Mohon tunggu...
Prasasti WahyuAnnafsi
Prasasti WahyuAnnafsi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

saya mahasiswa Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Menggunakan Kelompok Belajar guna Berhasilnya Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa yang Multikultur

30 Mei 2022   18:57 Diperbarui: 2 Juni 2022   23:57 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang majemuk, hal ini ditandai dengan banyaknya etnis, suku, agama, budaya, istiadat norma, serta kebiasaan. di sisi lain, masyarakat Indonesia sebagai masyarakat multikultular yaitu masyarakat yang latar belakangnya mempunyai budaya yg beragam. 

Meskipun beragam bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan dan bahasa Nasional. Tetapi, tetap saja bahasa Internasional yang harus di pelajari dan di gunakan di Dunia ini adalah bahasa inggris.  

Dalam pengajaran bahasa Internasional atau bahasa Inggris ini di Indonesia  masih banyak di temukan cara mengajar atau penyampaian materi kepada siswa SMP kurang tepat. 

Entah karena guru kurang tau metode penyampaian materi yang baik kepada peserta didik atau siswa yang memiliki berbagai karakter atau kebudayaan masing masih daerah kedaerahan yang di tempatinya dan di bawa hingga kedalam proses pembelajaran yang berlangsung sehingga guru tidak bisa menjelaskan dan menyampaikan materi secara bersama sama di dalam kelas . 

Namun diantara cara pengajaran Bahasa Inggris yang kurang tepat dan tidak sesuai harapan itu karena terhambat oleh beberapa Faktor(Nur FItri Lilatul Hasanah, 2021) . 

Ada faktor yang paling mempengaruhi yaitu Faktor Keluarga terutama orang tua. Dan perhatian dari orang tua yang di berikan biasanya kurang sehingga hal itu yang menjadi permasalahan yang dapat mengurangi dan menghambat tumbunya rasa semangat dalam pembelajaran siswa dan menjadikan pelajaran yang tidak tersampaikan dengan baik.

Penerapan pedidikan multikultural yang integratif dalam pengajaran Bahasa Inggris dapat menggunakan model pembelajaran Berkelompok.pembentukan kelompok dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang efisien dengan membentuk kelompok. kelompok juga bisa diartikan sebagai upaya saling membantu antara dua orang atau lebih, antara individu menggunakan kelompok lainnya pada melaksanakan tugas atau menyelesaikan masalah yg dihadapi dan menggarap banyak sekali program yang bersifat prospektif guna mengwujudkan kemaslahatan dan kesejateraan . 

Dari beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa metode kerja kelompok merupakan aktivitas sekelompok siswa yang saling membantu pada melaksanakan tugas atau menyelesaikan konflik yang dihadapi guna menwujudkan keberhasilan proses pembelajaran.

Sebelum menerapkan metode kerja kelompok harus ada alasan yang mendasar, yaitu:

a.  Pembagian Pekerjaan atau Tugas 

Di dalam kelas guru harus menghadapi siswanya meng memiliki berbagai karakter karena memang mereka memiliki berbagai latar belakang yang sangat multikultur, maka perlu tugas membahas masing-masing persoalan perbedaan yang ada dari diri mereka . Dengan demikian masing-masing siswa akan memiliki Pikiran yang terbuka dalam menerima perbedaan yang ada dalam setiap masing masing dari mereka dan pembelajaran Bahasa Inggris bisa berjalan tanpa adanya Rasisme.

b. Alat Inventaris kelas yang terbatas

Agar penggunaan pemakaiannya bisa lebih merata dan bisa menyeluruh dengan maksimal, maka pengajar harus membagi kelas menjadi beberapa kelompok belajar Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempermudahkan siswa dalam memanfaatkan alat-alat yang terbatas tanpa harus menunggu gilirannya.  

 

c. Minat yang sama

Setiap peserta didik pasti memiki minat yang harus di kembangkan. Hal ini harus disesuaikan dengan pengelompokam teman sekelompok belajarnya agar mereka bisa saling mengembangkan minat mereka bersama sama entah dalam Basic Listening, Basic Reading, Basic Writing atau Basic Speaking.

 

d. Kemampuan menangkap materi tiap Peserta didik

Pembentukan Kelompok Belajar harus menyesuaikan dengan kemampuan memahami materi yang disampaikan pada masing masing Siswa, agar setiap peserta didik bisa belaja sesuai dengan porsi kemempuannya dan tidak minder jika ada teman yang lebih pintar dalam menerima materi.

e. Memperbesar partisipasi siswa

Pengajar harus senantiasa mengupdate atau memperbarui pengetahuan nya dari sifat siswanya yang memiliki berbagai macam karakter atau memiliki sifat yang multikutur sehingga dapat menentukan mana tugas yang dapat di berikan agar Siswa memiliki partisipasi yang besar dalam mengikuti Pembelajaran dan akhirnya dapat memahami pelajaran bahasa inggris yang disampaikan.

 

f. Kerja sama yang efektif

Dalam suatu kelompok belajar yang telah di bagi siswa harus mampu menyesuaikan diri dengan perbedaan Multikultur yang ada dalam tiap Individu . dan menyeimbangkan pendapat atau pikiran untuk kepentingan bersama, agar mereka dapat mencapai tujuan belajar Bahasa Inggris meskipun di tengah perbedaan Multikutur yang ada.

 

   Dari beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa alasan kerja kelompok adalah kegiatan sekelompok siswa harus ada salah satu permasalahan atau penyebab yang menjadikan diadakannya Kelompok belajar. Yang menjadi alasan utama dan menjadi permasalahan utama adalah adanya berbagai siswa yang erasal dari berbagai latar belakang sehingga Siswa memiliki sifat yang Multikultur dan memiliki perbedaan dalam berbagai hal diantaranya Suku, Agama , Ras dan Budaya juga Bisa dipengaruhi oleh Permasalahan yang muncul dari orang tuanya atau di dalam keluarganya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun