Mohon tunggu...
POLIKARPUS TO
POLIKARPUS TO Mohon Tunggu... Hoteliers - Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar

Senang mengikuti berita Kompas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi 3.3

7 Desember 2023   08:43 Diperbarui: 10 Januari 2024   00:04 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jurnal Refleksi Modul 3.3

Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Ditulis oleh: Polikarpus Trika Octridar, S.Pd.SD

Calon Guru Penggerak Angkatan 8

SDN 4 Ringinpitu, Kec. Tanggungharjo, Kab. Grobogan.

Semangat Pagi......!

Puji Syukur atas, berkat Anugerah yang Tuhan berikan. Kiranya kebahagian dan kesehatan ada pada kita semua. Puji Tuhan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif bagi Murid, selesai mempelajarinya. Refleksi dari Modul ini masih tetap menggunakan model 4P. Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan.

  • FACT (PERISTIWA)
  • Rangkaian kegiatan Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid ini saya laksanakan mulai dari tanggal 09 Oktober 2023 sampai dengan tanggal 17 November 2023 due Date Aksi Nyata 3.3.
  • Pendahuluan - Modul 3.3

Saya memulai pembelajaran Modul 3.3 ini dengan membuka halaman 3.3.a.2. Pendahuluan - Modul 3.3 untuk membaca Alur MERDEKA dan Glosarium - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

Setelah mempelajari Modul ini, capaian yang diharapkan adalah sebagai berikut.

  • Kompetensi Lulusan yang Dituju:
  • Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.
  • Guru Penggerak melakukan pendampingan kepada seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.
  • Guru Penggerak merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
  • Guru Penggerak memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.
  • Capaian Umum Modul 3.3 Secara umum:
  • CGP menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran.
  • CGP mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.
  • CGP menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.
  • Capaian Khusus Modul 3.3 Secara khusus.

Melalui modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk:

  • Menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
  • Menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
  • Menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
  • Mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
  • Merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.
  • Alur Belajar MERDEKA
  • Mulai dari Diri - Modul 3.3
  • Pada alur Mulai dari Diri ini, kegiatan pembelajarannya yaitu saya melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid. Di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, dalam LMS selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu CGP terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya untuk mendorong CGP untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini. Pembahasan di sini adalah mengenang saat CGP bersekolah dulu, yang tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan tersebut dapat berupa  intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Setelah mempelajari alur Mulai dari Diri ini, diharapkan agar saya dapat memahami tentang:
  • Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.?
  • Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency).?
  • Eksplorasi Konsep - Modul 3.3

Eksplorasi Konsep ini terdiri dari dua kegiatan pembelajaran yaitu :

  • Eksplorasi Konsep 1:
  • Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi dalam LMS, harapanya  adalah CGP dapat mengkonstruksi pemahaman terkait:
  • Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid (student agency).
  • Apa yang dimaksud dengan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid.
  • Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid
  • Bagaimana melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
  • Eksplorasi Konsep 2:
  • CGP melakukan diskusi asinkron untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid.
  • CGP menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi.
  • Ruang Kolaborasi - Modul 3.3
  • Pada sesi Ruang Kolaborasi ini, CGP akan bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh (gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan murid. Pada tahap ruang kolaborasi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu : Diskusi Kelompok yang dilaksanakan pada , 13 Oktober 2023 jam 13.00 -15.15 WIB. Presentasi Kelompok yang dilaksanakan pada, 16 Oktober 2023 jam 13.00 - 15.15 WIB
  • Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3
  • Pada sesi Demonstrasi Kontekstual ini, saya akan mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. Jika pada alur Ruang Kolaborasi, saya baru sebatas mengeksplorasi gagasan dan membuat gambaran umum, maka di tahapan Demonstrasi Kontekstual ini, saya berusaha untuk membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin diterapkan. Saya dapat memilih Program/kegiatan yang ingin saya laksanakan. Program Atau kegiatan bisa berupa intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan tersebut, saya harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut. Memanfaatkan ide-ide yang di dapat dalam kegiatan diskusi dalam ruang kolaborasi guna menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah masing-masing. Setelah itu, menggunakan kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di modul-modul sebelumnya) dengan cara menyusun pertanyaan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan BAGJA. Dengan tetap mempertimbangkan:
  • Poin-poin mana dalam komponen Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan ini,
  • Aset dan kekuatan mana yang telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan program/kegiatan ini,
  • Mana saja karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini.
  • Bagaimana suara, pilihan, dan kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.
  • Elaborasi Pemahaman - Modul 3.3
  • Pada sesi Elaborasi Pemahaman ini, kegiatan berupa diskusi dan melakukan tanya jawab dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman terkait dengan Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Sesi Elaborasi ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu:
  • Membuat Pertanyaan Elaborasi Pemahaman yang nantinya akan diteruskan kepada Instruktur untuk dibahas pada saat Vicon dengan Instruktur.
  • Video Conference dengan Instruktur, Bapak Budi Santosa pada, 20 Oktober 2023, jam 13.00-14.30 WIB.
  • Koneksi Antar Materi - Modul 3.3
  • Pada sesi Koneksi Antar Materi ini, saya membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya. Tahapan ini bagi saya menarik karena saya diminta untuk melakukan kilas balik dan mereview kembali modul-modul sebelumnya dan mengaitkannya satu sama lain untuk kemudian membuat sebuah simpulan pemahaman. Pemahaman saya buat dalam bentuk atau format tulisan reflektif tentang program yang berdampak pada Murid. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dapat memandu saya saat melakukan refleksi.
  • Bagaimana perasaan saya setelah mempelajari modul ini?
  • Apa intisari yang saya dapatkan dari modul ini?
  • Apa keterkaitan yang dapat saya lihat antara Modul ini dengan modul-modul sebelumnya.?
  • Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya saya diminta untuk menjelaskan perspektif tentang program yang berdampak positif pada murid. Bagaimana seharusnya program-program atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?
  • Rubrik penilaiannya mengukur 3 (tiga) aspek yang terdiri dari:
  • Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar
  • Analisis untuk implementasi dalam konteks CGP
  • Membuat keterhubungan
  • Aksi Nyata - Modul 3.3
  • Aksi Nyata ini merupakan penghujung Modul 3.3. dimana CGP menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.
  • FEELING (PERASAAN)
  • Perasaan saya selama menjalani pembelajaran Modul 3.3 adalah: Senang, Bahagia, Terharu, dan Semangat. Saya merasa Senang dapat mengikuti sesi Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid ini, dimana saya dapat mengerti pentingnya Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun. Saya juga bersyukur mempunyai teman CGP serta Fasilitator ( Dian PS )  dan Pengajar Praktik ( Ahmad Bachtiar ) yang selalu memberikan dukungan. Saya merasa Bahagia dapat mengikuti sesi Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid ini, karena mendapatkan dukungan dari semua pihak terutama rekan sekolah dan seluruh komunitas di sekolah sehingga saya dapat mengikuti pembelajaran dan dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan yang pada akhirnya semakin memperkuat pemahaman saya tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Saya merasa Terharu dapat melaksanakan Diseminasi Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid di sekolah yang mendapatkan dukungan dari seluruh pihak. Saya merasa Tertantang untuk memperbaiki kekurangan saya yang saya temui serta tertantang untuk lebih memahami lagi tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, sehingga saya dapat segera mempraktikkan dan mengimbaskan pengalaman dan pemahaman yang saya dapatkan dari pelatihan ini dalam aksi nyata saya di sekolah agar dapat bermakna bagi saya dan sekolah saya terutama bermanfaat bagi peserta didik dan juga komunitas yang ada di sekolah maupun luar sekolah.
  • FINDINGS (PEMBELAJARAN)
  • Setelah mempelajari Modul 3.3 ini, saya mendapatkan pemahaman tentang pentingnya Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang berpihak pada murid. Modul 3.3 ini membahas tentang materi:
  • Kepemimpinan murid:
  • Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid
  • Suara murid, Pilihan murid, Kepemilikan murid
  • Kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila
  • Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
  • Pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
  • Program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Selain itu, dari sesi Elaborasi Pemahaman ini saya mendapatkan pengetahuan baru dalam konsep pelaksanaan suatu program. Yaitu: MIKIR ( Melakukan sendiri, Interaktif, Kontekstual/ kolaboratif, Inovasi, Refleksi diri).

  • FUTURE (PENERAPAN)
  • Setelah mempelajari Modul 3.3 ini, untuk mengimplementasikan pemahaman saya tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, maka ada beberapa hal yang akan saya lakukan atau saya terapkan, antara lain yaitu:
  • Mematangkan konsep rencana program yang sudah buat, dan jika diperlukan melakukan revisi disesuaikan dengan aset dan kebutuhan murid yang lebih utama.
  • Kolaborasi dengan semua pihak terutama Rekan Guru dan Tenaga Kependidikan, Murid, dan juga Orang Tua Murid untuk melaksanakan program yang telah di rancang untuk kepentingan murid.
  • Adopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak
  • Share pengalaman maupun praktik yang dilaksanakan  dalam komunitas dan juga sekolah, dan
  • Melakukan Pengembangan Diri yang Sederhana, Konkret dan Rutin, seperti:
  • Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid
  • Semangat dalam belajar dengan melakukan pengembangan diri yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Berkolaborasi dalam komunitas atau rekan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas
  • Berusaha merefleksi pembelajaran dan mengevaluasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran
  • Selalu inovatif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, serta bermakna positif pada murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun