Mohon tunggu...
PMM 27
PMM 27 Mohon Tunggu... Mahasiswa - PMM Mitra Dosen Kelompok 27 Universitas Muhammadiyah Malang

Kami kelompok PMM 27 akan melakukan program pelatihan dan pendampingan pada para pengerajin di Galery UKM Penanggungan. Tujuan kami adalah untuk memperkenalkan program transformasi digital yang diharapkan dapat membantu pengelolaan UKM sesuai dengan era digital atau era society 5.0. Kegiatan kami akan berlangsung di Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Financial

PMM Mitra Dosen UMM Kelompok 27 Gelar Progam Pelatihan Digital Marketing : Transformasi digital menuju Era 5.0 bagi UKM Galeri Gerabah Klojen Malang

23 Desember 2024   22:35 Diperbarui: 23 Desember 2024   22:32 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Digital Marketing oleh Kelompok 27 PMM Mitra Dosen UMM (Sumber: Doukumentasi Pribadi PMM Mitra Dosen Kelompok 27))

Latar Belakang PMM

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa UMM sebagai wujud implementasi ilmu pengetahuan dalam kehidupan nyata. Program ini bertujuan membantu masyarakat, khususnya UMKM, dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital. Salah satu fokus PMM tahun ini adalah memberdayakan UKM Galeri gerabah Penanggungan Kota Malang melalui pelatihan digital marketing untuk meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar produk lokal.

Latar Belakang Kegiatan

UKM Galeri Gerabah, sebagai salah satu sektor usaha yang sarat dengan nilai seni dan budaya, kerap menghadapi tantangan dalam hal pemasaran. Keterbatasan akses pasar, minimnya promosi, dan rendahnya literasi digital menjadi kendala utama yang menghambat pertumbuhan mereka. Di era digital saat ini, platform online seperti media sosial, marketplace, dan website memiliki potensi besar untuk memperluas jangkauan pasar. Oleh karena itu, pelatihan digital marketing menjadi langkah strategis untuk membantu UKM Galeri Gerabah untuk mengenalkan produknya ke pasar yang lebih luas.

PMM kelompok-27 pastinya memiliki sebuah tujuan untuk mencapai suatu hal yang akan membantu UKM Galeri, Tujuan Kegiatan meliputi:

1. Meningkatkan pemahaman pelaku UKM Galeri Gerabah mengenai strategi pemasaran digital.

2. Membekali pengrajin dengan keterampilan praktis dalam membuat dan mengelola konten promosi di media sosial.

3. Memperluas jangkauan pemasaran produk gerabah melalui platform digital.

4. Mendukung transformasi UKM Galeri Gerabah ke arah digitalisasi untuk meningkatkan daya saing.

Hal yang Diterapkan dalam Kegiatan

  • Pelatihan Penggunaan Media Sosial:

Memberikan materi tentang cara menggunakan platform seperti Instagram,Tik Tok untuk promosi produk. Pelaku UKM Galeri ini diajarkan membuat akun bisnis, mengelola feed, dan memahami algoritma media sosial.

  • Pembuatan Konten Digital:

Melatih peserta membuat foto produk yang menarik, video promosi singkat, dan desain grafis untuk mempercantik konten pemasaran.

  • Pencatatan Transaksi Digital:

Memberikan pelatihan penggunaan aplikasi sederhana untuk mencatat transaksi keuangan, mendukung pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Harapan ke Depannya

Melalui pelatihan ini, UKM Galeri Gerabah diharapkan mampu:

  • Beradaptasi dengan Teknologi:

Pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis mereka.

  • Meningkatkan Daya Saing:

Dengan pemasaran yang lebih efektif, UMKM gerabah dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional.

  • Memperluas Jangkauan Pasar:

Produk gerabah yang sebelumnya hanya dikenal secara lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform online.

  • Meningkatkan Omzet:

Dengan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan terjadi peningkatan penjualan dan pendapatan bagi UKM Galeri Gerabah.

  • Memberdayakan Komunitas Lokal:

Kesuksesan UKM gerabah dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, seperti membuka lapangan kerja baru dan melestarikeni pembuatan gerabah.

Melalui kegiatan ini, pelaku UMKM gerabah tidak hanya diberi solusi untuk tantangan pemasaran, tetapi juga diajak untuk memasuki ekosistem digital yang mendukung keberlanjutan bisnis mereka. Kolaborasi antara mahasiswa, pemerintah, dan UMKM diharapkan dapat menjadi katalis perubahan untuk perekonomian lokal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun