DIMENSI #6: MEMPELAJARI PEMBELAJARAN BARU (7/10)
Ikhtisar
Pengetahuan datang dari suatu tempat, apakah itu berasal dari teks, artikel, film, ceramah, laboratorium, demonstrasi, wawancara, pencarian internet, atau kemungkinan besar kombinasi dari beberapa sumber. Tetapi, perolehan pengetahuan membutuhkan lebih dari sekadar informasi mentah dibutuhkan alat dan strategi untuk mengakses, mengumpulkan, mengatur, dan memahami informasi baru. Sebagai perancang konten pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka yang akan dipelajari peserta didik, kita perlu bertanya pada diri sendiri tidak hanya "dari mana informasi itu berasal?" Tetapi juga "alat pecatat, pengatur visual, dan teknik inkuiri macam apa yang akan digunakan siswa saya untuk memahami informasi baru ini?"
Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.
1 Â Â Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
2 Â Â Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
3   Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.
4 Â Â Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.
NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Indikator Instruksional
Bagaimana Anda menilai diri sendiri pada dalam hal ... (beri tanda centang)
6.1 Â Merancang bahan ajar dengan memperhatikan cara konten disusun (misalnya topik-subtopik, siklus, prosedural, perbandingan, dll.) dan memecah konten menjadi sub-sub yang lebih rinci dan dapat kelola.
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
6.2 Â Memasukkan berbagai sumber informasi, termasuk sumber daya multimedia, ke dalam pelajaran untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan baru.
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
6.3 Â Mendemonstrasikan keterampilan komunikasi berkualitas tinggi (misalnya bahasa ekspresif, kosa kata yang kaya, penggunaan yang tepat).
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
6.4 Â Menggunakan berbagai teknik presentasi (misalnya visual, drama, cerita, penggunaan gambar, dll.) untuk membuat pelajaran menjadi jelas dan mudah diingat (menyajikan informasi deklaratif).
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
6.5 Â Menggunakan pemodelan dan pemikiran untuk membantu siswa memahami keterampilan berpikir, proses, dan prosedur yang harus mereka kuasai (menyajikan informasi prosedural).
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
6.6 Â Menggunakan berbagai pertanyaan dan teknik respons (misalnya pensinyalan, survei, sistem respons papan tulis, think-pair-share, penulisan sementara) untuk memeriksa pemahaman secara waktu nyata?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
6.7 Â Memanfaatkan sumber daya luar (misalnya kunjungan lapangan, pembicara tamu dari komunitas, teknologi interaktif) untuk menjadikan pembelajaran otentik?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
6.8 Â Membantu siswa mengumpulkan ide-ide besar dan perincian yang penting melalui pembuatan catatan, peringkasan, grafik organisatoris, dan/atau bentuk representasi linguistik dan nonlinguistik lainnya?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Dampak Terhadap Pembelajaran Siswa
Ingat: hasil akhir dari pengajaran berkualitas adalah pembelajaran berkualitas. Cari perilaku siswa ini, yang merupakan beberapa indikator yang pasti efektivitas guru.
Siswa ... (beri tanda centang)
... secara aktif memproses konten baru (misalnya catatan, pertanyaan, penulisan sementara (draft)).
... mampu mengidentifikasi ide-ide besar dan rincian yang penting.
... mengkomunikasikan tentang pembelajaran mereka.
... dapat menjawab pertanyaan tentang pembelajaran mereka.
... membuat pertanyaan mereka sendiri.
... dapat meringkas apa yang telah mereka pelajari.
... membuat koneksi ke dunia nyata.
Penilaian Diri Guru & Refleksi
Bukti komitmenku pada dimensi ini adalah …
Gagasan untuk meningkatkan perencanaan ...
Gagasan untuk meningkatkan implementasi ...
(Bersambung DIMENSI #7 : BELAJAR MENDALAM  (8/10))
Â
References
Brown, R., Pressley, M., Van Meter, P., & Schuder, T. (1996). A quasi-experimental validation of transactional strategies instruction with low-achieving second grade readers. Journal of Educational Psychology, 88, 18-37.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2008). Learning and leading with habits of mind: 16 essential characteristics for success. Alexandria, VA: ASCD.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2009). Habits of mind across the curriculum: Practical and creative strategies for teachers. Alexandria, VA: ASCD.
Danielson, C. (2007). Enhancing professional practice: A framework for teaching (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Hunter, M. (1984). Knowing, teaching, and supervising. In P. Hosford (Ed.), Using what we know about teaching (pp. 169-192). Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2003). What works in schools: Translating research into action. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J., Frontier, T., & Livingston, D. (2011). Effective supervision: Supporting the art and science of teaching. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. & Pickering, D. J. (2010). The highly engaged classroom. Bloomington, IN: Marzano Research Laboratory.
Saphiers, J., Haley-Speca, M. A., & Gower, R. (2008). The skillful teacher: Building your teaching skills (6th ed.). Acton, MA: Research for Better Teaching.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010a). Classroom curriculum design: How strategic units improve instruction and engage students in meaningful learning. Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010b). The Eight Cs of engagement: How learning styles and instructional design increase student commitment to learning. In R. J. Marzano (Ed.), On excellence in teaching (pp. 319–344). Bloomington, IN: Solution Tree.
Strong, R. W., Silver, H. F., & Perini, M. J. (2001). Teaching what matters most: Standards and strategies for raising student achievement. Alexandria, VA: ASCD.
Tucker, P. D. & Stronge, J. H. (2005). Linking teacher evaluation and student learning. Alexandria, VA: ASCD.
Wiggins, G. & McTighe, J. (2005). Understanding by design (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI