Mohon tunggu...
Antonius Muardi
Antonius Muardi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Calon Guru

Melaksanakan amanat UUD 1945 "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ruang Kolaborasi Topik 4 Pembelajaran Berdiferensiasi

18 Desember 2024   12:45 Diperbarui: 18 Desember 2024   12:45 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

T4.3. Ruang Kolaborasi

Kegiatan: Membuat RPP/Modul Ajar Berdiferensiasi secara kelompok

Nama Anggota Kelompok:

  • Agnes Mbung
  • Antonius Muardi
  • Desyana D. Saban
  • Maria Sartika SIndang

Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi.

MODUL AJAR

  • INFORMASI UMUM
  • Identitas Modul

    • Nama Penyusun
    • : Agnes Mbung
    • Antonius Muardi
    • Desyana D. Saban
    • Maria S. Sindang

    • Instansi
    • : SDI Konggang
    • Tahun Pelajaran
    • : 2024/2025
    • Mata Pelajaran
    • Fase
    • : C
    • Kelas/Semester
    • : V/1
    • Bab
    • : 1 Pancasila Dalam Kehidupanku
    • Tema
    • : B Meneladani Perilaku Pancasila
    • Alokasi Waktu
    • : 2 JP (2X 35 Menit)
    • Kompetensi Awal
    • Peserta didik mampu memahami sejarah Pancasila
    • Peserta didik mampu memahami sila-sila Pancasila
    • Peserta didik mampu mengidentifikasi simbol-simbol Pancasila
    • Profil Pelajar Pancasila
    • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia,
    • Gotong Royong
    • bernalar kritis
    • kreatif
    • Sarana dan Prasarana
    • Media: Teks Bacaan, Video dan PPT
    • Alat: white board, LCD proyektor, laptop guru
    • Lingkungan belajar: ruang kelas dan lingkungan tempat tinggal peserta didik.
    • Target Peserta Didik
    • Reguler 28 Orang:
    • Gaya Belajar Visual/Audiovisual 11 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
    • Gaya Belajar Audiotory 9 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
    • Gaya belajar kinestetik 8 orang dibagi kedalam 2 kelompok belajar
    • Jumlah Peserta Didik: 28 Peserta Didik
    • Model Pembelajaran
    • Model pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
    • Pendekatan: Teaching at the Right Level (TaRL), Cullturally Responsive Teaching (CRT)
    • Metode Pembelajaran: Ceramah interaktif, Tanya jawab, demontrasi, diskusi.
    • KOMPETENSI UMUM (Prinsip UbD)
    • Capaian Pembelajaran Fase c
    • Peserta didik mampu memahami dan menyajikan hubungan antarsila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
    • Alur Tujuan Pembelajaran
    • Peserta didik mampu menyebutkan urutan sila-sila Pancasila. (C1)
    • Peserta didik mampu menjelaskan makna dari sila-sila Pancasila. (C2)
    • Peserta didik mampu menentukan simbol-simbol dalam sila-sila Pancasila. (C3)
    • Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C3)
    • Peserta didik mampu menemukan contoh kehidupan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan penerapan dari sila-sila Pancasila (C4)
    • Peserta didik mampu menyimpulkan makna dari simbol-simbol Pancasila (C5)
    • Peserta didik mampu menampilkan contoh penerapan perilaku dari sila-sila pancasila dalam kehidupan di keluarga, kehidupan di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C6).
    • Asesmen/Penilaian
    • Assessment for learning 
    • QUIZ
    • Simbol dari sila kedua dan ketiga adalah?
    • Apa makna dari lambang pohon beringin?
    • Apa makna dari kepala banteng?
    • Apa symbol dari sila kelima dalam pancasila?

    • Assessment as learning
    • Nama lengkap             :
    • Kelas/Semester           :

    • Petunjuk: Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada bapak guru.

  • No

    Pernyataan

    Ya

    Tidak

    Selama Kegiatan Belajar Kelompok Di kelas Saya:

    1

    Mengusulkan ide kepada teman-teman kelompok

    2

    Sibuk mengerjakan tugas saya sendiri

    3

    Tidak berani bertanya ke teman karena saya malu

    4

    Menertawakan pendapat dari teman kelompok

    5

    Aktif mengerjakan tugas kelompok


    • Petunjuk: Amati perilaku 1 orang temanmu selama mengiku kegiatan belajar kelompok. Isilah kolom yang tersedia dengan tanda cek () jika temanmu menunjukkan perilaku yang sesuai dengan pernyataan untuk indikator yang kamu amati atau tanda strip (-) jika temanmu tdak menunjukkan perilaku tersebut. Serahkan hasil pengamatan kepada bapak pendidik.
    • Nama lengkap teman  :
    • Nama lengkap Penilai :
    • Kelas                           :

  • No

    Hal-hal yang diamati

    Teman

    1

    Teman saya mengerjakan tugas kelompok  sesuai dengan pembagaian tugas dalam kelompok

    2

    Teman saya menyempaikan pendapatnya untuk menyelesaikan masalah

    3

    Teman saya memaksa anggota kelompok untuk menerima usulannya

    4

    Teman saya menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orang lain

    5

    Teman saya menertawakan pendapat orang lain

     

     

     

     

     

     

    • Assessment of learning
    • Tulislah urutan dari sila-sila Pancasila?
    • Jelaskan arti/makna dari setiap sila-sila dalam Pancasila!
    • Berikut ini simbol-simbol dalam Pancasila:
    • Simbol gambar bintang
    • Simbol gambar rantai
    • Simbol gambar pohon beringin
    • Simbol gambar kepala banteng
    • Simbol gambar padi dan kapas
  • Tentukanlah simbol-simbol tersebut sesuai dengan sila-sila Pancasila!

    • Buatlah contoh penerapan dari setiap sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
    • Pertanyaan Pemantik
    • Selama ini kamu selalu berdoa ketika memulai kegiatan pembelajaran dan juga pada saat mengakhiri kegiatan pembelajaran kamu selalu menutupnya dengan berdoa. Jika suatu saat ada aturan yang akan melarang kamu untuk berdoa bagaiman pendapatmu?
    • Kegiatan Pembelajaran
  • Kegiatan Awal

    • Kelas dimulai dengan salam, menanyakan kabar dan memeriksa kehadiran peserta didik.
    • Kelas dilanjutkan dengan do'a yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. (Religius, beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia)
    • Menyanyikan lagu wajib Garuda Pancasila
    • KSE: meningkatkan konsentrasi peserta didik dengan teknik 3 M dengan mendengar musik instrument: https://www.youtube.com/watch?v=uOIHHMnI_Ig
    • Membayangkan: membayangkan berada di alam yang indah
    • Mendengarkan: mendengarkan suara-suara dari alam
    • Merasakan: merasakan kenikmatan yang diberikan oleh alam

    • Guru menjelaskan kegiatan yang akan peserta didik lakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
  • Kegiatan Inti

    • Menjelaskan Materi
    • Sintak 1: orientasi peserta didik pada masalah
      • Gaya belajar
      • Jenis kegiatan
      • Visual/Audiovisual
      • Guru menyajikan materi dalam bentuk audiovisual dan peserta didik diminta untuk menonton materi yang disajikan oleh guru.
      • Materinya sebagai berikut:
      • Materi Makna Sila-sila Pancasila dan Sikap dalam Kehidupan Sehari-hari: https://guru.kemdik bud.go.id/bukti-karya/video/68391
      • s
      • Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila Sebagai Dasar Negara: video penjelasan simbol pancasila dan maknanya - Penelusuran Google 
      • Audiotory
      • Kinestetik
      • Guru menyajikan materi dalam bentuk hardfile dan peserta didik diminta untuk membaca materi yang disajikan oleh guru.
      • Materinya sebagai berikut: Materi terlampir.
      •  
      • Sintak 2: mengorganisasi peserta didik untuk belajar
        • Gaya belajar
        • Jenis kegiatan
        • Visual/Audiovisual
        • Guru mengorganisasi peserta didik  untuk mewarnai gambar-gambar penerapan dari sila-sila pancasila
        • Audiotory
        • Guru mengorganisasi peserta didik untuk menemukan contoh-contoh penerapan dari setiap sila-sila Pancasila di lingkungan sekolah, masyarakat dan lingkungan sosial.
        • Kinestetik
        • Guru mengorganisasi peserta didik untuk mengunting gambar simbol-simbol pancasila dan gambar-gambar penerapan dari setiap sila-sila pancasila untuk ditemppelkan di kertas manila.
        •  
        • Sintak 3: Membimbing penyelidikan kelompok
          • Gaya belajar
          • Jenis kegiatan
          • Visual/Audiovisual
          • Memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk mewarani gambar-gambar penerapan dari sila-sila pancasila. Kreatif
          • Audiotory
          • Membimbing peserta didik untuk menyelesaikan tugas penerapan sila-sila pancasila. Kreatif
          • Kinestetik
          • Membimbing dan memfasilitasi peseta didik dalam menempelkan simbol-simbol pancasila dan gambar-gambar penerapan dari setiap sila-sila pancasila. Kreatif
          •  
          • Sintak 4: mengambangkan dan menyajikan hasil karya
            • Gaya belajar
            • Jenis kegiatan
            • Visual/Audiovisual
            •  Presentasi hasil mewarnai gambar tentang penerapan dari sila-sila Pancasila. Gotong Royong
            • Audiotory
            • Presentasi hasil diskusi kerja kelompok tentang penerapan sila-sila Pancasila. Gotong Royong
            • Kinestetik
            • Presentasi hasil kerja kelompok tentang menempelkan simbol-simbol pancasila dan gambar-gambar penerapan dari setiap sila pancasila. Gotong Royong
            •  
            • Sintak 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
              • Gaya belajar
              • Jenis kegiatan
              • Visual/Audiovisual
              • Kelompok belajar audiotory dan kinestetik bersama guru mengomentari hasil presentasi karya mewarnai gambar dari kelompok belajar visual/audiovisual dan membuat kesimpulan. Bernalar Kritis
              • Audiotory
              • Kelompok belajar visual/audiovisual dan kinestetik bersama guru mengomentari hasil presentasi dari kelompok belajar audiotory dan membuat kesimpulan. Bernalar Kritis
              • Kinestetik
              • Kelompok belajar audiotory dan visual/audiovisual bersama guru mengomentari hasil karya menempelkan simbol-simbol pancasila dan gambar-gambar penerapan dari sila-sila pancasila dari kelompok belajar kinestetik dan membuat kesimpulan. Bernalar Kritis

              Kegiatan Penutup

              •  
              • Assessment for learning, assessment as learning, dan assessment of learning.
              • Guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman tentang materi yang sudah diajarkan.
              • Guru Bersama siswa merefleksikan pengalaman belajar Pancasila
              • Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah diajarkan
              • Guru mengaitkan materi yang sudah diajarkan terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik
              • Doa penutup bersama
              • LAMPIRAN-LAMPIRAN
              • Bahan Ajar: Gaya Belajar Kinestetik
              • Pancasila

              •  
              • Makna dari sila-sila pancasila
              • Nilai dalam sila pertama yaitu Ketuhanan Yang  Maha  Esa  Pada  sila  pertama  ini, mengandung nilai yang luhur dalam kaitannya dengan ketuhanan, keagamaan, keadilan dan kenegaraan. Segala hal diatur berdasarkan aturan agama, sehingga pola pikir dan pola adat masyarakat Indonesia harus berdasar pada kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Penerapan dalam sila pertama Pancasila dapat dilakukan dengan menghormati setiap  perbedaan,  yaitu  perbedaan  keyakinan  yang  beragam  antar masyarakat,  membina  kerukunan  hidup  antar  masyarakat  yang  memiliki  perbedaan  agama  dan keyakinan, tidak memaksakan suatu keyakinan atau agama kepada orang lain, dan menumbuhkan sikap saling toleransi antar umat beragama (Gultom, 2016).
              • Nilai pada sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Dalam sila kedua Pancasila ini, mengandung  makna  mengenai  penghormatan  terhadap  orang  lain  walaupun  setiap masyarakat memiliki perbedaan yang beragam. Pengimplementasian dari sila kedua ini adalah dengan cara menanamkan dan menerapkan rasa toleransi kepada orang lain, menghargai dan menghormati antar masyarakat,  dan  selalu  bersikap  adil  terhadap  setiap  orang  tanpa  membeda-bedakannya.  Nilai kemanusiaan yang mencakup dalam sila kedua ini secara singkat dapat dinyatakan dalam menghormati perbedaan antar masyarakat, menghormati harkat dan derajat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, yang sama derajatnya, yang sama hak dan kewajiban-kewajiban asasinya, menanamkan rasa nasionalisme dan komitmen pada eksistensi bangsa, dan yang terakhir adalah terciptanya keadilansosial bagi seluruh rakyat Indonesia
              • Nilai pada sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia mengandung makna yaitu hubungan alamiah antarmanusia bahwa manusia memiliki perbedaan antar satu manusia dengan manusia lainnya. Pada  sila  ketiga ini, masyarakat Indonesia  diharapkan dapat menempatkan  persatuan,  kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas golongan atau pribadi. Menempatkan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi berarti rela dan sanggup berkorban demi bangsa dan negara yang dilandasi  oleh  rasa  cinta  tanah  air  dan  semangat  membangun  rasa  nasionalisme.  Selain  itu,  selalu menempatkan  kepentingan bangsa  dan  negara lebih dari apapun.  Untuk bisa menumbuhkan  perilaku tersebut maka kembangkanlah rasa kebanggan untuk bertanah air Indonesia dalam rangka memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Selain hal di atas, sila ketiga ini dapat di implementasikan dengan cara menghidupkan segala perbedaan yang  ada  sehingga  perbedaan  tersebut  dapat  mengarah  kepada  kesatuan  sebagaimana semboyan negara Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tapi tetap satu tujuan. Selain itu, ciptakan suasana saling tolong menolong dibalik segala perbedaan yang beragam sehingga  akan  terciptanya kehidupan  yang rukun antar masyarakat Indonesia.  Dengan begitu gotong royong pun akan terlaksana karena adanya saling membantu antar sesama. Bangsa Indonesia yang bisa mengimplementasikan  sila  ketiga  dengan  tolong-menolong  dan gotong  royong  dengan  begitu  maka dapat   dilihat   bahwa   sila   ketiga   Pancasila   memberikan   kesempatan   secara   leluasa   dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
              • Nilai-nilai sila keempat, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.  Kerakyatan Indonesia  adalah  demokrasi  yang  di  pimpin  oleh  hikmah kebijaksanaan  dan  mufakat.  Kerakyatan  timbul  karena  adanya  kesadaran  bahwa  manusia  memiliki kedudukan,  hak,  dan  kewajiban  yang  sama  sebagai  makhluk  ciptaan Tuhan  Yang  Maha  Esa.  Oleh karena  itu, perlu adanya  kesadaran  untuk menempatkan kepentingan  negara  dan masyarakat. Karena memiliki kedudukan, hak dan kewajiban yang sama maka tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.  Sebelum mengambil  keputusan  yang  menyangkut  kepentingan  hidup  bersama,  maka  ada baiknya  diadakan  musyawarah  mufakat  terlebih  dahulu.  Musyawarah  mufakat  ini  ditimbulkan  juga karena adanya semangat kekeluargaan yang merupakan ciri khas dari bangsa negara Indonesia sendiri. Dalam sila keempat Pancasila ini masyarakat Indonesia dapat mengimplementasikannya dengan cara memuliakan, menghargai  dan  menghormati  orang  lain  tanpa  membedakannya  sedikitpun,  selalu bersikap jujur saat adanya pemilu, dan yang terakhir adalah tidak saling menghina antar warga negara.
              • Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan  Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dalam sila kelima ini, masyarakat Indonesia menyadarai sepenuhnya bahwa manusia memiliki  hak  dan  kewajiban  yang  sama  di  mata  hukum.  Untuk  menciptakan  keadilan  sosial  untuk seluruh  rakyat  Indonesia  maka  dalam  hal  ini  perlu  adanya  kesadaran  dan  perkembangan  sikap  dan suasana kekeluargaan dan gotong royong untuk segenap masyarakat Indonesia. Untuk itu, perlu adanya kesadaran  sikap  yangadil  antar  sesama  dan  menjaga  antara  hak  dan  kewajiban  serta  menghormati harkat  dan  martabat  orang  lain.  Lalu,  masyarakat  Indonesia  dapat  mengimplementasikan  Pancasila dengan menanamkan sikap tolong menolong sehingga dapat terwujud kehidupan yang rukun dan damai. (https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/227/1660)

              • Simbol-simbol pancasila dan maknanya.
              •  
              • Simbol gambar bintang
              • Simbol gambar bintang berwarna kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di bagian tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Simbol gambar bintang dijadikan sebagai lambang sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa
              • Simbol gambar rantai
              • Gambar rantai dengan latar belakang warna merah dijadikan sebagai dasar Kemanusiaan yang Adil dan beradab. Simbol gambar rantai ini dijadikan sebagai lambang sila kedua dari Pancasila. Rantai yang berjumlah 17 dan saling sambung menyambung tidak terputus, ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun.
              • Simbol gambar pohon beringin
              • Simbol ini terletak di bagian atas sebelah kiri gambar bintang dijadikan sebagai dasar Persatuan Indonesia. Simbol gambar pohon beringin ini dijadikan sebagai lambang untuk sila ketiga Pancasila. Pohon beringin melambangkan sebagai tempat berteduh atau berlindung.
              • Simbol gambar kepala banteng
              • Simbol gambar kepala banteng terletak di sebelah atas gambar bintang. Gambar Kepala Banteng dijadikan sebagai dasar Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan. Kepala banteng diartikan sebagai tenaga rakyat dijadikan sebagai lambang sila keempat Pancasila.
              • Simbol gambar padi dan kapas
              • Simbol gambar padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Simbol gambar padi dan kapas dijadikan sebagai dasar Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. (https://bpip.go.id/berita/ini-bunyi-pancasila-dan-makna-5-lambangnya)
            •  

              • LKPD
            • Penerapan nilai-nilai Pancasila di keluarga, di sekolah dan di lingkungan masyarakat.

              • Gaya belajar audiovisual


              • Gaya belajar audiotory
                • Gaya belajar kinestetik






























































                • Rubrik Penilaian Asessmen of learning
              • Soal

                Penilaiaan

                Tulislah urutan dari sila-sila Pancasila

                3

                Siswa dapat menyebutkan sila-sila pancasila sesuai dengan urutan yang benar

                1

                Siswa hanya menyebutkan beberapa sila-sila pancasila

                2

                Siswa dapat menyebutkan sila-sila pancasila tetapi tidak secara berurutan

                O

                Siswa tidak bisa menyebutkan sila-sila pancasila

                Jelaskan arti/makna dari setiap sila-sila dalam Pancasila!

                3

                Siswa menjelaskan makna dari setiap sila-sila pancasila dengan baik dan benar

                1

                Siswa hanya menjelaskan satu makna dari sila Pancasila

                2

                Siswa dapat menjelaskan sebagian sila-sila Pancasila dengan baik dan benar

                Siswa tidak bisa menjelaskan makna dari sila-sila pancasila

                Berikut ini simbol-simbol dalam Pancasila:

                • Simbol gambar bintang
                • Simbol gambar rantai
                • Simbol gambar pohon beringin
                • Simbol gambar kepala banteng
                • Simbol gambar padi dan kapas

                Tentukanlah simbol-simbol tersebut sesuai dengan sila-sila Pancasila!

                3

                Siswa dapat menentukan simbol-simbol Pancasila sesuai dengan sila-sila Pancasila

                1

                Siswa hanya menyebutkan satu simbol Pancasila sesuai dengan sila-sila Pancasila

                Buatlah contoh penerapan dari setiap sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari!

                2

                Siswa dapat menentukan beberapa simbol-simbol pancasila sesuai dengan sila-sila Pancasila

                Siswa tidak bisa menyebutkan symbol pancasila


              •  

                Lampiran 5. Lembar Telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi

                 

                Lembar Telaah Rancangan Pembelajaran Berdiferensiasi

                 

                Identitas RPP/Modul Ajar yang ditelaah       : Modul Ajar Pendidikan Pancasila kelas V Fase C.

                Berilah tanda () pada kolom skor sesuai dengan kriteria yang tertera. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP/Modul Ajar sesuai penilaian Anda.

                Komponen RPP/Modul Ajar

                Skor

                Catatan

                1

                2

                3

                Informasi umum

                Tidak ada

                Kurang Lengkap

                Lengkap

                Identitas penulis modul, Identitas modul (Kelas, Semester, mata pelajaran, topik, jumlah pertemuan)


                Perumusan tujuan dan indikator pembelajaran

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Kesesuaian dengan capaian pembelajaran


                Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan kompetensi yang diukur


                Kesesuaian dengan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai sesuai kemampuan siswa


                Pemilihan media belajar

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran


                Kesesuaian dengan materi pembelajaran dan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang dipilih




                Kesesuaian dengan karakteristik/profil siswa (kesiapan, minat, modalitas belajar)



                Aspek Diferensiasi

                • Konten

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Keragaman sumber informasi (buku teks, internet, audio, visual, dan media massa)


                Jumlah konten/materi pembelajaran disesuaikan untuk masing-masing siswa


                • Proses

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Keragaman instruksi/penugasan disesuaikan dengan profil belajar siswa


                Keragaman instruksi/penugasan disesuaikan dengan profil belajar siswa


                Dilakukan pengelompokan siswa yang fleksibel


                Keragaman aktivitas pembelajaran disesuaikan dengan profil belajar siswa


                • Produk

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Memberikan ragam/pilihan tugas produk akhir


                Penilaian tergantung dari masing-masing individu


                • Lingkungan Belajar

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Tata letak meja/kursi menyesuaikan dengan kebutuhan dalam pembelajaran


                Pencahayaan ruang memadai


                Suhu ruangan kelas kondusif


                Skenario Pembelajaran

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Menampilkan kegiatan apersepsi, inti, dan penutup dengan jelas


                Kesesuaian kegiatan dengan aspek pembelajaran berdiferensiasi yang dipilih.


                Kesesuaian alokasi waktu dengan cakupan materi


                Penilaian (Asesmen)

                tidak sesuai

                Sesuai sebagian

                Sesuai seluruhnya

                Teknik dan bentuk penilaian sesuai dengan tujuan dan indikator pembelajaran


                Teknik dan bentuk penilaian mendukung aspek pembelajaran berdiferensiasi yang dipilih.



                Berdasarkan hasil telaah dari kami terkait dengan modul ajar ini, secra keseluruhan modul ajar sudah baik karena sudah menggunakan konsep UbD, diferensiasi sudah ditunjukan dengan baik dalam modul ajar. Menurut kami modul ajar ini harus dilengkapi lagi berkaitan dengan asesmen dalam kegiatan pembelajara.

                 

                Penelaah:

                • Agnes Mbung
                • Antonius Muardi
                • Desyana D. Saban
                • Maria S. Sindang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun