Mohon tunggu...
Prama Ramadani Putranto
Prama Ramadani Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Bersama Kompasiana, Berdampak dan Berdaya

7 Oktober 2024   11:05 Diperbarui: 7 Oktober 2024   11:06 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bersama Kompasiana, Berdampak dan Berdaya - Sumber : kompasiana.com

Sekitar empat tahun lalu, saya ingat betul keinginan saya untuk mencoba menulis begitu kuat. Seketika platform yang saya pilih adalah kompasiana untuk menuangkan gagasan, ide, pemikiran, dan sudut pandang yang perlu ruang untuk diluapkan. Berbekal memori saat pembelajaran Bahasa Indonesia ketika berada di bangku SMA, saya pun memberanikan diri untuk menulis.

"Menulis adalah bekerja untuk keabadian -- Pramoedya Ananta Toer"

 Ide, gagasan, pemikiran, dan sudut pandang yang muncul di dalam kepala, sayang sekali jika lenyap begitu saja. Sebab itu melalui media tulisan saya ingin mengabadikan hal-hal tersebut. Setidaknya ini menjadi salah satu cara bagi saya untuk mengikat pengetahuan yang saya pernah dapatkan dan juga sebagai media untuk merekam sebuah peristiwa, agar tidak hilang begitu saja, sehingga menjadi sebuah memori yang tak akan lekang oleh waktu karena terarsip dengan baik secara digital.

Tidak Hanya Menulis, Namun Juga Menjalin Silaturahim dengan Kompasianer

Ternyata, platform kompasian bukan hanya sekedar tempat menulis saja, lebih dari itu. Melalui kompasianya saya merasakan energi positif yang begitu nyata. Bagaimana tidak, melalui platform kompasiana saya berjumpa dengan banyak penulis yang kerap kali disebut sebagai kompasianer. Saling memberikan label dan komentar positif serta konstruktif di setiap artikel yang rilis semakin memperkuat ikatan dan menjadi energy booster bagi saya untuk senantiasa istiqomah dalam menulis, menulis apapun yang bermanfaat, menulis hal baik yang jangan sampai menjadi penyesalan di akhir nanti. Selain itu, banyak sekali pula kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas kompasianer, kumpul-kumpul bareng, diskusi bareng, dan kegiatan lainnya yang mempererat tali silaturahim. Saya yakin betul ketika silaturahim terjaga maka energi positif yang masuk kedalam diri akan semakin banyak dan membuat lebih berdaya.

Ketika Banyak yang Bertanya

Sebuah prosedur yang tidak akan pernah saya lewatkan adalah ketika selesai menulis, saya kan membagikannya melalui media sosial yang saya miliki, yang paling sering melalui story whatsapp. Tiap kali saya membagikan artikel yang saya tulis, bersyukur sekali selalu ada saja yang memberikan respon. Cara meresponnya pun beragam, ada yang seketika memberikan komentar melalui whatsapp ada pula yang keesokan harinya saat berjumpa memberikan tanggapan. Tanggapan yang muncul pun tidak selalu mendukung, ada pula yang kontra dan pada saat itu juga tercipta sebuah obrolan santai saling berbagi satu sama lain, namun pada akhirnya memberikan apresiasi, hal ini menjadi sebuah rutinitas yang sangat mengasyikkan bagi saya. Satu hal lagi yang membuat saya bahagia adalah ketika tulisan saya mendapatkan respon dari murid-murid di sekolah. Saya begitu bahagia ketika tulisan saya mampu memantik murid-murid dalam bernalar kritis hingga pada akhirnya mereka berani mengungkapkan pendapatnya sehingga tercipta diskusi yang asyik di ruang kelas. Setelahnya, tak jarang saya menggunakan artikel-artikel yang saya tulis di kompasianya sebagai salah satu referensi penunjang sumber belajar dalam pembelajaran di kelas.

"Menulis bukan hanya tentang menuangkan isi pikiran, namun lebih dari itu yakni tentang menebar energi positif untuk kebermanfaatan dan kemashalatan."

Ketika Banyak yang Ingin Mencoba

Ketika saya sedang mengetik di depan komputer jinjing, seringkali ada yang mendekat dan bertanya tentang apa yang sedang saya lakukan dan juga tentang artike yang pernah saya share beberapa waktu sebelumnya. Menyikapi hal ini tentunya saya merespon dengan sumringah, ternyata ada yang tertarik dan antusias dengan hobi yang saya lakukan selama ini, dengan senang hati saya menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan. Bahkan tak jarang pula murid-murid saya yang sudah duduk di bangku kuliah, tiba-tiba mengirim pesan melalui whatsapp ataupun DM Instagram mengenai bagaimana langkah-langkah menulis di kompasiana. Betapa bahagianya saya! Hal ini menunjukkan bahwasannya ada dampak positif yang dapat dirasakan orang-orang disekeliling saya, hal ini pula menjadi energi positif bagi diri saya untuk istiqomah dalam berbagi melalui tulisan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun