Mohon tunggu...
Petra Eko Junarto 41519310060
Petra Eko Junarto 41519310060 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student

Student of Informatics Engineering in Mercubuana warung buncit. supporting lecturer Prof. Dr, Apollo, M. Si.Ak, Entrepreneurship Courses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aplikasi Strategi Bisnis pada Proposal Bisnis FluffN'Stuff Pancakes

17 Juni 2024   23:51 Diperbarui: 18 Juni 2024   00:12 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Model Strategi Bisnis Wheelen, Hunger

Model strategi bisnis yang dibuat oleh Wheelen dan Hunger, sering disebut sebagai pendekatan yang komprehensif untuk merancang strategi bisnis sebuah organisasi. Model Wheelen dan Hunger menawarkan pendekatan sistematis dan terstruktur untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif, dengan mengintegrasikan analisis eksternal dan internal serta penerapan strategi yang dipilih dengan cermat (J, David Hunger, 1995). 

Model strategi bisnis yang dibuat oleh Wheelen dan Hungermembantu perusahaan untuk mengoptimalkan potensi mereka, menghadapi tantangan pasar, dan mencapai tujuan jangka panjang mereka dengan lebih efektif. 

Berikut adalah penjelasan secara detail tentang model ini:

1. Analisis Lingkungan Eksternal

Model ini dimulai dengan melakukan analisis menyeluruh terhadap lingkungan eksternal perusahaan. Langkah ini mencakup:

  • Analisis Industri: Memahami struktur industri di mana perusahaan beroperasi, seperti potensi pertumbuhan, tingkat persaingan, dan faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi industri.

  • Analisis Pasar: Menilai pasar atau segmen pasar yang dilayani perusahaan, serta tren dan preferensi konsumen yang mungkin mempengaruhi strategi pemasaran dan penjualan.

  • Analisis Pesaing: Mengevaluasi pesaing langsung dan tidak langsung untuk memahami kekuatan, kelemahan, strategi, dan reaksi potensial terhadap gerakan strategis perusahaan.

  • Analisis Makro Lingkungan: Memeriksa faktor-faktor makroekonomi, politik, hukum, sosial, dan teknologi (PESTEL analysis) yang dapat mempengaruhi kondisi bisnis secara keseluruhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun