Pada minggu, 10 September 2022, Tim pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) melakukan pembukaan kegiatan PMM di MTs Muhammadiyah 1 Malang.Â
Pada kegiatan ini PMM kelompok 187 melakukan kegiatan pendampingan olimpiade yang menggunakan strategi heuristik yang diharapkan dapat memudahkan siswa siswi MTs Muhammadiyah 1 Malang dalam menjawab soal soal olimpiade.Â
Strategi pembelajaran heuristik memiliki empat langkah solusi yaitu yang pertama memahami masalah, kedua merencanakan pemecahannya, ketiga menyelesaikan masalah sesuai rencana, keempat memeriksa kembali hasil yang diperoleh Polya(1985). Strategi heuristik merupakan salah satu metode yang tepat untuk diterapkan kepada siswa sebagai penunjang siswa dalam mengikuti kompetisi. Menurut Tambunan (2014) strategi heuristik merupakan suatu proses khusus dalam memecahkan masalah matematika, dengan adanya petunjuk dan penuntun dalam bentuk pertanyaan atau perintah pada langkah langkah pemecahan masalah.
Diadakannya program PMM Mitra Dosen ini dengan kegiatan yang bertujuan untuk Pelatihan dan Pendampingan Olimpiade Matematika Berbasis Strategi Heuristik yang diharapkan dapat membantu siswa siswi di MTs Muhammadiyah satu dalam melaksanakan kegiatan olimpiade.
Dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) mitra dosen yang dilakukan oleh kelompok 187 dengan berbagai program kerja diantaranya yaituÂ
kegiatan focus group discussion (FGD)
kegiatan ini diisi dengan pelatihan dan pendampingan kegiatan olimpiade dengan strategi heuristik dan juga menentukan bagaimana langkah yang akan dilakukan selama kegiatan pendampingan yang akan dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat oleh mahasiswa  PMM
pemberian pelatihan olimpiade olehpakar dan Tim PMMÂ
kegiatan ini diisi dengan pelatihan yang diisi pemberian materi dari  dosen matematikaÂ
pendampingan pelaksanaan pembimbingan olimpiade
Kegiatan ini dilakukan untuk melihat bagaimana kegiatan pendampingan olimpiade yang berlangsung setelah diberikannya pelatihan
penyusunan handout berdasarkan strategi heuristik
Penyusunan handout Olimpiade dengan strategi heuristik dan penyusunan artikel ilmiah. Artikel tersebut disusun berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan
Pendampingan pelatihan olimpiade ini juga disambut baik oleh siswa siswi pelatihan olimpiade, dimana mereka merasa nyaman saat pendampingan pelatihan berlangsung yang dilakukan oleh teman teman mahasiswa.Â
sebanyak 10 orang siswa siswi gabungan dari kelas 7, 8 dan 9 mengikuti pelatihan olimpiade ini dengan penuh antusias dan cepat tanggap dalam mengerjakan soal - soal olimpiade yang diberikan oleh kakak kakak mahasiswa.
Kegiatan ini ditutup dengan memberikan reward kepada mereka yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan olimpiade matematika berbasis strategi heuristik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H