Sudah onlinekah bisnis Anda? Masih bingung bagaimana memulai bisnis online itu?
Jika Anda sudah memiliki bisnis sendiri, ada baiknya Anda mengonlinekan usaha Anda karena saat ini adalah eranya tekhnologi informasi. Siapa yang bisa menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat di internet maka ia yang berpeluang memenangkan pasar.
Berikut adalah 7 langkah atau cara memulai bisnis online yang efektif yang bersumber dari pengalaman dan pemikiran saya.
1. Menentukan produk. Anda bisa menjual produk yang banyak diminta pasar atau yang sesuai dengan apa yang Anda kuasai. Misal jika Anda suka berwisata dan tahu obyek-obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, Anda bisa menjual paket wisata.
2. Menentukan target pasar dan konsep branding. Setelah Anda memutuskan apa yang akan Anda jual, Anda bisa menentukan kira-kira siapa yang paling pas menjadi konsumen dari produk yang akan Anda tawarkan. Anda bisa melihat dari aspek demografi seperti jenis kelamin, usia, kebutuhan keluarga, letak geografis, dsb. Kemudian buatlah konsep branding yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.
3. Riset pasar dan menentukan kata kunci. Anda bisa melakukan riset pasar di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan membangun sarana penjualan. Dari riset pasar ini Anda bisa mengetahui jumlah pesaing dan jumlah permintaan yang sesuai dengan produk Anda. Anda bisa menentukan kata kunci yang cocok, kata kunci negatif yang tidak sesuai dengan produk Anda, nama domain yang berhubungan dengan kata ceruk, judul website, strategi penjualan, dsb.
4. Mulai membangun website dengan memperhatikan kata ceruk dan kata-kata kunci pendukung sebagai sarana branding dan penjualan. Berikan konten yang berkualitas dan mulailah blogging.
5. Buat akun di beberapa social media sebagai sarana membangun loyalitas pelanggan, penjualan maupun brand awareness. Hubungkan social media Anda dengan website Anda. Selalu update secara berkala dan pastikan komunikasi dengan prospek bisa terus terjadi. Jangan biarkan mereka lama menunggu tanggapan dari Anda.
6. Beriklan di layanan periklanan berbayar seperti periklanan Facebook maupun Google Adwords. Bidik target Anda dengan kampanye yang sesuai dengan demografi yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pemasangan iklan ini bisa Anda lakukan selama Anda melakukan optimasi situs dan membangun loyalitas pelanggan di social media.
7. Optimasi mesin pencari agar situs Anda bisa menduduki posisi atas di halaman hasil pencarian. Lakukan optimasi mesin pencari (SEO) untuk situs Anda, baik itu Onpage SEO maupun Offpage SEO.
Mari hemat waktu, tenaga dan pikiran kita. Saat ini kita bisa berbisnis dengan lebih mudah dengan hadirnya internet dan berbagai perangkat pendukung bisnis.
Nah, bagaimana dengan Anda saat ini? Yuk bagikan pengalaman Anda berbisnis online disini.
Jika Anda ingin mendalami bisnis online lebih lanjut, Anda bisa bergabung di kelas bisnis online kami. Silahkan kunjungi situs kami di www.positivebrain.asia. Semoga bermanfaat. :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H