Mohon tunggu...
Pramusinta AyuLestari
Pramusinta AyuLestari Mohon Tunggu... Lainnya - Guru Matematika

Mahasiswi PPG Prajabatan 2023

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran di Daerah Khusus dengan Konteks Daerah dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sosial Emosional

13 Mei 2024   09:57 Diperbarui: 13 Mei 2024   10:05 746
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Pembelajaran di daerah khusus memiliki tantangan dan peluang unik yang perlu dipertimbangkan dalam merancang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang efektif. Dalam konteks ini, penting untuk memahami karakteristik daerah khusus, kebutuhan, dan keragaman peserta didik, serta kaitannya dengan pembelajaran sosial emosional.

Pendekatan Pembelajaran

Strategi pembelajaran yang efektif di daeah khusus mencakup :

  • pembelajaran berbasis proyek. strategi ini memungkinkan peserta didik untuk belajar secara aktif dan bermakna dengan menyelesaikan proyek yang relevan dengan kehidupan mereka.
  • pembelajarn kolabiratif. strategi ini mendorong peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama.
  • pembelajaran berbasis pengalaman. strategi ini memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan melakukan dan mengalami langsung apa yang mereka pelajari.
  • pembelajaran berbasis tempat. strategi ini memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar peserta didik.

Metode pemeblajaran

metode pembelajaran yang tepat untuk daerah khusus dapat bervariasi tergantung pada konteks dan kebuthan peserta didik. beberapa metode umum yang biasa digunakan diantara yaitu ceramah, diskusi, demonstrasi, simulasi, dan latihan.

Teknik pembelajaran

teknik pembelajaran untuk daerah khusus dapat bervariasi tergantung pada metode yang digunakan. beberapa teknik umum yang digunakan diantaranya adalah penggunaan media, penggunaan permainan, dan juga penggunaan teknologi.

Pembelajaran sosial emosional (PSE)

PSE sangat penting di daerah khusus karena dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan yang mereka untuk sukses dalam hidup. keterampilan PSE seoerti kesadaran diri, manajemen diri, empati, hubungan, dan pengambilan keputusan dalam membantu peserta didik untuk membangunn hubungan dengan orang lain, mengelola emosi mereka, membuat keputusan yang bertanggung jawab, mengatasi tantangan dan rintangan, dan mencapai tujuan mereka. 

integrasi PSE dalam pendekatan, strategi, metode, dan teknnik pembelajaran .

PSE daoat diintregasikan dalam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembeljaran di daerah khusus dengan berbagai cara. berikut beberapa contohnya:

  • pendekatan pembelajaran berbasis proyek : proyek dapat dirancang untuk membantu peserta didik mengembangkanketerampilan PSE seperti kerja sama, komunikasi, dan pemecahan maslaah.
  • strategi pembelajaran kolaboratif : kegiatan kolaboratif dapat membantu peserta didik mengembangkan keterampilan PSE seperti empati, mendengarkan aktif,  dan mendengarkan orang lain.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun