Fase C
Elemen
Capaian Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Pancasila
Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara
- Peserta didik mampu menjelaskan proses perumusan Pancasila C1
- Peserta didik mampu menyimpulkan hubungan sila-sila dalam pancasila sebagai kesatuan yang utuh. C2
- Peserta didik mampu menerapkan sikap menghargai perbedaan pendapat dari para tokoh dalam merumuskan Pancasila C3
- Peserta didik mampu menyimpulkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. C4
Pendekatan Pembelajaran yang digunakan
Pendekatan pembelajaran yang diigunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di atas adalah menggunakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat kepada siswa (student centered approach). Guru dalam pembelajaran ddi video tersebut menggunakan Pendekatan Inquiry artiinya dalam kegiatan pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat belajar melalui kegiatan pengajuan berbagai permasalahan secara sistematis, sehingga dalam kegiatan belajar lebih berpusat pada keaktifan peserta didik.
Model/Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran dalam video tersebut yang digunakan oleh guru adalah menggunakan metode:
- Ceramah
- Diskusi
- Demonstrasi
Media pembelajaran