Mohon tunggu...
Emanuel Pratomo
Emanuel Pratomo Mohon Tunggu... Freelancer - .....

........

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Saatnya Perbankan dalam Genggaman Kapanpun dan Dimanapun bersama BII Maybank2u Apps [1]

28 September 2015   17:54 Diperbarui: 1 Oktober 2015   19:28 702
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PT Bank Internasional Indonesia (BII) Tbk yang saat ini dikenal dengan BII Maybank merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dan sejak 1989 telah tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (kode emiten BNII). Saat ini operasional perbankan dilayani dengan 425 kantor cabang (termasuk cabang Syariah dan luar negeri), 1524 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) BII di seluruh Indonesia, terkoneksi dengan lebih 20000 ATM dalam jaringan ATM Prima, ATM Bersama, ALTO, Cirrus dan jaringan MEPS di Malaysia serta sekaligus terhubung dengan lebih dari 3500 ATM Maybank di Singapura dan Malaysia. Kantor luar negeri saat ini ada di Mauritius dan Mumbai.

BII aktif dalam penyediaan jasa keuangan Perbankan Bisnis, Ritel dan Global yang komprehensif melalui kantor cabang, jaringan ATM, phonebanking, mobile banking dan internet banking. 

BII menjadi bank pertama yang menyediakan layanan internet banking pada tahun 1998. Pada tahun 2003 BII menjadi bank lokal pertama yang menyediakan layanan setoran tunai melalui CDM (Cash Deposit Machine). Pada tahun 2011 BII meluncurkan BII Mobile Banking dengan platform terkini dan meluncurkan BII Mobile Banking berbasis SMS dengan metode enkripsi pada tahun 2013.

Untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup dari nasabah,  BII Maybank telah mengembangkan aplikasi mobile banking (m-banking) berbasis internet dalam platform Android dan iOS (Apple) dengan nama BII Maybank2u pada tahun 2015 ini. Dalam event yang dikemas dalam talkshow spektakuler yang bertemakan “Mobile Banking Landscape & the New BII Mobile Banking“ pada 14 September 2015 lalu di Midtown Bistro & Lounge SCBD Jakarta Selatan, BII Maybank2u resmi diluncurkan secara istimewa dengan hadirnya 50 Kompasianer (blogger Kompasiana) dan puluhan para rekan media ekonomi/keuangan.

Dalam talkshow tersebut dipandu oleh John Patrick (JP) Ellis (CEO Compare88 Group - Cekaja.com) yang bertindak sebagai moderator sekaligus salah satu pembicara. Pembicara lainnya sebagai narasumber adalah Hansal Savla (Senior Director Taylor Nelson Sofres (TNS) Indonesia ), Stefanus Willy Sukianto (Head of Consumer Strategy, Wealth Management, Segment Strategy & e-Channel BII Maybank) , Gusnawan Tjan ( Head of e-Channel BII Maybank). Sementara MC yang memandu setiap sesi acara adalah Mbak Citra Agnesia.

JP Ellis menjelaskan bahwa saat ini akses utama inteernet adalah ponsel. Orang mencari teman-teman saat keluar rumah, kembali ke dalam rumah mencari teman-teman melalui Facebook. Selain itu aktivitas belanja, transportasi (seperti ojek) hingga perbankan telah memakai mobile apps. Teknologi perbankan dalam mendukung layanannya tentu saja dibutuhkan aplikasi yang perlu terus disesuaikan perkembangan jaman.

Salah satu bank yang mengerti akan kebutuhan nasabah dan trend teknologi jasa finansial adalah BII MayBank, dimana telah berpartner secara kuat bersama Cekaja.com (Compare88 Group) dalam pengembangan aplikasi teknologi perbankan. Cekaja.com merupakan bagian dari Compare88 Group (perusahaan e-commerce keuangan terkemuka dan terdepan di Asia Tenggara) dan merupakan anggota Asosiasi Penyelenggara Teknologi Jasa Finansial (FinTech) Indonesia.

Cekaja.com menyediakan layanan informasi perbankan dan menjadi perbandingan yang netral terpercaya dalam pengambilan keputusan finansial yang cerdas. Kita dapat mencari produk perbankan dengan promo menarik seperti asuransi, deposito, kartu kredit, tabungan/giro, pinjaman KTA/KPR, hingga layanan keuangan syariah. Tersedia konsultasi gratis interaktif mengenai layanan asuransi dan perbankan melalui call center, forum tanya ahli, forum finansial, ruang OJK. Selain itu terdapat pula fasilitas kalkulator untuk simulasi kredit UKM, KPR maupun kredit lainnya.

 

Hansal Savla memaparkan "Mobile Banking Landscape in Indonesia". Masyarakat mengalami perubahan kebiasaan yang besar dalam saling berinteraksi. Dahulu dalam menikmati media televisi baik dalam menonton hiburan film maupun berita, satu keluarga duduk bersama menonton televisi. Saat ini meskipun sebuah keluarga duduk bersama menonton televisi di ruang keluarga, namun setiap anggota keluarga sangat sibuk dengan gadget yang berada dalam genggamannya masing-masing. Gadget dapat berupa handphone, smartphone, tablet maupun laptop. Penggunaan internet telah membuat mereka semua telah terkoneksi dengan seluruh jejaringnya di seluruh dunia. Tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 37% dimana cara aksesnya 90% dengan menggunakan ponsel/handphone (mobile phone). Perangkat ponsel merupakan perangkat yang wajib dimiliki dan ada semacam keharusan melakukan penggantian perangkat terbaru ketika inovasi perangkat terbaru diperkenalkan oleh produsen. Ini karena ada anggapan/persepsi banyak masyarakat Indonesia bahwa inovasi teknologi terbaru akan selalu lebih baik dari versi para pendahulunya. Maka dari itu Indonesia merupakan salah satu pusat pemasaran yang sangat menarik bagi berbagai produsen gadget seluruh dunia. Para pengguna ponsel saat ini telah terkoneksi secara digital ke internet. Dari 100 responden remaja diketahui 65% telah akses internet, 60% akses internet lewat ponsel, 50% telah memiliki smartphone dan 75% memiliki ponsel yang terkoneksi dengan internet. 

Rata-rata angka kepemilikan gadget secara global: smartphone 72%, desktop 52%, laptop 51% dan tablet 26%. Pada pasar Amerika Utara: 72% laptop, 64% smartphone dan 60% desktop. Pada pasar Eropa Utara dan Barat: 76% laptop, 71% smartphone, 50% desktop. Sementara pasar Asia adalah laptop 41%, desktop 49% dan smartphone 76%. Kita akan hidup dalam 24 jam 7 hari dalam seminggu  dengan dunia yang terkoneksi secara digital. Faktor pendapatan yang mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dan peningkatan luar biasa angka wanita karir serta penetrasi smarphone dengan penggunaan data berkecepatan tinggi 4G, akan membuat Digital Connectivity pada tahun 2020/2025.   

Secara global penggunaan mobile banking diperkirakan 28% (Indonesia 11%, tahun lalu 4%) dengan apps untuk pembayaran online dan cek rekening bank, dimana aktivitas perbankan tersebut menggunakan ponsel. Pasar Asia Pasifik sangat menarik dan memberikan keuntungan bagi mobile banking dengan pengguna usia muda yang menjadi target pasar. Mobile banking mampu mengubah orientasi penggunaan perangkat komputer pribadi (Personal Computer), dan menjadi media utama interaksi online-banking di Indonesia khususnya pelanggan/nasabah berusia muda. Aktivitas pengguna mobile-banking yang tidak terbatas dan banyak ragam pengelolaan keuangan pribadi dan investasi. Aktivitas mobile banking di Indonesia mencakup transfer uang ke rekening seseorang mencapai 56%, transfer uang antara rekening bank dan ponsel 31%, notifikasi kartu kredit perbankan 29%, membaca informasi rekening bank 27%, sms banking 17%, pengelolaan portofolio saham 8%.

Masalah kemudahan dan kenyamanan menjadi kebutuhan utama secara global dari mobile banking, dimana dilakukan tanpa formulir, tanpa antrian dan cepat. Persepsi keamanan menjadi hal utama di Indonesia dan Asia dibandingkan dengan pasar global. Penggunaan ponsel sebagai mobile wallet secara global 20% ( Indonesia 8% - tahun lalu 3%), untuk pembayaran transaksi pembelian produk dan jasa layanan melalui sms, program apps pada ponsel. Riset mengenai layanan keuangan dan perbankan dilakukan secara online dan dilakukan dengan ponsel cerdas. Potensi pertumbuhan mobile wallet yang sangat kuat tersedia di pasar karena layanan dan dukungan infrastruktur. Kemudahan dan kenyamanan mobile walllet menjadi daya tarik pasar karena adanya perhatian pada masalah keamanan yaitu tidak perlu membawa uang tunai. Konsumen menggunakan mobile wallet karena sebagai solusi jika merasa lebiah mudah dan nyaman dibandingkan penggunaan transaksi tunai maupun kartu alternatif.  Selain itu adanya penghematan waktu belanja, penghematan adanya penawaran promosi seperti adanya diskon dan pengalaman penggunaan transaksi yang cepat mudah dari perangkat gadget mereka. 

Kemudian Hansal memberikan beberapa contoh aplikasi mobile banking maupun mobile payment . Aplikasi mobile banking The La Caixa yang meraih "Best overall mobile banking app" dalam Mobile Banking Award 2012, menawarkan nasabah pengalaman yang komplet diantaranya pembelian tiket event bioskop, fitur augmented reality dalam pencarian cabang maupun ATM terdekat dengan aplikasi yang menghibur dan menyenangkan. App tersedia dalam semua platform OS utama dengan melayani satu juta nasabah dan enam juta transaksi per bulan.

Aplikasi  mobile bill payment US Bank yang menggunakan mobile touchpoints, mampu mengurangi kepadatan panggilan call center dan penghematan operasional customer service. 

Sementara aplikasi iPhone Starbucks Coffee memiliki fasilitas mobile payment yang tidak perlu menggunakan pembayaran tunai, adanya /munculnya penanda (alert) lokasi outlet terdekat ketika pelanggan berada di dekat salah satu outlet yang sangat menghemat waktu pencarian outlet. Fasilitas yang dapat melakukan pemesanan sebelum pelanggan tiba di outlet yang dapat mengurangi antrian panjang. Point loyalitas yang menguntungkan tanpa kartu tambahan yang di-dip.  Saat ini telah tujuh juta pengguna apps telah menggunakannya, dengan transaksi pembayaran mencapai 2,1 juta setiap minggunya.

Faktor yang sangat dibutuhkan menjaga dan membangun sebuah brand dalam lingkaran kepercayaan konsumen di mobile commerce adalah kemudahan & kenyamanan (dapat melakukan transaksi mobile banking dimanapun dengan cepat tanpa perlu antri/ menunggu waktu lama), kebebasan (dapat mengakses rekening secara detail tanpa perlu menggunakan komputer), relevan (solusi mobile banking sesuai dengan kapabilitas perangkat ponsel), pengalaman (adanya perasaan berkesan yang "nancep" di hati ketika melakukan transaksi layanan perbankan bergerak dan tanpa keruwetan lamanya waktu tunggu) dan rasa tentram ( layanan jasa mobile finance haruslah memiliki kestabilan dan tingkat keamanan pada platform yang digunakan pada perangkat konsumen pengguna).

Kapabilitas yang unik dari mobile apps dapat menjadi jembatan antara sistem online dan offline dimana menawarkan kesempatan yang sesuai keinginan konsumen. Mobile apps akan menjadi brand building, dimana akan menjadi jalan baru bagi peningkatan proposisi merek.  Akan menjadi brand activation, dimana menawarkan banyaknya kesempatan yang merubah konsumen dalam mengambil eksekusi keputusan. Akan menjadi customer experience, dimana memberikan perluasan & mengembangkan item layanan atau pengembangan layanan baru secara keseluruhan.

 

Stefanus Willy Sukianto memaparkan mengenai Indonesia yang sedang menuju era digitalisasi dengan perkembangan pesat pengguna internet dan pemakaian telepon genggam pintar (smartphone). BII Maybank yang mengerti kebutuhan dari nasabah serta trend yang sedang berkembang dalam mendukung kebutuhan nasabah, telah mampu menjawab ekspetasi nasabah dalam layanan keuangan digital dari masa ke masa.  

Jumlah ponsel yang beredar saat ini melebihi dari jumlah penduduk. Transaksi perbankan saat ini telah menggunakan bukan hanya ponsel manual tapi juga smartphone. Penetrasi smartphone saat ini tidak hanya berhubungan dengan transaksi, tapi juga dengan gaya hidup (lifestyle). Ini disebabkan trend transaksi mobile banking yang memberi kebebasan bertransaksi dimanapun. Pengguna smartphone yang mengakses layanan internet banking, 30% menggunakan aplikasi mobile banking dan 15% melalui website. 

BII Maybank merupakan bank pertama yang meluncurkan internet banking pada tahun 1998. Bank akan fokus pada teknologi digitalisasi, dimana tidak akan membuka banyak cabang. Tagline 'Ayo ke Bank' mungkin akan berubah menjadi 'Ayo menggunakan mobile banking'. Ini dapat terlihat pada era 1990-an bank berlomba-lomba berekspansi membuka cabang. Era tahun 2000-an ATM bank menjamur dimana-mana. Era 2010 keatas dimulai layanan transaksi elektronik seperti e-money, e-cash, e-wallet. Pada tahun 2011 BII Maybank memperkenalkan UMB (USSD Menu Browser) Banking dengan akses *141# yang dapat diakses oleh ponsel standar. Pada tahun 2013 BII Maybank kembali meluncurkan mobile banking yang berbasis SMS dengan metode enkripsi. 

Perbankan adopsi single channel karena nasabah datang ke kantor cabang untuk bertransaksi. Kemudian menjadi multichannel karena bank membuka layanan customer service dan konten website. Lalu cross-channel dengan adanya fasilitas ATM. Akhirnya omnichannel yang menginginkan customer experience dimana data ter-capture melalui ponsel, smartphone, iPad, PC/desktop.

Saat ini nasabah hanya memiliki waktu yang sedikit untuk berkunjung ke cabang. Maka mereka membutuhkan layanan mobile banking dengan akses 24 jam 7 hari seminggu kapanpun dan dimanapun. Adanya keraguan nasabah ketika pertama kali menggunakan mobile banking, maka dibutuhkan apps yang aman, mudah dan nyaman. Akhirnya nasabah juga menginginkan apps dapat digunakan untuk mengakses rekening melalui perangkat gadget seperti komputer, smatphone, ipad. Tentu saja dengan single access mobile banking semua rekening (tabungan/giro, deposito, kartu kredit, pinjaman KPR/KTA) dapat dilakukan transaksi hanya melalui genggaman tangan. 

Keunggulan apa saja yang ditawarkan mobile banking dari BII Maybank?  Manfaat yang dirasakan nasabah, mengerti kebutuhan nasabah, fokus pada pengembangan dan perluasan jangkauan produk, merupakan hal utama yang menjadi perhatian BII Maybank akan layanan mobile banking yang handal. Setiap nasabah akan memperoleh manfaat yang berkesan sesuai dengan segmentasi. Perubahan kebutuhan nasabah yang dinamis termasuk kebutuhan akan gaya hidup, BII Maybank merespon dengan jangkauan layanan produk pada kebutuhan setiap segmentasi. Fokus pengembangan dan peningkatan kapabilitas produk yang berbasis pada kebutuhan pengguna dan nasabah. 

Teknologi mobile banking BII Maybank UMB *141# diperuntukan untuk pengguna/ nasabah tingkat dasar (entry level), dimana dapat digunakan dengan memakai perangkat ponsel yang standar dengan biaya rendah & terjangkau serta koneksi jaringan yang handal. Sementara aplikasi mobile banking BII Maybank yang berbasis SMS (short message service) diperuntukan untuk pengguna entry level hingga middle level, dimana sangat simpel dan mudah digunakan dengan koneksi jaringan yang handal serta dapat digunakan menggunakan semua jenis smartphone. 

 Di tahun 2015 ini BII Maybank kembali berinovasi dengan layanan mobile banking terbaru yang bernama BII MayBank2u Apps. Kira-kira manfaat apa saja yang dapat diperoleh dan apa saja yang dapat dilakukan dengan BII Maybank2u ? 

BII Maybank2u merupakan aplikasi mobile banking yang berbasis internet dengan berkapabilitas tinggi dan memiliki fungsi yang sangat menunjang efisiensi aktivitas dan kebutuhan gaya hidup nasabah. Aplikasi dapat dipakai pada perangkat smartphone iPhone dan berbasis Android. 

Keunggulan utama yang ditawarkan BII Maybank2u adalah cepat (fast), handal (powerful) dan mendukung gaya hidup (lifestyle). Smartphone yang selalu siap tersambung dengan koneksi data internet ketika aplikasi BII Maybank2u digunakan. Hanya dengan penggunaan satu aplikasi nasabah dapat melakukan pengelolaan seluruh portofolio rekeningnya mulai dari CASA, Deposito Berjangka, Kartu Kredit hingga pinjaman berupa KPR / KTA. Dengan dukungan teknologi augmented reality, nasabah akan mudah untuk pencarian lokasi kantor cabang dan ATM terdekat dari posisi nasabah saat itu. Selain itu akan mengetahui lokasi dan info promosi dari para tenant yang telah bekerjasama dengan BII Maybank seperti diskon menarik, lokasi SPBU terdekat. Aplikasi BII Maybank2u juga terkoneksi dengan jejaring media sosial Facebook dan Twitter. Ini tentu akan sangat mendukung dan menunjang kebutuhan gaya hidup nasabah. 

Keandalan BII Maybank2u tersebut diperlengkapi sistem pengamanan berlapis yang akan memberikan rasa aman dan tentram bagi nasabah. Ini tentu akan membuat nasabah merasa diberikan kemudahan dan kenyamanan melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. 

Catatan mengenai transaksi CASA dapat dilihat sejarahnya hingga tiga bulan lalu dan transaksi kartu kredit hingga sehari sebelumnya. Transfer dana yang fleksibel dimana notifikasi langsung diterima penerima pada saat itu juga dan jadwal transfer dapat diatur waktunya apakah ingin harian, mingguan, bulanan maupun tanggal tertentu saja. Pengaturan jadwal ini misalnya orangtua yang memberikan uang saku anaknya yang kuliah di luar kota, anak yang mengirim uang bulanan kepada orangtuanya maupun seseorang yang dermawan dengan donasi rutin pada yayasan / lembaga sosial. Selain itu nasabah dapat melakukan pembayaran tagihan pribadi dan melakukan pengisian ulang pulsa prabayar seluruh operator telekomunikasi.  

Setelah acara talkshow dari tiga pembicara  yang spektakuler berakhir, kemudian dilakukan launching BII Maybank2u Apps secara resmi oleh Stefanus Willy Sukianto, Gusnawan Tjan, Hevi Angweita (Head of Liabilities BII Maybank) dan Lani Darmawan ( Direktur Perbankan Ritel BII Maybank).

 "Kehadiran BII Maybank2u dengan berbagai fitur unggulan yang memberikan manfaat lebih kepada nasabah selaras dengan misi humanising financial services, khususnya dalam menyediakan kenyamanan dalam mengakses layanan dan produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan dan mobilitas nasabah," kata Lani Darmawan.

"BII Maybank2u merupakan internet banking dalam genggaman yang mendukung mobilitas nasabah untuk melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun," jelas Stefanus Willy Sukianto.

 

 

Setelah dilakukan peluncuran BII Maybank2u secara resmi, maka kemudian dilakukan live demo BII Maybank2u yang dibawakan langsung oleh Gusnawan Tjan. 

Apakah kita membutuhkan mobile banking ? Kadangkala pertanyaan ini diungkapkan karena adanya keraguan apakah memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan adakah manfaat yang lebih dibandingkan teknologi yang lain. Tentu saja jawabannya adalah "Ya", karena adanya fasilitas kemudahan dan kenyamanan untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun. BII Maybank telah memperkenalkan cara baru bertransaksi yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi mobile banking terbarunya berbasis internet yaitu BII MayBank2u Apps yang tersedia dalam platform iOS dan Android. 

Nasabah hanya akan memiliki satu identitas pengguna (user-ID) dimana dapat dipakai untuk mengakses BII Internet Banking dan BII Maybank2u Apps. Selain itu nasabah akan dibekali SMS token yang berupa TAC (Transaction Authorization Code)/ kode konfirmasi yang diacak secara spesifik setiap kali melakukan transaksi, dimana kode konfirmasi selalu dikirim ke nomor ponsel nasabah. 

Ketika nasabah hendak melakukan login / akses masuk, tentu saja telah mengetahui username dan password. Selain itu juga dibekali kode konfirmasi pada SMS Token. Kedua pengaman dalam proses akses masuk ke Apps belum tentu menjamin keamanan. Disini biasanya para hacker akan memanfaatkan celah dengan membawa nasabah ke link yang sangat mirip dengan aplikasi bank. Inilah yang menjadi perhatian dan salah satu keunggulan utama BII Maybank2u Apps dengan tambahan fitur pengamanan yang berlapis.

Setelah proses akses masuk (login) maka akan data akan ter-enkripsi sangat kuat dan munculah proses verifikasi yang otentik (host authentication) dengan gambar pilihan/favorit (misalkan foto hewan peliharaan kesayangan) dan frasa pilihan/favorit (berupa beberapa kata atau kalimat). Apabila gambar (image) dan frasa (image phrase) yang muncul bukan milik nasabah,  maka akses link dipastikan palsu/abal-abal dan bukanlah dari sistem bank. Maka segera hentikan proses akses masuk.

Gusnawan ingin mendemokan cara transaksi transfer uang. Satu orang jurnalis bersedia menjadi sukarelawan untuk tantangan transfer uang ke rekening Gusnawan Tjan dengan fasilitas mobile banking. Namun ternyata Gusnawan sendiri yang melakukan transfer uang sebesar Rp. 149.015,- ke rekening sang jurnalis. Transfer dari rekening Gusnawan di BII Maybank ke rekening sang jurnalis di bank swasta tetangga warna biru, dengan sentuhan jari dalam waktu kurang dari satu menit (dihitung sejak perintah pengiriman transaksi seusai pengetikan data rekening penerima) telah terkirim termasuk notifikasi ke nomor ponsel dan e-mail sang jurnalis. 

Demo BII Maybank2u juga memperlihatkan catatan atau sejarah transaksi hingga tiga bulan terakhir (tampilan maksimal adalah 20 transaksi terakhir). Untuk transaksi kartu kredit ditampilkan hingga satu hari terakhir. Gusnawan sempat kuatir ibunya anak-anak akan melakukan transaksi produk premium harga selangit dengan kartu kredit. Ternyata dalam tampilan terlihat hanya belanja rutin bulanan di supermarket buah. 

Ternyata apabila dalam rekening tabungan ada dana lebih yang menganggur, maka dapat dilakukan pembukaan deposito berjangka hanya dengan sentuhan jari. 

Untuk transfer dana terdapat fitur future date dan recurring transaction,  dimana transfer dana dapat dilakukan berulang kali secara otomatis dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ini biasanya dilakukan oleh para orangtua yang mengirim dana bulanan anaknya yang menempuh pendidikan di luar kota. Ini juga dilakukan nasabah yang ingin berdonasi secara rutin ke yayasan/lembaga sosial. 

Dengan dukungan teknologi augmented reality, nasabah akan mudah untuk pencarian lokasi kantor cabang dan ATM terdekat dari posisi nasabah saat itu. Selain itu akan mengetahui lokasi dan info promosi dari para tenant yang telah bekerjasama dengan BII Maybank seperti diskon menarik, lokasi SPBU terdekat. Aplikasi BII Maybank2u juga terkoneksi dengan jejaring media sosial Facebook dan Twitter. Ini tentu akan sangat mendukung dan menunjang kebutuhan gaya hidup nasabah. 

Proses transfer dana melalui RTGS, SKN dan realtime online (via jaringan ATM Bersama, Prima/BCA, ALTO).

Terdapat juga informasi kurs valuta asing dan kalkulator untuk simulasi pinjaman KPR. Fasilitas BII Maybank2u bebas biaya registrasi dan administrasi. Biaya hanya dibebankan pada jenis transaksi tertentu (RTGS, kliring, kiriman uang dalam valuta asing). 

Aplikasi BII Maybank2u dapat diunduh (download) di Google PlayStore dan iOS AppStore. Satu aplikasi dapat mengakses semua rekening tabungan, giro, deposito, kartu kredit, KPR dan KTA. Pengelolaan semua portofolio rekening dan berbagai transaksi perbankan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

.

 

Setelah selesai acara talkshow, peluncuran BII Maybank2u Apps dan live demo BII MaybanK2u Apps, maka saatnya doorprize enam buah smartphone untuk para undangan media ekonomi/keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan jamuan santap siang untuk seluruh undangan media dan undangan internal BII Maybank . Tampak dalam foto di bawah ini suasana santap siang dan sekaligus dimanfaatkan beberapa rekan media untuk wawancara khusus dengan para direksi dan manajer BII Maybank untuk menggali informasi tambahan mengenai produk BII Maybank2u dan strategi kedepan dari BII Maybank.

 

Bersambung (to be continued)

 

 

Artikel terkait (SAMBUNGAN) berikutnya:

Saatnya Perbankan Dalam Genggaman Kapanpun dan Dimanapun Bersama BII Maybank2u Apps [2]

 

 

 

#BIIMayBank2u #MobileBanking

Keterangan : semua foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun