Oleh: MulyaÂ
Idul Qurban tinggal menghitung hari, pedagang Kambing, Sapi dan sejenisnya terus bermunculan terutama di pinggir jalan raya, mereka menjajaki hewan di pinggir jalan dengan tujuan cepat terjual dan meraih cuan.Â
Usaha ini menjadi musiman, bagi mereka menjajakan hewan qurban di pinggir jalan jadi alternatif agar para pembeli tidak jauh-jauh datang ke kandang yang biasa ada di belakang rumah, pinggir sawah bahkan ada juga yang di tempatkan di pelataran sungai yang tak jauh dari rumah sang pemilik.
Yang menarik di tahun ini ada fenomena baru yang beda dari kebiasaannya, mereka memasarkan hewan qurban dengan memanfaatkan alat bantu SPG (sales promotion grill) sebuah pemasar perempuan yang punya paras cantik, menarik, berdandan nyentrik.Â
Fenomena itu diberitakan sebuah TV Nasional dan banyak menarik perhatian khalayak umum sehingga akhirnya menjadi viral, SPG Hewan Qurban jadi model baru dalam meraih penjualan dimasa musim ini.Â
Apa itu SPG
SPG adalah alat penjualan atau promosi sebuah produk, SPG pertama kali dikenalkan dalam dunia marketing oleh perusahaan pemasaran bidang otomotif, tengok seperti promosi kendaraan roda dua dan tiga kemudian promosi produk rokok dan lainya, itulah SPG yang menjadi pahlawan penjualan agar meningkat.Â
SPG biasa diisi oleh para perempuan yang mempunyai paras cantik dan menarik tetapi mereka mempunyai pemahaman produk yang baik, mereka diberikan pelatihan dan pemahaman produk agar mereka dapat mendeskripsikan produk dengan baik.Â
Pun begitu dalam hal hewan qurban, mereka dapat menyampaikan spesifikasi hewan qurban. Mereka faham berapa umur hewan yang baik di gunakan untuk berqurban dan spesifikasi lainnya. Begitu tugas SPG hewan qurban beroperasi dan mempromosikan.Â
Dapat dikatakan sebuah inovasi atau model baru dalam Dunia pemasaran hewan qurban, inovasi menurut Nurudin (2016) merupakan sesuatu yang baru, yang dikenalkan atau di praktikan atau proses yang baru dalam layanan atau jasa, jadi inovasi menjadi hal yang baru yang digagas oleh seorang.Â
Dunia promosi sangat kental dengan kebaruan cara mengenalkan atau memasarkan, sejak model pemasaran berkembang maka kata inovasi jadi kunci dimana pemasaran itu berbeda dengan yang lain walaupun barang yang di pasarkan sama. Maka promosi sangat kental dengan inovasi.Â
Kerangka inovasi ada pada ide atau gagasan bahkan pikiran, seseorang yang banyak gagasan atau ide akan sangat berbeda apabila memperlakukan yang dimilikinya, maka inovasi ini jadi model bagaimana gagasan itu dilakukan.Â
SPG Hewan Qurban jadi model baru di dunia pemasaran musiman, masalah apakah ini baik atau tidak ukurannya bukan masalah pemasaran melainkan etika, tetapi sepanjang itu dilakukan dengan baik maka ini sah-sah saja.Â
Hah ini inovasi SPG Hewan Qurban...Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H