Mohon tunggu...
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR
POLTAK EFRISKO BUTARBUTAR Mohon Tunggu... Konsultan - Profesional Development - Sokrates - Binus Creates

Hanya ingin berbagai untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Metaverse dan Pendidikan

25 Februari 2022   16:18 Diperbarui: 25 Februari 2022   16:22 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Akhir-akhir ini sering kita mendengar kata Metaverse khususnya sejak ada sebuah perusahaan digital yang mengumumkan tentang perubahan nama perusahaaanya yang dikaitkan dengan metaverse dan tentunya hal ini akan memiliki dampak ke berbagai sisi kehidupan manusia tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. 

Bagaimanapun dunia pendidikan tidak akan terlepas dari dunia teknologi, pendidikan yang baik akan berjalan seiring dengan perkembangan teknologi seperti yang sudah kita rasakan saat ini. Metaverse yang menggabungkan dua teknologi yang luar biasa yaitu Augmented reality dan Virtual reality akan memberikan dampak yang luar biasa dalam dunia pendidikan. 

Sesungguhnya hal itu sudah dimulai dari beberapa tahun lalu yang ditandai dengan munculnya beberapa aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan augemented reality yang dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran seperti aplikasi yang jika kita scan sebuah gambar yang dikeluarkan oleh aplikasi tersebut maka gambar akan bergerak secara tiga dimensi dan seolah-olah itu nyata dihadapan peserta didik. 

Hal ini dapat digunakan dalam mempelari beberapa materi pelajaran seperti anatomi tubuh manusia dan beberapa mata pelajaran lain yang relevan. 

Mungkin juga kita masih ingat dengan kehadiran dari Google Glass yang sangat menyita perhatian di kala kehadirannya walaupun saat ini kurang terdengar kembali karena tergilas denga perkembangan teknologi lainnya walaupun itu memberikan manfaat juga bagi dunia pendidikan. Artinya dengan kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut maka proses pembelajaran akan terasa lebih riil dan tidak lagi abstrak serta menyenangkan bagi para peserta didik karena dikemas dalam bentuk permainan atau yang dikenal dengan Game base learning.

Dunia Pendidikan tentunya akan menyambut dengan baik akan kehadiran dari Metaverse karena hal tersebut akan memberikan dampak bagi dunia pendidikan,seperti: 

1. Proses pembelajaran akan lebih menyenangkan dan menarik. 

Hal ini juga akan menjadi sebuah solusi dengan kendala yang dialami oleh peserta didik kita saat ini yang merasa jika proses pembelajaran jarak jauh tidak menyenangkan dan membosankan. Metaverse akan membuat sesuatunya menjadi lebih riil. 

Peserta didik tidak lagi merasa belajar sendiri tetapi mereka akan merasakan sentuhan rasa belajar seperti berada di kelas yang nyata walaupun mereka ada di rumah. 

2. Pelajaran praktek dapat dilakukan secara lebih riil. 

Praktek menjadi sebuah masalah tersendiri jika kita melakukan proses pembelajaran secara online karena peserta didik sulit untuk mengakses peralatan dan perlengkapan praktek yang ada di laboratorium. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun