Mohon tunggu...
Amanda Pniel
Amanda Pniel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Korea, FPBS UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN TEMATIK UPI 2021: Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas 4 SD Melalui Program Kegiatan "BECASI"

21 September 2021   18:32 Diperbarui: 21 September 2021   18:34 411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Masuknya Coronavirus di Indonesia menyebabkan kegiatan pembelajaran siswa di sekolah banyak berubah. 

Di masa pandemi seperti ini, kegiatan pembelajaran siswa banyak dilakukan secara daring (online) dan lebih sering memanfaatkan media digital untuk menunjang pembelajaran yang dilakukannya. 

Namun, penggunaan media ataupun sarana berbasis digital tersebut memerlukan pengawasan yang cukup dari orang tua siswa agar mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi terhadap siswa itu sendiri. 

Seperti contohnya, menggunakan HP (handphone) ataupun laptop terlalu lama dapat merusak kesehatan mata dan membuat siswa semakin lelah ketika melaksanakan pembelajaran. 

Selain itu, penggunaan HP (handphone) ataupun laptop yang keluar dari jalur (untuk tujuan pembelajaran) seperti contohnya siswa yang memanfaatkannya untuk bermain game atau bermain medsos sehingga membuatnya tidak fokus belajar akibat tidak diawasi orang tua. 

Hal tersebut mengalihkan sistem pembelajaran yang seharusnya menjadi lebih efektif dan efisien, malah menjadi tidak kondusif. 

Lalu, apa hubungannya dengan literasi baca tulis? Akibat penggunaan media digital yang tidak terarah, siswa pun tidak akan bisa memanfaatkannya untuk mencari dan memahami ilmu pengetahuan atau wawasan baru, serta kretifitas siswa sulit untuk dikembangkan.

Maka dari itu, LPPM UPI (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia) mengadakan program kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang bertemakan “KKN Tematik Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Pusat Prestasi Nasional” untuk menjadi upaya meningkatkan kemampuan literasi dan pemahaman setiap masyarakat. 

KKN Tematik UPI 2021 dengan tema kali ini termasuk ke gelombang kedua dengan jumlah peserta hampir 3000 orang dan dilaksanakan secara daring di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Penulis adalah salah satu mahasiswa Pendidikan Bahasa Korea UPI yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di SD Plus Nurul Aulia yang berada di Jl. Sukarasa No.26, RT 04/RW 11, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Logo kegiatan BECASI
Logo kegiatan BECASI

Saat berdikusi dengan kepala sekolah dan guru bidang kurikulum, penulis diminta kesediaannya untuk membantu segala kegiatan di Perpustakaan Zakhira SD Plus Nurul Aulia Cimahi, lalu penulis juga mengajukan program kegiatan “BECASI" yang merupakan singkatan dari ‘Bedah, Baca Puisi’ guna meningkatkan kemampuan literasi baca tulis siswa. 

Setelah berdiskusi, hasilnya penulis diarahkan agar mengadakan kegiatan “BECASI” ini untuk 10 orang siswa terpilih dari kelas 4A.

Salah satu contoh karya tulis Bedah Puisi siswa
Salah satu contoh karya tulis Bedah Puisi siswa

Pada pertemuan pertama dengan siswa, penulis menjelaskan kegiatan “BECASI” yang akan dilakukan, dimana kegiatan ini memiliki 2 misi yang harus dijalankan oleh setiap siswa, yaitu: 1) Membuat karya tulis bedah puisi, dan 2) Membuat video baca puisi

Pada pertemuan kedua, penulis menjelaskan dan membahas sedikit hasil karya tulis bedah puisi yang telah dikumpulkan oleh setiap siswa, lalu dilanjut dengan memperagakan cara membaca puisi yang baik dan benar sebagai contoh bagi para siswa untuk membuat video baca puisi. Nantinya, video baca puisi mereka akan diunggah di akun Youtube Official SD Plus Nurul Aulia Cimahi.

Pengeditan kompilasi video Baca Puisi siswa
Pengeditan kompilasi video Baca Puisi siswa

Setelah semua misi dijalankan oleh setiap siswa, penulis membuat survey untuk mengukur apakah kemampuan literasi baca tulis siswa dapat meningkat dengan diadakannya kegiatan “BECASI”  ini. 

Ternyata, jawaban dari survey tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan literasi baca tulis mereka. 

Selain itu, penulis juga membuatkan sertifikat keikutsertaan para siswa dalam kegiatan ‘Bedah, Baca Puisi’ ini, serta membagikan materi infografis tentang literasi melalui link Instagram.

Hasil survey mengenai keefektifan pelaksanaan kegiatan BECASI terhadap peningkatan kemampuan literasi baca tulis siswa
Hasil survey mengenai keefektifan pelaksanaan kegiatan BECASI terhadap peningkatan kemampuan literasi baca tulis siswa

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Literasi dan Rekognisi Program MBKM – PUSPRESNAS, penulis berharap agar siswa SD di manapun tetap semangat untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi baca tulisnya agar memudahkan segala kegiatan dalam pembelajaran di masa yang akan datang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun