PMM), kelompok kami memiliki program "Model Edukasi Bahasa Inggris Melalui Media Karya Kreativitas".
Pada Kegiatan Pengabadian Mahasiswa ke Masyarakat (Kelompok PMM yang beranggotakan Malvino Raihan Firdaus (Koordinator), Alvares Richie Putra (PDD), Muhammad Aqil Muammar A (Sekretaris), Amanda Antika Zahra (Humas), dan Novita Andika Safitri (Bendahara) dengan pengawasan langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tri Wahyu Oktavendi, SE., M. SA.
Pendidikan Di Era Digitalisasi
Era Digitalisasi ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, seperti internet, komputer, dan handphone. Pada pendidikan sendiripun digitalisasi memberikan dampak perubahan yang cukup besar dalam belajar serta mengajar, bagaimana pembelajaran disampaikan dan bagaimana siswa-siswi bisa berinteraksi dengan materi pelajaran tersebut.
Dalam melaksanakan program kerja yang kami miliki sudah pasti kami menggunakan media komputer ataupun laptop selama pembelajaran dimulai, sepertihalnya membuat presentasi yang menarik dengan aplikasi canva, dan melakukan games atau kuis dengan media youtube.
Selama pembelajaran dimulai anak-anak cukup antusias dengan pembelajaran bahasa inggris, dengan kita adakannya power point yang menarik bagi siswa-siswi dan aktifitas lainnya seperti tanya jawab dan games yang berhadiah.
Dengan itu target sekolah yang kami tetapkan adalah SD Negeri 5 Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dengan program "Model Pembelajaran Edukasi Bahasa Inggris Melalui Media Karya Kreativitas".
Edukasi Bahasa Inggris Melalui Media Karya Kreativitas
Pada program unggulan PMM Kelompok 36 Gelombang 6, ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas serta literasi kepada siswa-siswi SD Negeri 5 Sitiarjo.
Materi Bahasa Inggris yang kami berikan dengan fokus utamanya pada karya kreativitas dimulai dengan perkenalan diri dengan bahasa inggris, masing-masing siswa-siswi membuat kelompok dan menuliskan karya kreativitas dengan bahasa inggris yang akan dibuat dengan teman kelompoknya, materi kedua yaitu pengenalan tentang limbah organik dan anorganik, lalu yang terakhir materi story telling guna untuk meningkatkan kemampuan public speaking. di ujian terakhir mereka yang kami berikan adalah mereka dapat mempresentasikan hasil karya kerajinan kelompok dengan menggunakan bahasa inggris.
Materi awal yang kami berikan dengan judul "How To Introduce Yourself", cukup baik kami sampaikan kepada siswa-siswi, melalui media power point yang menarik serta interaksi antar mereka, dengan antusias mereka miliki dan kemampuan dasar bahasa inggris yang mereka punya siswa-siswi dapat memperkenalkan diri mereka menggunakan bahasa inggris secara baik dan benar.
Materi kedua yang kami berikan kepada siswa-siswi ini merupakan tentang limbah organik dan anorganik, yang dimana power point berisikan tentang penjelasan limbah organik dan anorganik serta apa saja limbah yang dapat di daur ulang menjadi karya kreativitas.
Setelahnya itu kami membentuk mereka menjadi 5 kelompok untuk mulai pembuatan karya kreativitas mereka dengan tugas yang kami berikan menuliskan karya kreativitas yang dibuat lalu bahan,alat serta proses pembuatan karya kreativitasnya dengan teks bahasa inggris.
Materi ketiga yang kami sampaikan adalah story telling yang dimana kita meningkatkan lagi pemahaman mereka dalam menyampaikan sebuah cerita sepertihalnya melakukan public speaking, dengan power point kami berisikan bagaimana cara membuat teks menceritakan sesuatu, dan bagaimana cara menyampaikan teks yang sudah dibuat.
Siswa-siswi cukup antusias dalam pembelajar story telling karena mereka baru kali ini mendapatkan pembelajaran mengenai materi tersebut, lalu capaian yang kami dapatkan siswa-siswi cukup baik dalam menceritakan teks mereka dengan isi fokus teksnya tentang karya kerajinan kelompok mereka yang dibuat.
Dan yang terakhir ujian yang kami berikan adalah melakukan presentasi terhadap karya kerajinan yang mereka sudah buat didepan teman-teman mereka yang lainnya, pada ujian ini siswa-siswi sangat baik selama ujian dan mengeluarkan potensi mereka masing-masing mulai dari hasil karya mereka yang bagus dan teks bahasa inggris yang sudah mereka buat dengan rapih dan benar.
penilaian kami diakhir pun dilakukan dengan adil yakni penilaian terhadap karya, public speaking, dan teks bahasa inggris yang dibuat. Serta hadiah yang kami berikan bagi juara 1,2 dan 3.
Kesimpulan
Dengan berakhirnya program kami di SD Negeri 5 Sitiarjo, kami berharap kepada tenaga pendidik juga bisa memberikan model pembelajaran yang lebih menarik serta lebih baik dari kami.
`
Tidak hanya itu kami pun berharap siswa-siswi dapat mengasah lebih baik lagi literasi serta potensi yang mereka punya dengan pendidikan sebagai medianya dan sekolah sebagai wadahnya.
Penulis: Kelompok 36 Gelombang 6 PMM Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H