Mohon tunggu...
Peserta PPG 15901
Peserta PPG 15901 Mohon Tunggu... Guru - PESERTA PPG GELOMBANG 2 TAHUN 2024

Mahasiswa PPG Gelombang 2 Tahun 2024

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

T3-8 Aksi Nyata

13 November 2024   22:01 Diperbarui: 13 November 2024   22:13 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

T4-8. Aksi Nyata

Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:

MULAI DIRI

APA YANG ANDA PIKIRKAN TENTANG TOPIK INI SEBELUM MEMULAI PROSES PEMBELAJARAN ?

Sebelum memulai pembelajaran, saya memahami topik ini berkaitan dengan perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajar, dan perkembangan peserta didik saling berkaitan erat. Selain itu, hal yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran adalah pemahaman pengetahuan mengenai penerapan sosiokultural yang dilakukan guru di daerah yang memiliki Tingkat Pendidikan rendah dan terpencil . Dan tentang bagaimana konsep umum tentang zona perkembangan proksimal (ZPD) dan pendekatan, strategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai pada “Zone of proximal Development”.

EKSPLORASI KONSEP

APA YANG ANDA PELAJARI DARI KONSEP YANG ANDA PELAJARI DALAM TOPIK INI?

Topik 4 ini mempelajari pembelajaran Zone of Proximal Development (ZPD) merupakan konsep yang ditemukan oleh Lev Vygotsky dalam perkembangan teori anak. ZPD adalah daerah antara hal-ha yang dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri dan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh peserta didik tanpa bantuan orang lain. Konsep ini melibatkan kemampuan kognitif anak yang berada dalam proses kedewasaan dan Tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain. Dalam pembelajaran, ZPD dapat diaplikasikan dengan menggunakan strategi scaffolding yaitu memberikan bantuan bertahap kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

RUANG KOLABORASI

APA YANG ANDA PELAJARI LEBIH LANJUT BERSAMA DENGAN REKAN-REKAN ANDA DALAM RUANG KOLABORASI?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun