Mohon tunggu...
pos mysch
pos mysch Mohon Tunggu... Administrasi - website developer

Akun untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait sistem sekolah dan pendidikan indonesia. Email: myschid@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penjelasan Lengkap Penilaian Portofolio pada Kurikulum 2013

13 Desember 2021   15:08 Diperbarui: 13 Desember 2021   15:13 1247
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: www.mysch.id

Implementasi Kurikulum 2013 memiliki dampak pada penilaian yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Penilaian dalam Rapor K13 mencakup penilaian dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. 

Adapun dari aspek keterampilan ada 4 macam, antara lain penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek dan penilaian portofolio. Pada artikel ini perkenan admin memberikan penjelasan lengkap tentang penilaian portofolio, beserta contoh dan langkah-langkah memberikan penilaian portofolio.

Pengertian Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio adalah penilaian berkelanjutan berdasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan siswa dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut bisa berupa tugas, karya, prestasi akademik maupun non-akademik yang dikerjakan atau dicapai oleh siswa dalam satu periode tertentu.

Contohnya berupa tugas karangan, puisi, resensi buku, laporan penelitian, laporan kerja kelompok, piagam, sertifikat, hingga tanda penghargaan yang pernah diterima oleh siswa. Kumpulan informasi tersebut menunjukkan perkembangan, keminatan, kreativitas dan prestasi siswa yang bersangkutan.

Portofolio ini bukan sekedar kumpulan informasi hasil kerja siswa, bukan pula sekedar capaian prestasi siswa. Melainkan sebagai bukti kompetensi, pemahaman dan capaian siswa dalam kompetensi pada mata pelajaran atau bidang tertentu. Dengan portofolio ini, guru dapat memberikan pertimbangan dalam penentuan langkah perbaikan dan peningkatan pembelajaran siswa.

Pendekatan penilaian portofolio ini berbeda dengan pendekatan penilaian yang lain. Penilaian portofolio digunakan untuk menilai kinerja peserta didik.

 

Manfaat Penilaian Portofolio

Beberapa manfaat dari pelaksanaan penilaian portofolio terhadap peserta didik adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan perkembangan pemikiran dan pemahaman siswa pada periode tertentu, mulai dari pencatatan, pengumpulan bahan, pembuatan kerangka awal, pembuatan draft kasar, kritik terstruktur, hingga finalisasi.
  2. Menunjukkan pemahaman beberapa konsep, topik dan isu yang diberikan.
  3. Mendemonstrasikan perbedaan bakat. Misalnya, perbedaan kemampuan melihat, mendengar, mengungkapkan melalui lisan maupun tulisan.
  4. Mendemonstrasikan kemampuan memproduksi pekerjaan secara orisinil.
  5. Mendemonstrasikan kemampuan mengintegrasikan teori dan praktek.
  6. Mendokumentasi kegiatan selama periode waktu tertentu.
  7. Merefleksikan nilai-nilai individual atau pandangan dunia secara lebih luas.

Contoh Penilaian Portofolio

Berikut ini sebagian contoh penilaian portofolio yang bisa kami berikan kepada bapak / ibu sekalian.

1. Contoh Format Penilaian Portofolio Untuk SMK

Gambar di bawah ini menunjukkan contoh penilaian portofolio untuk SMK bidang keahlian Teknik Audio Video.

 

Dokpri
Dokpri

Langkah-Langkah Penilaian Portofolio

Setelah mengetahui manfaat dan contoh penilaian portofolio, bagaimana langkah-langkah yang benar dalam memberikan penilaian portofolio kepada peserta didik? Dari berbagai sumber yang kami peroleh, Penilaian portofolio dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. menjelaskan terlebih dahulu kepada peserta didik tentang maksud penugasan portofolio.
  2. menjelaskan sampel-sampel yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam pembuatan tugas portofolio.
  3. menjelaskan kepada peserta didik untuk mengarsipkan dan mengumpulkan portofolionya.
  4. menjelaskan tentang pencantuman tanggal pembuatan pada setiap evidence atau bukti-bukti hasil kerjanya.
  5. menjelaskan tentang kriteria penilaian sampel-sampel portofolio kepada peserta didik.
  6. meminta peserta didik untuk membuat perbaikan pada portofolio yang belum sesuai dengan kriteria.

Demikian penjelasan tentang penilaian portofolio berikut dengan contoh dan langkah-langkah penilaiannya. Semoga bermanfaat bagi bapak atau ibu pendidik serta bagi peserta didik dalam rangka meningkatkan pembelajaran, kemampuan dan kompetensi mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun