Membuat RPP Daring Kelas 1 SD Format 1 Lembar yang efektif merupakan komponen utama dari desain pembelajaran. Rencana pelajaran memungkinkan guru untuk menetapkan tujuan pembelajaran, merencanakan dan menyampaikan konten kelas, serta mengatur dan mengukur pelajaran. Ini menguraikan jenis metode penilaian formal atau informal yang akan digunakan guru di ruang kelas mereka.
Rencana pelajaran juga membantu pendidik mengidentifikasi jenis interaksi siswa-guru yang lebih efektif. Secara khusus, ada dua bidang perhatian utama: observasi kelas, atau observasi guru terhadap aktivitas siswa secara individu dan kelas secara keseluruhan; dan pengajaran yang berpusat pada siswa, yang merupakan metode mengajar siswa dalam hubungan satu sama lain.Â
Tujuan dari observasi kelas adalah untuk mengevaluasi kemajuan siswa menuju tujuan kelas, mengidentifikasi area untuk perbaikan, dan menentukan bagaimana guru dapat mendukung siswa dengan lebih baik.Â
Baca juga artikel saya lainnya:
Unsur terpenting dari sebuah rencana adalah apa yang disebut "konsep kunci". Ini adalah gagasan utama pelajaran, dan alasan utama kursus.Â
Rencana yang baik hendaknya memiliki gambaran konsep yang jelas, sehingga dapat teridentifikasi saat siswa berada di kelas. Konsep kunci haruslah sesuatu yang menarik bagi siswa, dan sesuatu yang masuk akal bagi mereka.
Ada banyak cara untuk mengembangkan rencana. Salah satunya melalui jurnal atau dokumentasi tertulis lainnya. Salah satunya adalah dengan benar-benar membuat rencana dari serangkaian tujuan, sasaran, dan dokumentasi pendukung.Â
Cara ketiga adalah dengan menggunakan sumber daya yang tersedia bagi guru, seperti templat rencana pelajaran, generator rencana pelajaran online, dan / atau perencana siswa.Â
Selain itu, guru dapat menggunakan perangkat lunak untuk membantunya membuat rencana, termasuk, namun tidak terbatas pada, alat perangkat lunak seperti "Perencana Pelajaran."
Baca juga : Pembedahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Tahun Baru 2021
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring Satu lembar Kelas 1 bisa anda dapatkan di sini
Langkah pertama dalam mengembangkan rencana adalah mengidentifikasi materi kursus yang perlu dibahas. Setelah ini selesai, ada beberapa cara untuk mengatur informasi dalam rencana. Metode yang paling umum digunakan oleh guru adalah mengembangkan seperangkat tujuan yang menjabarkan materi kursus yang perlu dicakup.
Sasaran adalah daftar kinerja siswa pada tugas tertentu (misalnya, siswa yang mengerjakan tugas membaca tepat waktu perlu menyelesaikan tugas tepat waktu), daftar keterampilan atau kemampuan yang harus dimiliki siswa (ini termasuk , misalnya, siswa yang mendengarkan dengan penuh perhatian, mengikuti arahan, mendengarkan dengan efektif, mengikuti arahan di kelas, mengikuti arahan di sekolah, mengikuti tes dengan benar), dan terakhir daftar kekuatan dan kelemahan kinerja setiap siswa pada tugas-tugas ini.Â
Akibatnya, setelah membuat tujuan, mudah untuk mengembangkan daftar kekuatan dan kelemahan, yang dapat digunakan untuk membandingkan satu siswa dengan siswa lainnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H