Ceritakan bagaimana keadaan ruang kelas yang aman dan nyaman untuk belajar dari sudut pandang Anda. Mengapa ruang kelas yang Anda ceritakan tersebut dianggap aman dan nyaman?
Menurut saya ruang kelas yang aman dan nyaman untuk belajar adalah ruangan yang memiliki aspek kerapihan dan kebersihan, kenyamanan, fasilitas pembelajaran yang memadahi dan terawat, pengaturan fisik ruangan kelas yang baik, tersedianya media pembelajaran di dalam ruangan kelas, sirkulasi udara yang lancar dan jauh dari kebisingan.
Menurut saya aspek-aspek ruang kelas yang aman dan nyaman yang saya kemukakan diatas sangat aman dan nyaman karena dengan kerapihan dan kebersihan dalam ruangan kelas akan menciptakan suasana yang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar di dalam ruangan kelas. Maksud dari kenyamanan adalah kursi dan meja dari guru dan peserta didik sangat nyaman digunakan artinya kursi dan meja tersebut tidak boleh rusak. Maksud dari fasilitas pembelajaran yang memadahi dan terawat adalah dalam ruangan kelas tersebut mempunyai buku-buku, papan tulis, spidol, dan lcd proyektor dan harapannya semua fasilitas pembelajaran tersebut terawat dengan baik. Pengaturan fisik ruangan kelas artinya menata ruang kelas dengan baik seperti mengatur bangku dan meja peserta didik kedalam bentuk belajar kelompok dan belajar individu yang rapih penataan buku-buku yang rapih dan penataan media pembelajaran yang rapih. Tersediannya media pembelajaran di dalam ruangan kelas artinya dalam kegiatan pembelajaran guru diharapkan harus bisa kreatif untuk menciptakan media pembelajaran tujuan dari menciptakan media pembelajaran tersebut agar membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan media pembelajaran tersebut ditempatkan di dalam ruangan kelas dalam keadaan rapih. Sirkulasi udara yang lancar, jendela harus dibuka agar udara segar bisa masuk ke dalam ruangan kelas, udara yang bagus dan segar akan membantu guru dan sisiwa untuk tetap focus dalam pembelajaran. Jauh dari kebisingan, ketika ruangan kelas jauh dari kebisingan, hal ini memungkinkan peserta didik dan guru akan focus pada kegiatan pembelajaran.
Apa saja aspek yang membuat ruang kelas tersebut menjadi aman dan nyaman?
Aspek-aspek yang membuat ruangan kelas aman dan nyaman adalah sebagai berikut:
- Kerapihan dan kebersihan
- Kenyamanan
- Fasilitas pembelajaran yang memadahi dan terawat
- Pengaturan fisik ruangan kelas yang baik
- Tersedianya media pembelajaran di dalam ruangan kelas
- Sirkulasi udara yang lancar
- Jauh dari kebisingan
Setelah Anda memaparkan pendapat Anda mengenai ruang kelas yang aman dan nyaman, apakah ruang kelas Anda ketika berada di bangku sekolah sudah sesuai dengan aspek yang Anda tuliskan di atas?
Ruangan kelas ketika saya masih SD dari kelas 1 sampai kelas 6 belum sesuai dengan aspek ruangan yang aman dan nyaman yang saya tulis diatas, hal ini dikarenaakan dalam ruangan kelas saya dulu ketika saya masih duduk di bangku SD hanya memuat beberapa aspek saja seperti aspek kerapihan dan kebersihan, kenyamanan, sirkulasi udara yang lancer. Sedangkan untuk aspek yang lain belum terpenuhi di kelas saya waktu SD dikarenakan ruangan kelas saya waktu SD dulu masih terdengar kebisingan dari kelas yang lain dikarenakan ruangan kelas kami dulu belum mempunyai plafon, untuk fasilitas-fasilitas pembelajaran di ruangan kelas belum terpenuhi karena di sekolah kami belum mempunyai lcd proyektor dan ketersediaan buku-buku yang sedikit.
Selain ruang kelas dalam bentuk fisik yang telah kita ulas, lingkungan belajar juga mencakup perlakuan guru, teman, dan orang di sekitar kita. Mari kita ingat kembali bagaimana lingkungan di sekitar kita saat itu.
Pernahkah Anda mengikuti kegiatan dengan rasa terpaksa ketika duduk di bangku sekolah?
Saya pernah mengikuti kegiatan dengan rasa terpaksa ketika duduk di bangku SMP dan SMA.
- Kegiatan terpaksa pada saat saya di bangku SMP adalah kegiatan bakti sosial membersihkan pasar. Yang membuat saya merasa terpaksa dikarenakan kami semua murid SMP diharuskan untuk pergi membersihkan sampah-sampah di pasar, kegiatan yang kami lakukan itu menurut saya kegiatan tersebut tidak berdampak positif untuk pedagang dan pembeli di pasar, karena buktinya pada saat itu ketika kami selesai membersihkan pasar keesokan harinya sampah berserakan lagi. Seharusnya menurut saya kegiatan tersebut agar lebih efektif yaitu dengan cara membuat tempat sampah dan bersosialisasi dengan pedagang agar mereka membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.
- Kegiatan terpaksa ketika saya duduk di bagku SMA adalah kegiatan ekstrakurikuler pramuka setiap sore kamis, menurut saya kegiatan pramuka ini sangat bagus untuk pengembangan kepribadian yang baik, melatih untuk sikap bertanggung jawab dan menciptakan jiwa pancasila. Awal-awalnya saya sangat menyukai kegiatan pramuka karena kegiatan ini menambah nilai positif dalam diri saya, akan tetapi seiring berjalannya waktu saya tidak menyukai kegiatan ini dikarenakan dalam mengikuti kegiatan ini pelatih pramuka cendrung melakukan tindakan kekerasan seperti memukul dan membentak kami ketika kami melakukan kesalahan. Menurut saya mendidik dengan kekrasan ini tidak baik dan menurut saya guru tidak boleh melakukan kekerasan ketika melatih pramuka, guru seharusnya mendidik dengan pendekatan yang humanis. Karena selalui adanya kekrasan di kegiatan pramuka akhirnya saya merasa malas mengikuti kegiatan ini dan ketika saya tidak mengikuti kegiatan pramuka saya mendapatkan hukuman di sekolah oleh Pembina pramuka, karena selalu mendapatkan hukuman ketika tidak mengikuti kegiatan pramuka akhirnya saya memutuskan untuk tetap ikut kegiatan pramuka tetapi dengan terpaksa.
- Pernahkah Anda dipaksa untuk mengikuti les atau kegiatan tambahan yang Anda tidak sukai oleh guru atau orang tuamu? Bagaimana perasaan Anda?
Kegiatan yang dipaksa oleh guru saat saya bersekolah adalah mengikuti kegiatan bakti sosial dan kegiatan pramuka. Perasaan saya ketika mengikuti kedua kegiatan ini saya merasa tidak suka dan tidak senang dengan kedua kegiatan ini.
- Tidak suka dan tidak senang dengan kegiatan bakti sosial ini dikarenakan kegiatan ini menurut saya kegiatan yang tidak berdampak positif untuk pribadi saya karena dalam kegiatan bakti sosial ini kami diminta untuk membersihkan pasar, dan hasil dari kegiatan bakti sosial ini tidak berdampak positif menurut saya karena setelah selesai membersihkan pasar kesokan harinya pasar itu terlihat kotor lagi sehingga membuat pribadi saya merasa tidak senang karena kegiatan yang kami lakukan itu tidak berdampak positif. Seharusnya kegiatan tersebut agar berdampak positif kami harus membuat tempat sampah dan  bersosialisasi ke pedagan dan pembeli untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.
- Tidak suka dan tidak senang dengan kegiatan pramuka dikarenakan dalam mengikuti kegiatan pramuka ini Pembina pramuka selalu mendidik kami dengan kekerasan fisik ketika kami terlambat mengikuti kegiatan ini dan ketika kami tidak mengikuti kegiatan ini kami tetap mendapatkan hukuman sehingga saya merasa sedih dan tidak suka mengikuti kegiatan pramuka. Pribadi saya bukan tidak suka mengikuti kegiatan pramukannya akan tetapi pribadi say tidak senang dan tidak suka dengan individu pelatih Pembina pramuka karena dalam melatih kami dia selalu melakukan pendektan kekrasan fisik.