Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dimensi #5: Mempersiapkan Siswa untuk Pembelajaran Baru (6/10)

5 Desember 2022   22:00 Diperbarui: 21 Desember 2022   23:51 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dimensi #5: Mempersiapkan Siswa untuk Pembelajaran Baru (Flickr)

DIMENSI #5: MEMPERSIAPKAN SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BARU (6/10)

Ikhtisar

Hal pertama yang siswa perlu lakukan dalam Kurikulum Merdeka untuk membangun pengetahuan peserta didik adalah siap dengan pengetahuan tersebut sebagai modal awal untuk pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian, knowledge anticipation tersebut biasanya menandai awal konten pembelajaran dan "menjadi mesin utama" untuk pembelajaran yang serius berikutnya. Pengalaman knowledge anticipation membantu siswa mengingat apa yang sudah mereka ketahui tentang topik unit sebelumnya dan menghubungkan pengetahuan latar belakang tersebut dengan konten yang akan datang. 

Knowledge anticipation juga merupakan waktu (titik awal) untuk memperkenalkan pertanyaan-pertanyaan penting yang akan mendorong pembelajaran konten unit tersebut, menjelaskan harapan kedepan, menjelaskan produk dan tugas yang akan dibuat oleh siswa, membantu siswa menilai keterampilan dan pemahaman mereka, dan mendorong siswa untuk mengidentifikasi kepribadian minat mereka yang terkait dengan konten yang akan dipelajari.

Source: From Classroom Curriculum Design: How Strategic Units Improve Instruction and Engage Students in Meaningful Learning (p. 80), by H. F. Silver & M. J. Perini, 2010a, Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press. © 2010 Thoughtful Education Press.

Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.

1    Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

2    Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

3    Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.

4    Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun