Nah di sini saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu filsafat nah filsafat di sini adalah salah satu bidang kajian yang mengkaji suatu cara berpikir sampai mendalam mengenai hakikat sesuatu. Filsafat sendiri merupakan induk dari berbagai ilmu pengetahuan titik karena adanya salah cabang filsafat salah satunya adalah epistemologi.
Nah selanjutnya mengenai ilmu pengetahuan. Nah ilmu pengetahuan disini secara umum adalah suatu pengetahuan tentang objek tertentu yang disusun secara sistematis objektif, rasional dan empiris sebagai hasil. Nah Dan tidak semua pengetahuan itu menjadi ilmu pengetahuan, namun mempunyai karakteristik khusus adapun karakteristik khusus itu sebagai berikut:
1. Disusun secara metodis, sistematis, dan koheren atau berkesinambungan tentang suatu bidang tertentu dan kenyataan atau realitas.
2. dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu di bidang pengetahuan tersebut.
Nah selanjutnya fungsi-fungsi dari ilmu pengetahuan:
1. Fungsi deskriptif: menggambarkan atau melukiskan dan memaparkan suatu objek atau masalah sehingga mudah dipelajari oleh peneliti.
2. Fungsi pengembangan: melanjutkan hasil penemuan yang lalu dan menemukan hasil ilmu pengetahuan yang baru.
3. Fungsi prediksi: meramalkan kejadian-kejadian yang besar kemungkinannya terjadi sehingga manusia dapat mengambil tindakan yang perlu dalam usaha menghadapinya.
4. Fungsi kontrol: berusaha mengendalikan peristiwayang tidak dikehendaki.
Nah selanjutnya di sini saya akan menjelaskan tentang epistemologi. Nah apa sih epistemologi itu epistemologi sering juga disebut dengan teori pengetahuan. Nah epistemologi disini memfokuskan pada makna pengetahuan yang dihubungkan dengan konsep sumber dan kriteria pengetahuan, jenis pengetahuan dan sebagainya titik nah epistemologi merupakan cabang filsafat yang memiliki asal-usul susunan metode dan sahnya pengetahuan.
Nah di sini saya akan menjelaskan tentang fungsi filsafat ilmu menurut Frans magnis fungsi filsafat ilmu sangat luas dan mendalam yaitu sebagai berikut:
1. Untuk membantu mendalami pertanyaan-pertanyaan tentang ilmu atau asasi manusia tentang makna realitas dan lingkup tanggung jawabnya.
2. Sebagai kritik ideologi artinya kemampuan menganalisis secara terbuka dan kritis.
3. Sebagai dasar metode dan wawasan lebih mendalam dan kritis dalam mempelajari studi studi ilmu khusus.
4. merupakan dasar paling luas untuk berpartisipasi secara kritis dalam kehidupan intelektual.
Nah selanjutnya saya akan menjelaskan tentang agama definisi agama adalah kepercayaan seseorang terhadap sesuatu yang bersifat spiritual dan hal-hal yang ghaib atau tidak dapat dilihat oleh mata, dalam agama Islam disebut keimanan. Nah nah ada pula kaitanya agama dengan kehidupan . kehidupan beragama pada dasarnya merupakan kepercayaan terhadap keyakinan adanya kekuatan ghaib, luar biasa atau supranata yang berpengaruh terhadap kehidupan individu dan masyarakat bahkan terhadap gejala alam.
Nah selanjutnya mengenai fungsi agama-agama disini diperlukan dalam kehidupan masyarakat adapun fungsi agama dalam kehidupan individu dan masyarakat antara lain:
1. Fungsi edukatif
2. Fungsi penyelamat
3. Fungsi sebagai perdamaia
4.fungsisosial kontrol
5. Fungsi transformatif
Nah Nah selanjutnya persamaan antara ilmu, filsafat, dan agama Nah di sini persamaan antara ilmu filsafat dan agama adalah sama-sama untuk mencari kebenaran melalui metode ilmiahnya berupa mencari kebenaran.
Nah Nah selanjutnya perbedaan antara ilmu, filsafat, dan agama.
Nah Nah di sini terdapat perbedaan yang mendasar antara ilmu, filsafat, dan agama di mana ilmu dan filsafat bersumber dari akal budi atau rasio manusia, sedangkan agama bersumber dari Wahyu Tuhan atau Tuhan.
KONSTRIBUSI PEMIKIRAN FILSAFAT ISLAM JAM DALAM PENDIDIKAN
Baik sebelumnya saya disini akan menjelaskan terlebih dahulu hubungan filsafat Islam jam dan ilmu pendidikan.
nah sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu filsafat Islam nah filsafat Islam disini secara khusus merupakan suatu pokok-pokok atau au au dasar-dasar tentang pemikiran yang dikemukakan oleh para filsuf Islam. Jadi di pada kesimpulan filsafat Islam merupakan pokok-pokok pemikiran yang meliputi Allah alam semesta, Wahyu, akal, agama dan juga filsafat itu sendiri dari sudut pandang para filosofi muslim. Nah selanjutnya mengenai pengertian pendidikan. Nah pendidikan di sini dapat dibedakan dalam dua konteks yaitu:
1.pendidikan dalam arti sempit . pendadikan dalam arti sempit iyalah sekolah atau persekolahan
2.pendidikan dalam arti luas.nah sedangkan dalam arti luas iyalah berbagai macam pengalam belajar dalam keseluruhan lingkungan hidup.nah selanjutnya mengenai hubungan tentang filsafat Islam dan ilmu pendidikan .nah jadi apabila filsafat dapat dikaitka bahwa filsafat Islam dapat dikaitkan bahwa filsafat Islam dapat dijadikan landasan bagi pendidikan baik teoritis maupun praktis  dan tidak dipungkiri pemikiran para filosof muslim sedikit banyaknya memiliki kontribusi besar terhadap pendidikan Islam jam baik teoritis maupun praktis, baik mengenai tujuan tujuan kurikulum metode-metode cara menerapkan murid kewajiban guru Nah selanjutnya mengenai kontribusi kontribusi filsafat Islam terhadap ilmu pendidikan nah disini hubungan fungsional antara filsafat dan teori pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Filsafat dalam arti analisa ialah salah satu cara pendidikan dan yang digunakan oleh para ahli pendidik dalam memecahkan problematika pendidikan dan menyusun teori-teori pendidikan
2. Filsafat berfungsi memberikan arahan agar teori-teori pendidikan yang telah dikembangkan oleh para ahlinya.
3. Filsafat termasuk juga filsafat pendidikan mempunyai fungsi untuk memberikan petunjuk dan arah dalam mengembangkan teori-teori pendidikan kan menjadi  ilmu pendidikan. Nah permasalahan dalam pendidikan begitu kompleks banyak hal yang perlu dipecahkan oleh ilmu mu maupun filsafat.nah zuhairini mengungkapkan berbagai permasalahan yang termasuk wilayah filsafat pendidikan diantaranya:
1.hakikat pendidikan.
2. apakah pendidikan itu berguna untuk membina kepribadian manusia.
3. Apakah sebenarnya tujuan pendidikan itu.
4. Apakah hakikat manusia.
5 titik apakah isi kurikulum yang relevan dengan pendidikan yang ideal.
Nah jadi pemikiran-pemikiran filsafat barat dapat dijadikan landasan bagi permasalahan-permasalahan pendidikan dewasa ini. Maka sudah seharusnya dunia pendidikan menjadi filsafat Islam sebagai landasan bagi permasalahan pendidikan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI