Mohon tunggu...
Prastanti Septiana Wati
Prastanti Septiana Wati Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Komunikasi Politik - 5A2 - Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bentuk Kampanye Politik Prabowo Subianto Melalui Pertemuan Tatap Muka Menjelang Pilpres 2024

28 Desember 2023   10:24 Diperbarui: 28 Desember 2023   10:39 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Prastanti Septiana Wati - 202110415145

Dosen Pengampu Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom

Abstrak 

Pada kampanye politik saat ini telah mengalami perkembangan terhadap kemajuan teknologi media komunikasi. Keunggulan media baru telah memberikan informasi dan penayangan yang dapat dijangkau luas dan diakses seluruh audiens dimanapun berada. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui kampanye politik yang digunakan pada Capres 2024 Bapak Prabowo Subianto dalam melakukan pertemuan tatap muka ke masyarakat. Peneliti menggunakan metode Kualitatif dengan teknik Observasi secara tidak langsung dengan menggunakan media internet untuk melihat bentuk kampaye politik yang dilakukan oleh Capres Prabowo Subianto. Hasil dari artikel ini adalah penulis dapat mengetahui strategi kampanye politik yang dilakukan oleh Bapak Prabowo Subianto untuk memberikan citra politiknya, manfaat yang baik untuk menarik simpati masyarakat, serta mengetahui mengatasi persoalan yang ada.

Kata kunci: Kampanye, Pertemuan Tatap Muka, Media Sosial

Latar Belakang

Kampanye merupakan kegiatan peserta pemilu yang bertujuan untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program peserta pemilu. Kampanye adalah sebuah istilah yang digunakan pada saat pemilu dan menekankan manfaat program peserta pemilu. Peserta Pemilu atau pihak lain yang ditugaskan oleh peserta Pemilu untuk meyakinkan Pemilih dengan memaparkan visi, misi, program, dan citra diri peserta Pemilu. Dalam  kampanye pemilu, juru kampanye mempunyai hak untuk meyakinkan pemilih dengan visi, misi, dan programnya

Salah satu strategi kampanye yang digunakan oleh para bakal calon presiden untuk mewujudkan visi misi serta menggalang dukungan dari seluruh masyarakat yang sudah diatur dalam Menurut pasal 275 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum adalah seperti terjun langsung atau blusukan ke masyarakat dengan pertemuan secara tatap muka

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto yang dicalonkan sebagai Calon Presiden 2024-2029 merupakan salah satu tokoh politisi, pengusaha dan perwira tinggi militer Indonesia. Pada karir militernya, beliau pernah menjadi TNI Angkatan Darat dan Komandan Jenderal Kopassus. Pada karis bisnisnya, Prabowo Subianto memiliki dan memimpin 27 perusahaan di Indonesia dan diluar negeri. Seperti PT Tidar Kerinci Agung minyak kelapa sawit, PT Nusantara Energy bidang (migas, pertambangan, pertanian, kehutanan, dan pulp), PT Jaladri Nusantara bidang perikanan. Sedangkan pada karir politiknya, Prabowo Subianto berawal dari mencalonkan sebagai bakal calon presiden indonesia dari partai Golkar tahun 2004. Pada partai gerindra beliau menjabat sebagai ketua dewan pembina, lalu pernah dicalonkan sebagai bakal calon presiden dari Megawati pada tahun 2014 namun kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan M. Yusuf Kalla.

Dengan pemilihan kampanye secara langsung ke masyarakat yaitu sebagai bentuk dukungan untuk pemilihan presiden 2024 menarik perhatian penulis untuk mengkaji lebih dalam bagaimana kampanye politik Prabowo Subianto yang dilakukan sehingga dapat menarik perhatian khalayak banyak. Artikel ini membahas mengenai kampanye politik Prabowo Subianto dengan strategi pertemuan secara tatap muka pada masyarakat indonesia menjelang Pilpres tahun 2024

Tinjauan Pustaka

Kampanye merupakan sebuah gerakan atau kegiatan yang dilakukan sebuah organisasi politik atau calon yang bersaing untuk memperebutkan kedudukan dalam parlemen dan sebagainya untuk mendapat dukungan massa pemilih dalam suatu pemungutan suara. Menurut Rajasundarman 1981 menjelaskan bahwa kampanye sebagai pemanfaatan berbagai strategi komunikasi yang berbeda secara terkoordinasi dalam periode tertentu yang ditunjukkan untuk mengarahkan khalayak pada masalah tertentu.

Metode kampanye dengan pertemuan tatap muka secara umum dapat dilaksanakan diluar ruangan dalam bentuk kegiatan kunjungan-kunjungan ke tempat umum bahkan ke warga atau masyarakat disuatu wilayah. Dengan strategi ini juga para petugas kampanye pertemuan tatap muka dapat memasang alat peraga kampanye pada tempat pertemuannya.

Menurut Dave Kerpen 2011 media sosial merupakan suatu kumpulan gambar, vide, tulisan, hingga hubungan interaksi dalam jaringan baik individu maupun kelompok organisasi. Media sosial memiliki manfaat bagi penggunanya untuk mencari informasi dan memudahkan untuk menjakau lebih banyak orang.

Rogers dan Storey mengatakan kampanye merupakan serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan untuk menciptkana efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Hal terpenting dalam kampanye politik adalah pesan kandidat setiap orang berusaha menyumbangkan topik atau tema  tertentu kepada masyarakat. Beberapa dari kita mungkin lebih familiar dengan komitmen politik. Hal ini merupakan bagian dari pesan gerakan politik. Kampanye yang berkaitan dengan pemilu sampai pilpres merupakan wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara tanggung jawab. Prindip yang harus diterapkan dalam pelaksanaan kampanye adalah mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, kepentingan umum, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, efisien, dan aksesibilitas.

Metode 

Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan teknik Observasi Secara Tidak Langsung. Menurut Cresswel (2016:4) metode penelitian kualitatif merupakan metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Kelebihan dari metode observasi tidak langsung adalah dapat melakukan tanpa mempengaruhi atau mengubah perilaku subjek atau objek yang mengamati. Selain itu, observasi tidak langsung juga dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu berinteraksi langsung dengan subjek atau objek yang diamati.

Observasi tidak langsung merupakan kegiatan pengamatan yang tidak dilakukan pada tempat atau lokasi yang telah ditentukan penulis. Penulis menggunakan media seperti internet, dokumen, foto, dan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang memiliki latar permasalahan yang sama dengan yang akan diteliti. Penulis melakukan observasi secara tidak langsung dengan memanfaatkan internet dan media sosial untuk mendapatkan berita akurat sesuai dengan judul yang diteliti.

Hasil dan Pembahasan

Capres 2024 Prabowo Subianto menetapkan pada masa kampanye yang ditelah ditentukan dengan berkunjung ke daerah-daerah guna untuk melihat kondisi dan juga mencari suara untuk mendukung pada pemilihan Presiden yang akan diadakan pada 14 Februari 2024. Dengan penetapan yang dikeluarkan oleh KPU terkait kampanye pada peraturan komisi pemilihan umum Nomor 15 tahun 2023 masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Dalam pidatonya pada 15 Agustus 2023 di Hotel Bidakara Jakarta beliau mengungkapkan bahwa telah menyiapkan tim yang terdiri dari anak bangsa terbaik yang telah ahli dibidangnya untuk bersama-sama bergabung dalam kelompok kerja transformasi bangsa. Dengan begitu beliau sangat yakin bahwa anak bangsa dapat mengatasi berbagai persoalan yang terjadi khususnya diindonesia. Transformasi bangsa menuju indonesia emas disebut sebagai gagasan dalam mempersiapkan generasi muda indonesia yang berkualitas, berkompeten, dan mempunyai daya saing tinggi.

Pertemuan tatap muka yang digunakan saat kampanye guna untuk mengundang masyarakat, peserta pemilu wajib mengikuti setiap proses mekanismenya dengan menyampaikan dokumen pemberitahuan tertulis yang dimulai dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, KPU, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum. Tentunya sebelum melakukan sebuah kampanye terlebih dahulu mempersiapkan langkah agar kampanye yang dilakukan dapat sukses dan mendapat efek positifnya, seperti: menentukan sasaran yang tepat, memilih jenis kampanye, menetapkan anggaran, pilih penargetan, dan membuat grup iklan.

Pada gaya kampanye Prabowo Subianto dilihat memiliki perubahan dalam gaya kampanye dibandingkan pada saat tahun 2019. Beliau yang dikenal lebih tegas, berani, gagah dan tak takut dengan siapapun berubah, saat ini beliau lebih kalem, lucu, dan rileks. Jika dilihat dari rebranding media sosial Partai Gerindra juga tampak bukan seperti partai yang kaku bahkan mulai menunjukkan kelunakannya dengan berinteraksi dengan warganet di media sosial dengan menggunakan bahasa gaul yang digunakan oleh Gen Z. Dengan gaya kampanye politainment sebagaimana strategi yang lebih santai dan sederhana guna untuk mendapat dukungan dari generasi muda. Karena mayoritas penyumbang suara terbesar di pilpres 2024 berasal dari kalangan millenial dan gen z.

Terkait strategi yang digunakan oleh penulis dalam mengkaji judul yang dipilih yaitu dengan observasi secara tidak langsung menggunakan media internet dan media sosial sebagai bahan informasi dan pembentukan artikel ini. Kampanye yang dilakukan oleh Prabowo Subianto dengan melakukan blusukan saat berkunjung ke berbagai daerah pada tanggal dan tujuan yang sudah ditentukan tersebut memberikan efek positif bagi para pendukungnya di masyarakat setempat yang ia kunjungi. Beberapa kunjungan yang dilakukan oleh Prabowo Subianto: Menurut Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo Gibran (Nusron Wahid) bahwa Prabowo tidak mengambil cuti dan tidak melakukan kampanye langsung pada hari selasa. Beberapa kampanye Prabowo yaitu: Mengunjungi Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf untuk bersholawat agar masa kampanye dapat berjalan damai dan lancar (27 November 2023),  Bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor beserta Menteri dalam Negeri (Tito Karnavian), Luar Negeri (Retno Marsudi), Menteri ESDM (Arifin Tasrif) dan Menteri PPN/Bappenas (Suharso Monoarfa). Pertemuan ini hanya berlangsung selama dua jam (28 November 2023), Kegiatan silahturahmi disejumlah pondok pesantren dan bertemu kyai dan tokoh besar di Banten, Blusukan ke pasar-pasar di Sumatera Barat dilanjut menghadiri acara di Semarang (9 Desember 2023), Acara konsolidasi pemenangan di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor (10 Desember 2023), Menghadiri acara makan besar dengan konten kreator Bobon Santoso dan Konco Prabowo (Kopra) pukul 13.00 di Cilincing Jakarta Utara, dan menghadiri acara deklarasi dukungan Prabowo-Gibran oleh Relawan Pedagang Indonesia Maju (RAPIM) pukul 15.00 di Djakarta Theater (8 Desember 2023), Menghadiri rapat koordinasi Nasional Gerindra pada Jumat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pukul 13.00. Tentu kegiatan ini yang menjadi hal yang wajib karena beliau juga masih dalam rangka menjalani pekerjaannya dengan melakukan kunjungan-kunjungan dan rapat pada tiap organisasi.

Kesimpulan 

Prabowo Subianto memiliki citra dan gagasan yang besar untuk memperkuat visi misi dan program untuk pilpres 2024. Dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh bakal calon Presiden 2024 ini sudah cukup baik dan maksimal namun belum pada tahap sempurna. Kampanye Prabowo Subianto yang dilakukan sebelum masa Pemilihan Presiden ini kenyataannya memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang dilihat dari Lembaga Indostrategi Research and Consulting merilis hasil survei terbaru bahwa masih dalam tingkat tertinggi kepercayaan publik dengan perolehan presentase 32,9 persen dibandingkan calon lainnya. Alasan ini karena nama Prabowo Subianto masih memiliki kesempatan besar dalam urutan pertama berkat adanya Joko Widodo. Sebagai komunikator politik harus memiliki kemampuan dalam menyampaikan visi misi dan programnya dengan baik kepada seluruh masyarakat luas. Mempersiapkan strategi kampanye politik yang baik merupakan hal yang wajib bagi setiap calon karena dapat memberikan proses yang lebih terjamin.

Kampanye Prabowo Subianto dengan melakukan blusukan dan menghadiri para undangan  dapat memberikan cara yang tepat untuk memperluas audiens dan memberitahu sebanyak mungkin tentang diri pribadinya. Seperti yang dikenal dengan tegas dan selalu merakyat dengan masyarakatnya. Dengan kampanye tersebut masyarakat indonesia dapat memberikan dampak yang positif terlebih dari kaum gen z dan millenial. Terlebih adanya Transformasi bangsa menuju indonesia emas para millenial dapat menciptakan kreatifitas tinggi untuk terlibat dalam pembangunan bangsa lebih maju. Dengan gaya kampanyenya juga para masyarakat merasa jadi lebih dekat dengan beliau dan mereka mendukung untuk kemenangan pada pemilihan Presiden tahun 2024.

Saran

Pada teknik kampanye yang dilakukan setiap Capres maupun Cawapres harus memenuhi peraturan yang berlaku yang ada pada Komisi Pemilihan Umum. Larangan kampanye seperti pemasangan bahan kampanye pada tempat ibadah, rumah sakit, tempat pendidikan, jalan bebas hambatan, taman dan pepohonan. Ini memastikan bahwa kampanye tidak mengganggu aktivitas masyarakat dan lingkungan. Kampanye secara tatap muka dengan masyarakat bukan semata-mata milik perorangan, tetapi siapapun dapat melakukannya terutama pada Capres dan Cawapres untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dan melihat kegiatan apa saja yang dilakukan oleh masyarakat. Terkait seluruh program kerja yang dibentuk oleh para bacapres dan bacawapres juga harus sesuai dengan apa yang dilakukannya dilapangan. Penulis dalam meneliti dan menulis artikel ini harus sesuai dengan fakta dan jelas sesuai informasi yang ada.

Daftar Pustaka

12 Oktober 2023. Mekanisme Kampanye Pemilu 2024. https://kipaceh.kpu.go.id/berita/baca/7868/mekanisme-kampanye-pemilu-2024#

30 November 2023. Agenda Kampanye Prabowo-Gibran masih dimatangkan. https://www.kompas.id/baca/polhuk/2023/11/29/belum-selesai-agenda-kampanye-prabowo-gibran-masih-dimatangkan. Diakses pada 9 Desember 2023

Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1), 5-16.

Hermawan, I. C. (2020). Implementasi Pendidikan Politik Pada Partai Politik di Indonesia. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 10(1).

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun