Mohon tunggu...
Putri Aryati
Putri Aryati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Deadliner

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengakses Media Sosial

6 Mei 2021   20:59 Diperbarui: 6 Mei 2021   21:21 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Yogyakarta -- Sebelumnya perkenalkan nama saya Putri Aryati, saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan yang berlokasi di Yogyakarta dan saya mengambil Program Studi Ilmu Komunikasi. Saya sudah beberapa kali menuliskan tentang pengalaman saya mengenai mengakses media-media informasi yang ada saat ini. Untuk tulisan saya kali ini, saya akan membahas mengenai pengalam saya mengakses Media Sosial.

Siapa sih yang tidak tau dengan media sosial. Media sosial adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat oran-orang dalam satu kilaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web. Dikarenakan internet selalu mengalami perkembangan, maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna pun selalu mengalami perubahan. Hal ini menjadikan media sosial lebih hypernym dibandingkan sebuah referensi khusus terhadap berbagai penggunaan atau rancangan (Michael Cross 2013). Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. 

Lahirnya media sosial menjadikan pola prilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan usia hampir semua masyarakat indonesia memilki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Dengan menggunakan media sosial pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi, blog, intagram,whatsapp,  twitter, youtube, tiktok, dan facebook,. Media-media sosial inilah yang paling umum digunakan oleh masyarakat diseluruh dunia.

Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informsasi dalam waktu yang cepat dan terbatas. Tidak dapat dipungkiri bahwa medai sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang. Seseorang yang awalnya "kecil" bisa menjadi "besar" dengan medis sosial, dengan kata lain pemikirannya dibesarkan dengan medai sosial. Karena dengan media sosial kita dapat mengakses apa saja dengan mudah tanpa terbatas usia. 

Dampak positif dari penggunaan media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengakses diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepa, biaya lebih murah. Sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, karena kita sering menghabiskan waktu dengan berinterasi melalui gadget tanpa bertatap langsung dengan lawan bicara. Interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain.

Saya sebagai pengguna cukup banyak mengakses berbagai macam aplikasi media sosial untuk mendapatkan informasi dan sarana komunikasi kepada orang lain. Contohnya seperti Twitter. Twitter menjadi salah satu media sosial yang sering saya gunakan untuk mencari informasi yang sedang viral atau kejadian-kejadian yang baru saja terjadi saat ini. Karena di twitter ada fitur pencarian trending topik yang membahas tentang apa saja yang tengah menjadi perbincangan dunia saat ini. Dari sekian banhyak media sosial yang paling cepat pertumbuhannya adalah twitter, dengan mengambil perhatian masyarakat indonesia, khususnya dari kalangan muda, kebanyakan isi twitter adalah hal-hal pribadi dimana seseorang berbagii cerita, opini, aktivitasnya, kepada orang-orang pilihan. 

Dilihat dari beberapa fitur yang ada di twitter, fitur yang sangat menarik mnarik dalam media sosial twitter yaitu fitur trending dan follower. Fitur trending ini tidak didapati di aplikasi media sosial lainnya dan hanya ada di twitter, fitur trending guna mengetahui hal-hal apa saja yang tengah viral di indonesia maupun diseluruh dunia sehingga kita tidak akan pernah ketinggalan dengan berita-berita yang tengah viral, kemudian ada fitur follower, fitur ini bisa memberikan gambaran bagi pengguna bahwa bagi akun pengguna twitter yang mempunyai followers banyak menunjukkan akun tersebut dipersepsi mempunyai kredibilitas yang mempengaruhi daya tarik tertentu. Bagi anak-anak muda media sosial menjadi wadah yang pantas untuk meyalurkan aspirasi, melihat karakter, motif perkembangan pergaulan, motif hiburan. Twitter tak terbatas ruang dan waktu, penyampaian dan penerimaan informasi yang cepat, ekstensi diri serta mencari relasi teman baru.

Menurut saya dengan pengalaman saya mengakses media sosisal twitter, twitter merupakan medai sosial yang tepat karena selama menggunakannya twitter banyak memberikan kemudahan, kenyamanan, serta aspek penyebaran pesan maupun pencarian tentang informasi dan pemanfaatan digunakan sesuai dan tepat bersadarkan fungsinya. 

Fitur-fitur di twitter juga sangat mudah dipahami sehingga kita lebih leluasa menggunakannya, kemudahan dalam mengakses twitter yaitu kemudahan dapat menunjang akan kebutuhan informasi yang ingin didapatkan terpenuhi dnegan baik. Publikasi melalui media sosial twitter lebih efektif. Publikasi berupa pesan terbilang sudah efektif berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna aktif. Bahwa pesan yang diposting pengguna dapat diakses dengan cepat mudah oleh pengguna lain sehingga apa yang diinginkan para pengguna mudah didapatkan. 

Kemudian dalam mengakses twitter tidak mengenal batasan ruang dan waktu. Pengguna media sosial twitter tidak dirasakan tidak dibatasi ruang dan waktu artinya dapay diakses kapanpun dan dimanapun. Selain itu media sosial twitter sebagi media promosi dan informasi. hal ini menunjukkan adanya pemanfaatan media sosial sebagai salah satu media promosi dalam kegiatan aktivitsnya, karena kita bisa menjual dam mempromosikan barangf dagangan kita dan meng uploadnya di twitter. 

Tetapi selain pengalaman pengalaman positif yang sudah saya ceritakan diatas mengenai mengakses twitter, ada pula pengalamn negatif saya saat mengakses twitter  yaitu seperti banyak yang memposting yang tak seharusnya diposting, terkadang dalam mempublikasikan banyak hal berkenaan dengan menyinggung perasaan pengguna, kemudian kebebasan konten memiliki efek yang buru. 

Pengalaman ini dirasakan informan dengan isi konten yang seharusnya tidak dipublikasikan, dengan kebebasan tersebut dapat memberikan dampak yang banyak merugikan orang lain. kemudian tak jarang saya menemukan konten dengan komentar-komentar bullying verbal dan non verbal. Pengalaman yang buruk terjadi akibat dari rutinitas yang buruk serta kebiasaan yang seharusnya tidak ditunjukkan di media sosial twitter seperti pertengkaran maupun konflik bisa mengakibatkan keadaan yang tidak baik.

Pengguna Twitter, berdasarkan data PT Bakrie Telecom, memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global. Twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling besar di dunia sehingga mampu meraup keuntungan mencapai USD 145 juta. Sungguh angka yang fantastik bukan, dan penguna twitter setiap tahunnya juga terus bertambah. Medai sosial khususnya twitter memberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat denga pengguna, dapat menjadi medai untuk membentuk jaringan komunitas. Media sosial dapat menjadi bagian daari keseluruhan marketing strategy yang digabungkan melalui media sosial lainnya, serta sebagai jalan menemukan atau menciptakan para brand evangelist. 

Medai sosial memberikan peluang masuk komunitas yang telah ada sebelumnya dan memberikan kesempatan mendapatkan feedback secara langsung (Elcom,2009:21). Tetapi kita sebagai pengguna media sosial tetap harus beretika dalam penggunaanya dan jangan sampai kita lalai dengan lingkungan sekitar dengan tidak bersosialisai dengan lingkungan karena kita hanya fokus dengan gadjet masing masing dan asik denga dunianya sendir. Jadilah pengguna media sosial yang pintar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun