Adanya wabah pandemi covid-19 telah memberikan dampak terhadap kegiatan ekonomi yang melemah drastis. Oleh karena itu, para pelaku usaha ditantang untuk membuat strategi agar usaha yang dijalankan tidak berhenti selama masa pandemi. Salah satunya cara mempertahankan usaha dengan menggunakan strategi digital marketing.Â
Hal ini dikarenakan masyarakat selama masa pandemi akan lebih sering berbelanja melalui media sosial dan membatasi pembelian secara langsung guna memutus rantai penyebaran covid-19. Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata UM 2020 ini salah satu program kerja yang kami jalankan yaitu membantu UMKM Desa Sumberdem,Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang dalam mengembangkan usahanya melalui digital marketing.
Digital Marketing merupakan strategi untuk memasarkan suatu produk dengan memanfaatkan teknologi digital. Beberapa akses digital marketing dapat dilakukan digital marketing advertising yaitu produk dapat dipromosikan atau diiklankan dengan menggunakan media digital seperti media sosial, blog, website, dan lain sebagainya. Manfaat dalam penggunakan digital marketing ini selain dapat memudahkan komunikasi dengan konsumen, juga dapat memperluas pangsa pasar dengan mudah.
Maka dari itu kami mahasiswa KKN Tematik UM 2020 dari program studi S1 Teknik Mesin membantu mengembangkan usaha para UMKM dengan beberapa layanan online diantaranya:
- Social Media
Social media yang dikembangkan melalui platform instagram dimana banyak sekali peluang yang akan didapatkan jika memaksimalkan platform ini. pengetahuan mengenai engagement rate yang perlu dikuasai semua ahli pemasaran di media sosial.
Dilansir dari Hopperhq, engagement rate adalah metrik dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial, khususnya di Instagram dan Website.
Indikator satu ini wajib hukumnya untuk dipahami oleh para marketer dan influencer untuk mengukur keterlibatan audiens dengan post mereka.
Bila sebuah konten mendapatkan banyak perhatian dari followers, secara langsung pengetahuan publik terhadap brand akan meningkat.
Engagement rate juga dapat digunakan sebagai dasar riset untuk mengetahui kebutuhan audiens berdasarkan jumlah interaksi mereka dengan beberapa konten tertentu.
- Website for PCÂ
Webiste for PC dapat diakses di desasumberdem18320.wixsite.com
- Website for MobileÂ
Webiste for Mobile dapat diakses di desasumberdem18320.wixsite.com
Â
Beberapa tips agar digital marketing dapat berkembang diantaranya:
1. Membuat Konten yang menarik & bermanfaat untuk pengikut anda maupun orang yang mengunjungi  media sosial.
2. Follow atau mengikuti target pasar kita dan berinteraksi dengan mereka.
3. Bermitra dengan Influencer yang memiliki follower yang banyak.
4. Ikuti Trend Positif di media sosial.
Para mitra dari anggota UMKM dan Kepala Desa Sumberdem memberikan kesan pesan kepada mahasiswa, dengan adanya program kerja yang dirancang dalam KKN Tematik UM 2020 ini sangat membantu usaha terutama produk-produk di desa.Â
Mitra mengatakan akan terus melakukan pengembangan usaha dengan ilmu-ilmu yang didapat selama mahasiswa menjalankan KKN ini. Mitra juga berpesan semoga pengabdian ini tidak hanya sampai dikegiatan KKN saja, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat terus membantu usaha masyarakat terutama yang berada dilingkungan sekitar yang membutuhkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H