Mohon tunggu...
D.B. Prabs
D.B. Prabs Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis Paruh Waktu

Seorang penulis paruh waktu yang mengamati berbagai isu dan tren

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Cara Mudah untuk Cari Kerja di Masa Pandemi

15 Juli 2021   18:09 Diperbarui: 15 Juli 2021   18:13 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: surabaya.tribunnews.com

Situasi yang tidak menentu akibat pandemi mempersulit proses cari kerja bagi banyak orang. Bahkan dengan peningkatan pemutusan kerja akibat pandemi, bursa kerja dalam berbagai platform menjadi buruan orang. Proses daftar kerja online juga tidak serta merta menjawab kebutuhan atas pekerjaan ini. Setiap orang berusaha mencari kiat lolos interview demi mendapatkan pekerjaan

Terhitung sejak pertengahan tahun 2020, pemutusan hubungan kerja besar-besaran menjadi momok bagi masyarakat. Di satu sisi, tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup makin menjadi. Sedangkan situasi perekonomian global sedang dalam kondisi buruk.

Usaha kecil dan berkembang mengalami dampak signifikan. Ketika biaya produksi makin tinggi seiring pandemi namun tidak dibarengi dengan penjualan dan profit yang sesuai. Bisa dibilang, tahun 2020 adalah fase genting dimana semua orang masuk pada mode bertahan hidup.

Namun seiring berjalannya waktu, ekonomi mulai membaik. Tahun 2021 diproyeksikan sebagai tahun perbaikan ekonomi yang luluh lantak digempur pandemi COVID-19. Selain situasi yang lebih terkendali, pandemi menjadi percepatan dalam menuju revolusi industri 4.0.

Revolusi industri keempat ini menjadikan dunia berubah. Dunia digital dan dunia nyata kini melebur. Perputaran informasi menjadi sekejap mata. Dan tidak hanya berbicara teknologi informasi, perputaran ekonomi pun ikut dalam percepatan ini. Dunia digital merenggut jarak yang pernah menjadi kendala.

Dalam situasi kebangkitan ekonomi pada 2021, tentu kebutuhan akan tenaga kerja meningkat. Namun terjadi perubahan kultur yang mendasar, dimana dunia digital mengambil alih kultur klasik dalam kebutuhan tenaga kerja. Dan situasi ini jarang dipahami oleh calon kandidat ketika mendaftar kerja.

Dengan pembatasan mobilitas, kini pekerjaan dari rumah atau WFH menjadi umum ditawarkan. Pekerjaan kantoran mulai berevolusi menjadi remote working. Strata pendidikan kini sudah bukan standar utama. Namun berganti menjadi softskill yang dibuktikan melalui portofolio.

Bahkan perkara penerimaan calon pegawai juga berubah. Interview kini dilakukan secara daring tanpa tatap muka. CV yang sebelumnya dipandang sebagai kelengkapan kini punya fungsi lebih. CV menarik menjadi penilaian besar dari kandidat yang mendaftar kerja.

Banyak perubahan yang mendadak ini menimbulkan masalah baru bagi para pencari kerja. Bagaimana mereka bisa "memenangkan" karir ini? Bahkan untuk sekadar mendapatkan informasi perihal lowongan yang terupdate dan terpilah dengan sesuai target yang diinginkan.

Tidak banyak portal kerja dan bursa kerja yang memberi kemudahan bagi pencari kerja. Hanya sekadar info loker terbaru tanpa informasi lebih. Sedangkan pencari kerja juga membutuhkan kemudahan dalam menemukan lowongan yang sesuai. Maka dari seluruh situasi ini arahkerja.com hadir.

Arahkerja.com adalah portal info lowongan kerja yang up to date dan memberi kemudahan bagi pencari kerja. Dengan 5 platform yang relevan: Website, Instagram, Facebook, Tiktok, dan Linkedin. Lima platform media ini mempermudah pencari kerja untuk menemukan info kerja yang sesuai.

Mungkin anda menemukan portal info lowker serupa dengan arahkerja.com. Karena kebutuhan akan portal info lowker ini banyak menarik minat. Namun arahkerja.com menyediakan kemudahan yang sulit ditemukan di portal informasi lain.

Pertama adalah kemudahan menemukan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan anda. Baik dari daerah, kebutuhan pendidikan, kebutuhan usia, dan kriteria lain yang menjadi penting dalam mencari kerja. Dengan panel opsi dalam website arahkerja.com, anda bisa mengelompokkan lowongan secara lebih terarah.

Ada juga jasa cek CV. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, CV menjadi faktor penting seseorang masuk shortlist dari rekruiter. Dengan mengkonsultasikan lebih dahulu CV anda dengan tim ahli arahkerja.com, anda bisa memastikan bahwa CV anda telah layak sesuai dengan lowongan kerja yang  anda ambil.

Selain itu, arahkerja.com juga menyediakan diktat bagi pencari kerja. Tujuannya agar pencari kerja telah siap dalam menghadapi proses rekruitmen. Selama ini banyak kandidat yang memiliki standar yang mencukupi, namun tidak siap dengan proses rekruitmen yang memberi tekanan mental tersendiri. Harapannya dengan mempelajari diktat dari arahkerja.com, pencari kerja telah mempersiapkan diri lebih matang sebelum interview.

Yang terakhir adalah mentoring dari tim ahli. Dengan mentoring, pembelajaran untuk menghadapi proses interview akan lebih maksimal. Karena pembelajaran terbaik diperoleh ketika mendapat support dari mentor profesional dan berpengalaman.

Kesemua fasilitas ini tidak banyak dimiliki portal loker lain. Maka bagi anda yang kesulitan mendapatkan pekerjaan saat masa pandemi, silahkan kunjungi website dan akun media sosial arahkerja.com. Dan temukan pekerjaan serta masa depan yang lebih cerah bersama Arah Kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun