Mohon tunggu...
Prameswari Safiratuljannah
Prameswari Safiratuljannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penguatan Kompetensi Pengajaran melalui Matakuliah Pengembangan model dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Negeri Malang

14 Desember 2024   07:46 Diperbarui: 14 Desember 2024   08:09 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Ustadz Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd dan Mahasiswa S2 KBA UM

Penguatan Kompetensi Pengajaran melalui Matakuliah Pengembangan Model dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang – Pendidikan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, termasuk dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini terlihat dari inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Program Magister Keguruan Bahasa Arab (MKB Arab) Universitas Negeri Malang (UM) pada mata kuliah inovatif bertajuk Pengembangan Model dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Mata kuliah ini menjadi salah satu unggulan karena memadukan teori pengajaran bahasa dengan teknologi terkini.

Mata kuliah yang diampu oleh Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan memilih, merancang, dan memanfaatkan teknologi pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang relevan dengan kebutuhan zaman. Melalui pendekatan teoretis dan praktis, mahasiswa diajak memahami berbagai model dan strategi pembelajaran, seperti Project-Based Learning, Case Method, STAD (Student Teams Achievement Division) hingga penerapan teknologi mutakhir seperti Computer-Assisted Language Learning (CALL), Blended Learning, dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Foto Bersama Ustadz Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd dan Mahasiswa S2 KBA UM
Foto Bersama Ustadz Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd dan Mahasiswa S2 KBA UM

Pendekatan Inovatif yang Menginspirasi

Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan adalah presentasi kelompok yang mengulas berbagai model pembelajaran bahasa Arab. Pada minggu ke-7, misalnya, kelompok mahasiswa memaparkan manfaat CALL dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Mereka mendemonstrasikan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis komputer yang mampu mengintegrasikan berbagai media, seperti audio, video, dan latihan digital.

Selain itu, mahasiswa juga aktif mendesain media pembelajaran berupa swish max sebagai proyek akhir. Proyek ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi mahasiswa untuk menciptakan media yang tidak hanya efektif, tetapi juga mudah diakses oleh berbagai kalangan pembelajar.

Mencetak Generasi Pendidik yang Kompeten dan Adaptif

Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd, dosen pembina matakuliah, menyampaikan bahwa perkuliahan ini dirancang untuk mencetak pendidik yang adaptif terhadap perubahan zaman.  Penerapan pembelajaran berbasis teknologi ini sejalan dengan visi Universitas Negeri Malang untuk mencetak pendidik yang tidak hanya kompeten secara teoritis, tetapi juga terampil secara praktis. Kolaborasi antar mahasiswa melalui diskusi kelompok, kajian artikel ilmiah, dan presentasi memberikan pengalaman yang memperkaya wawasan mereka dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi.\

Foto Bersama Ustadz Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd dan Mahasiswa S2 KBA UM
Foto Bersama Ustadz Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd dan Mahasiswa S2 KBA UM

Integrasi Kecerdasan Buatan AI

Menariknya, mata kuliah ini juga memperkenalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran Bahasa Arab. Mahasiswa belajar bagaimana cara memanfaatkan aplikasi talkpai dan memrise berbasis AI untuk melatih kemampuan muhadatsah (percakapan) dan membantu proses pembelajaran bahasa dengan pendekatan berbasis teknologi dan interaktif. Adapun kedua aplikasi tersebut bertujuan mempermudah pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Arab. Selain itu, aplikasi ini sangat populer untuk meningkatkan kefasihan berbicara secara alami melalui interaksi langsung dengan AI dan ocok untuk pengguna yang ingin fokus pada pembelajaran kosakata, tata bahasa dasar, dan ekspresi umum secara perlahan namun efektif.

"Saya menggunakan Talkpai untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dan Arab. Teknologi AI-nya benar-benar terasa seperti berbicara dengan penutur asli. Ini sangat membantu sebelum menghadapi ujian lisan." Tambah Nilna Ulfatul Farida, Mahasiswa KBA UM

Arah Baru Pendidikan Bahasa Arab

Dengan rancangan perkuliahan yang komprehensif dan berbasis praktik, Universitas Negeri Malang melalui matakuliah ini berharap dapat mencetak lulusan Magister Keguruan Bahasa Arab yang kompeten dalam memilih, mengembangkan, mengintegrasikan, dan mengevaluasi model pembelajaran berbasis teknologi. Ini adalah langkah nyata UM dalam mendukung transformasi pendidikan, khususnya dalam bidang pengajaran bahasa Arab.

Keberhasilan matakuliah ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi informasi dalam pembelajaran dapat memberikan dampak signifikan. Para mahasiswa tidak hanya belajar tentang teori, tetapi juga menghasilkan karya nyata yang relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini.

Dengan langkah ini, Universitas Negeri Malang tidak hanya mencetak lulusan yang kompeten, tetapi juga mempersiapkan mereka menjadi pelopor inovasi dalam pendidikan bahasa Arab dan mampu berinovasi dalam dunia pendidikan, sejalan dengan visi menjadi universitas unggul bertaraf internasional.

Ditulis oleh: Anjani Prameswari S. dan Rachmatuth Thoyibah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun