DIFERENSIASI PROGRAM P5 BERDASARKAN TEORI JOHN HOLLAND
Teori Pilihan Karir John Holland (RIASEC) menyatakan bahwa dalam memilih karir, orang lebih memilih pekerjaan di mana mereka dapat berada di sekitar orang lain yang seperti mereka. Mereka mencari lingkungan yang memungkinkan mereka menggunakan keterampilan dan kemampuan mereka dan mengekspresikan sikap dan nilai mereka sambil menghadapi masalah dan peran yang menyenangkan. Perilaku ditentukan oleh interaksi antara kepribadian dan lingkungan.
Teori John Holland berpusat pada gagasan bahwa kebanyakan orang masuk ke dalam salah satu dari enam tipe kepribadian:
• Realistic,
• Investigative,
• Artistic,
• Social,
• Enterprising, dan
• Conventional.
Pastikan Proyek P5 sungguh sesuai dengan minat mereka dan terdiferensiasi dengan baik. Ikut langkah berikut ini.
Langkah 1 : Mintalah peserta didik memeriksa (beri tanda centang (v)) semua pernyataan yang paling sering menggambarkan kepribadian mereka.
REALISTIC (R)
Apakah kamu orang yang:
__ praktis?
__ atletis?
__ lugas?
__ cenderung mekanis?
__ pecinta alam?
__ penasaran dengan dunia fisik?
Bisakah kamu:
__ memperbaiki benda-benda kelistrikan?
__ memecahkan masalah mekanis?
__ mendirikan tenda?
__ bermain olahraga?
__ membaca cetak biru (a blueprint)?
__ mengoperasikan peralatan dan permesinan?
Apakah Anda suka:
__ bermain-main dengan mesin?
__ berkerja diluar?
__ aktif secara fisik?
__ bekerja dengan tanganmu?
__ membangun sesuatu?
__ bekerja di mobil? TOTAL v ____
INVESTIGATIVE (I)
Apakah kamu orang yang:
__ ingin tahu?
__ analitis?
__ ilmiah?
__ jeli?
__ logis?
__ tepat?
Bisakah kamu:
__ berpikir abstrak?
__ memecahkan masalah matematika?
__ memahami teori fisika?
__ melakukan perhitungan yang rumit?
__ bisa gunakan mikroskop?
__ menafsirkan rumus?
Apakah Anda suka:
__ jelajahi ide?
__ menggunakan computer?
__ bekerja secara mandiri?
__ melakukan percobaan laboratorium?
__ membaca majalah ilmiah atau teknis?
__ menganalisis data? TOTAL v ____
ARTISTIC (A)
Apakah kamu orang yang:
__ kreatif?
__ intuitif?
__ imajinatif?
__ inovatif?
__ sensitive?
__ seorang individualis?
Bisakah kamu:
__ membuat sketsa, menggambar, melukis?
__ gunakan intuisi?
__ memainkan alat music?
__ menulis cerita, puisi, music?
__ mengembangkan ide-ide baru, pendekatan?
__ desain mode atau interior?
Apakah Anda suka:
__ selesaikan masalah dengan cara yang orisinal?
__ membaca fiksi, drama, puisi?
__ menggunakan kemampuan verbal untuk berbicara, bertindak, menghibur?
__ mengambil foto?
__ menggunakan kemampuan visualisasi?
__ mengekspresikan diri Anda secara kreatif? TOTAL v ____
SOCIAL (S)
Apakah kamu orang yang:
__ ramah?
__ senang membantu?
__ idealis?
__ berwawasan tentang orang?
__ suka jalan keluar dengan orang lain?
__ memahami?
Bisakah kamu:
__ mengajar atau melatih orang lain?
__ ungkapkan perasaanmu dengan jelas?
__ memimpin diskusi kelompok?
__ menengahi perselisihan?
__ bekerja sama dengan baik dengan orang lain?
__ bekerja dengan baik dalam kelompok atau tim?
Apakah Anda Suka:
__ menggunakan keterampilan sosial dan interpersonal?
__ membantu orang dengan masalah mereka?
__ memimpin grup?
__ gunakan keterampilan komunikasi?
__ mengajar atau melatih orang lain?
__ memberikan dukungan, dan empati? TOTAL v ____
ENTERPRISING (E)
Apakah kamu orang yang:
__ percaya diri?
__ asertif?
__ ramah?
__ persuasive?
__ antusias?
__ energik?
Bisakah kamu:
__ memulai (menginisiasi) proyek?
__ meyakinkan orang untuk melakukan sesuatu dengan cara Anda?
__ menjual barang atau mempromosikan ide?
__ memberikan ceramah atau pidato?
__ mengatur kegiatan dan acara?
__ memimpin grup?
Apakah Anda Suka:
__ membuat keputusan yang mempengaruhi orang lain?
__ gunakan energi atau dorongan?
__ memberikan pidato atau ceramah
__ gunakan keterampilan dalam argumen atau debat
__ mengambil resiko
__ mengatur dan memimpin orang lain? TOTAL v ____
CONVENTIONAL (C)
Apakah kamu orang yang:
__ terorganisir dengan baik (well-organized)?
__ akurat dengan detail dan angka?
__ tertarik dengan pengolahan angka-angka?
__ metodis?
__ teliti tentang fakta?
__ efisien?
Bisakah kamu:
__ bekerja dengan baik dalam sistem otoritas atau organisasi?
__ menulis laporan?
__ simpan catatan yang akurat?
__ menggunakan terminal computer?
__ melakukan perhitungan?
__ mengumpulkan, mengatur dan melaporkan data?
Apakah Anda Suka:
__ ikuti prosedur yang ditentukan?
__ buat bagan, tabel, dan grafik?
__ bekerja dengan angka?
__ ketik atau lakukan pengolah kata?
__ mengklasifikasikan dan mengatur informasi?
__ bertanggung jawab atas detailnya? TOTAL v ____
Langkah 2: Mintalah peserta didik untuk memberi plot skor mereka untuk kepribadian karir mereka dan hubungkan titik-titik dengan garis yang solid.
Langkah 3 : Mintalah peserta didik mengambil tiga huruf dengan skor tertinggi dan mintalah mencatat inisialnya di bawah “Kode Minat Saya” berikut ini.
Langkah 4: Mintalah peserta didik mempelajari dalam kelompok teori John Holland yang berpusat pada gagasan bahwa kebanyakan orang masuk ke dalam salah satu dari enam tipe kepribadian:
• realistic,
• investigative,
• artistic,
• social,
• enterprising, and
• conventional.
Langkah 5 : Bersama peserta didik diskusikan kira-kira Program P5 apa yang tepat, yang terdiferensiasi sesuai minat peserta didik?
Langkah 6: Susun Program P5 dan pastikan terdiferensiasi sesuai dengan minat peserta didik.
Selamat merayakan kemerdekaan belajar.
Referensi
- Jones, L, ‘The Career Key’, accessed December 2021, (www.careerkey.org).
- ‘Big Picture View of Career Development Theory’, accessed December 2021, (www.ccdf.ca).
- Savickas, M, and Lent, R, ‘Convergence in Career Development Theories’, Palo Alto, California, USA: Consulting Psychologists Press Inc.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI