atau dua huruf kemudian dibentuk dengan sedemikian rupa dan ditambahkan simbol atau gambar sebagai ornamen tambahan. Di dalam logo tersebut biasanya disisipkan sebuah nama dari sebuah perusahaan tersebut. Contoh perusahaan yang menggunakan Letter From Logo : Suzuki, Adobe, Facebook dan lain-lain.

  • Emblem Logo

Logo ini biasanya digunakan pada club sepak bola dan perusahaan otomotif. Pada dasarnya logo ini menggunakan Shield sehingga kurang fleksibel jika digunakan di berbagai media, namun secara keseluruhan logo jenis ini memiliki bentuk yang menarik dan eksklusif. Contoh perusahaan yang menggunakan Emblem Logo : BMW, Lamborgini, Chelsea dan lain-lain.

  • Mascot Logo

Sesuai dengan namanya, jenis logo ini biasanya menggunakan maskot perusahaan sebagai logonya. Meskipun sedikit susah untuk di apklikasikan di berbagai media tapi logo jenis ini banyak disukai karena keunikannya. Contoh perusahaan yang menggunakan Mascot Logo : KFC, Starbucks, HokBen dan lain-lain.

  • Web 2.0 Logo

Logo jenis ini biasanya digunakan perusahaan yang jasanya berupa website atau aplikasi. Logo jenis ini dibuat menggunakan efek embross sehingga menciptakan efek tiga dimensi dan terkesan futuristik. Contoh perusahaan yang menggunakan Web 2.0 Logo : Youtube, Skype, Opera dan lain-lain.

Fungsi Logo

Seperti yang sudah diketahui, logo mempunyai fungsi menjelaskan identitas sebuah bisnis untuk menghindari adanya peniruan. Akan tetapi, logo juga mempunyai fungsi yang lain, seperti :

  • Branding

Logo merupakan bentuk identitas atau karakteristik dari sebuah brand kepada masyarakat, yang nantinya masyarakat akan mengenal dan mengingat suatu brand dari logo tersebut..

  • Memberikan Informasi

Setiap logo memiliki informasi yang akan disampaikan ke masyarakat. Singkatnya, sebuah logo menyampaikan informasi penting dan kesan yang diinginkan perusahaan dari masyarakat.

  • Memberikan Motivasi

Suatu logo juga digunakan untuk menyampaikan motivasi kepada seluruh masyarakat yang sesuai dengan tujuan suatu brand.

  • Mengutarakan Emosi

Logo juga dapat digunakan untuk sarana mengutarakan emosi.

  • Sebagai Media Presentasi dan Promosi

Logo juga bisa dijadikan sarana presentasi dan promosi. Seluruh informasi yang akan disampaikan perusahaan kepada masyarakat akan lebih menarik dan mudah diingat hanya dengan gambar atau kata-kata yang terdapat di suatu logo.

Tips Membuat Logo Yang Baik dan Menarik Sesuai Dengan Karakter Brand

Setelah mengetahui jenis-jenis logo selanjutnya adalah membuat desain logo. Namun dalam membuat desain logo sebuah brand bukan perkara yang gampang karena sebuah logo akan menjadi identitas sebuah brand yang membedakan dengan brand lainnya. Seorang desainer logo harus memiliki kreativitas yang tinggi dan pada saat pembuatan desain logo seorang desainer membutuhkan waktu yang lama agar logo tersebut mengandung identitas brand, menarik dan mudah dikenal masyarakat luas. Berikut ini tips membuat logo baik dan menarik sesuai dengan brand :

  • Cari Referensi Logo

Mencari referensi logo di internet, mencari referensi bukan berarti meniru logo yang sudah ada tetapi untuk mendapatkan inspirasi. Dengan melihat referensi seorang desainer akan mendapatkan sebuah ide yang menarik untuk membuat logo yang berbeda dengan yang lainnya.

  • Pahami latar belakangnya

Dalam setiap bisnis pasti memiliki latar belakangnya masing-masing. Untuk mempermudah membuat desain logo biasanya seorang desainer akan memahami visi dan misi bisnis tersebut, dan memahami karakteristik dan keunggulan suatu brand tersebut. Dengan demikian logo dapat menunjukkan identitas dari brand dengan baik.

  • Membuat Sketsa

Membuat rancangan terlebih dahulu sebagai opsi. Dengan  membuat sketsa terlebih dahulu seorang desainer dapat mengeksplorasi dan mempunyai gambaran bentuk logo yang paling baik untuk dikembangkan.

  • Memiliki Filosofi

Bentuk logo dapat dibuat berupa huruf atau gambar , maupun bisa dibuat dari gabungan keduanya. Dalam membuat logo harus memperhatikan bentuk dan warna yang dipakai apakah memiliki filosofi tersendiri yang dapat mengungkapkan nilau suatu brand. Karena filosofi yang terkandung di dalam logo memberikan makna yang mendalam.

  • Sederhana

Dalam membuat logo tidak harus yang berbentuk rumit. Karena desain logo yang sederhana biasanya lebih mudah diingat masyarakat. Sedangkan desain logo yang bentuknya rumit belum tentu terlihat menarik dan tidak mudah diingat masyarakat. Contohnya logo twitter yang hanya menggunakan gambar burung yang terlihat simple.

Berdasarkan penjelasan diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa pengertian logo adalah sebuah gambar atau sketsa yang memiliki arti tertentu yang mewakili suatu perusahaan, lembaga, organisasi, produk, negara dan lembaga yang bertujuan untuk mempersingkat dan mempermudah untuk mengingat sebagai pengganti nama sebenarnya.

Suatu logo mampu mendeskripsikan suatu brand sehingga lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Logo memiliki peranan penting dalam hal pemasaran dan promosi, terlebih lagi memiliki desain yang unik dan menarik dimata masyarakat.

Pastikan logo perusahaan atau bisnis kita mengandung visi dan misi perusahaan atau bisnis kita dan memiliki desain yang sederhana, unik dan mudah diingat masyarakat. Jika logo yang kita punya sudah terpenuhi maka kita tinggal mengembangkannya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun