Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

9 Dimensi Penilaian Mandiri Guru Kurikulum Merdeka (1/10)

30 November 2022   22:30 Diperbarui: 7 Desember 2022   00:42 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

9 DIMENSI PENILAIAN MANDIRI GURU KURIKULUM MERDEKA (1/10)

Gambaran Umum dan Bagaimana Model ini Dibangun

Kerangka kerja dengan 9 (sembilan) dimensi ini merupakan sistem yang komprehensif untuk menilai, mendiskusikan, dan menyempurnakan praktik pembelajaran di ruang kelas yang ditujukan bagi para guru dan administrator pendidikan. Kerangka kerja ini mensintesis wawasan dari berbagai penelitian tentang desain instruksional dan model efektivitas guru. 

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, kerangka kerja ini sangat ideal untuk digunakan sebagai alat penilaian diri oleh guru dan sebagai alat pengawasan/pengamatan oleh administrator. Tujuan akhir dari kerangka kerja ini adalah untuk menciptakan indikator yang sama yang berbicara tentang apa yang merupakan pengajaran berkualitas tinggi dan bagaimana praktik kelas dapat ditingkatkan.

Kerangka kerja ini memungkinkan penilai mendasarkan pada 9 (sembilan) dimensi pengajaran.  Setiap dimensinya diuraikan serangkaian perilaku mengajar yang spesifik dan dapat diamati. 

Setiap perilaku dapat dinilai secara kuantitatif menggunakan skala peringkat berdasarkan serangkaian pertanyaan yang diberikan. Selain itu, kerangka kerja ini menyediakan ruang untuk komentar dan catatan dalam setiap dimensi, dan memungkinkan penilaian dilakukan yang lebih mendalam.

Model ini terdiri dari dua komponen penting: Komponen 1. Desain instruksional dan pelaksanaannya, dan Komponen 2. Landasan pembelajaran yang efektif

Komponen Satu: Desain instruksional dan pelaksanaannya - Inti dari kerangka kerja ini adalah model "konstruksi pengetahuan" yang mensintesis penelitian terbaik tentang desain instruksional serta pelaksanaanya, termasuk di dalamnya:

  • Madeline Hunter’s “Classic Elements of Lesson Design” (1984).
  • Grant Wiggins and Jay McTighe’s Understanding by Design (2005).
  • Robert Marzano’s The Art and Science of Teaching (2007).
  • Sejumlah besar penelitian tentang bagaimana sekolah dapat mempersiapkan siswa untuk karir abad ke-21, kewarganegaraan global sebagaimana yang diamanatkan dalam salah satu nilai Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pancasila (P5), dan tuntutan ekonomi "berbasis pengetahuan".

Komponen 1. Desain Instruksional dan Pelaksanaannya (Dok  pribadi)
Komponen 1. Desain Instruksional dan Pelaksanaannya (Dok  pribadi)

Komponen Dua: Empat landasan pengajaran yang efektif adalah adalah empat elemen dasar yang mendukung pengajaran dan pembelajaran, diadaptasi dari model efektifitas termasuk didalamnya:

  • Charlotte Danielson’s Enhancing Professional Practice (2007).
  • Robert Marzano’s The Art and Science of Teaching (2007).
  • Robert Marzano, Tony Frontier, and David Livingston’s Effective Supervision: Supporting the Art and Science of Teaching (2011).
  • Jon Saphier, Mary Ann Haley-Speca, and Robert Gower’s The Skillful Teacher (2008).
  • Pamela Tucker and James Stronge’s Linking Teacher Evaluation and Student Learning (2005).

Komponen 2: Empat Landasan Pengajaran yang Efektif (Dok pribadi)
Komponen 2: Empat Landasan Pengajaran yang Efektif (Dok pribadi)

Komponen satu dan dua digabungkan untuk membuat kerangka lengkap menjadi sembilan dimensi sebagai berikut:

Gabungan Komponen 1 & 2 (Dok pribadi)
Gabungan Komponen 1 & 2 (Dok pribadi)

Melampaui Ruang Kelas

Selain sembilan dimensi yang disajikan di atas, kerangka kerja ini juga mencakup dimensi kesepuluh untuk penilaian (yang tidak dibahas dalam kesempatan ini). Dimensi kesepuluh ini tentang tanggung jawab penting non-instruksional guru, termasuk komitmen mereka terhadap pembelajaran berkelanjutan, kepemimpinan, dan komunitas sekolah.

(Bersambung DIMENSI #1: ORGANISASI, ATURAN, & PROSEDUR (2/10))

References

Brown, R., Pressley, M., Van Meter, P., & Schuder, T. (1996). A quasi-experimental validation of transactional strategies instruction with low-achieving second grade readers. Journal of Educational Psychology, 88, 18-37.

Costa, A. L. & Kallick, B. (2008). Learning and leading with habits of mind: 16 essential characteristics for success. Alexandria, VA: ASCD.

Costa, A. L. & Kallick, B. (2009). Habits of mind across the curriculum: Practical and creative strategies for teachers. Alexandria, VA: ASCD.

Danielson, C. (2007). Enhancing professional practice: A framework for teaching (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.

Hunter, M. (1984). Knowing, teaching, and supervising. In P. Hosford (Ed.), Using what we know about teaching (pp. 169-192). Alexandria, VA: ASCD.

Marzano, R. J. (2003). What works in schools: Translating research into action. Alexandria, VA: ASCD.

Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. Alexandria, VA: ASCD.

Marzano, R. J., Frontier, T., & Livingston, D. (2011). Effective supervision: Supporting the art and science of teaching. Alexandria, VA: ASCD.

Marzano, R. J. & Pickering, D. J. (2010). The highly engaged classroom. Bloomington, IN: Marzano Research Laboratory.

Saphiers, J., Haley-Speca, M. A., & Gower, R. (2008). The skillful teacher: Building your teaching skills (6th ed.). Acton, MA: Research for Better Teaching.

Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010a). Classroom curriculum design: How strategic units improve instruction and engage students in meaningful learning. Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press.

Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010b). The Eight Cs of engagement: How learning styles and instructional design increase student commitment to learning. In R. J. Marzano (Ed.), On excellence in teaching (pp. 319–344). Bloomington, IN: Solution Tree.

Strong, R. W., Silver, H. F., & Perini, M. J. (2001). Teaching what matters most: Standards and strategies for raising student achievement. Alexandria, VA: ASCD.

Tucker, P. D. & Stronge, J. H. (2005). Linking teacher evaluation and student learning. Alexandria, VA: ASCD.

Wiggins, G. & McTighe, J. (2005). Understanding by design (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun