T4-8. Aksi Nyata
Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:
MULAI DIRI
APA YANG ANDA PIKIRKAN TENTANG TOPIK INI SEBELUM MEMULAI PROSES PEMBELAJARAN ?
Sebelum memulai pembelajaran, saya memahami topik ini berkaitan dengan perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajar, dan perkembangan peserta didik saling berkaitan erat. Selain itu, hal yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran adalah pemahaman pengetahuan mengenai penerapan sosiokultural yang dilakukan guru di daerah yang memiliki Tingkat Pendidikan rendah dan terpencil . Dan tentang bagaimana konsep umum tentang zona perkembangan proksimal (ZPD) dan pendekatan, strategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai pada “Zone of proximal Development”.
EKSPLORASI KONSEP
APA YANG ANDA PELAJARI DARI KONSEP YANG ANDA PELAJARI DALAM TOPIK INI?
Topik 4 ini mempelajari pembelajaran Zone of Proximal Development (ZPD) merupakan konsep yang ditemukan oleh Lev Vygotsky dalam perkembangan teori anak. ZPD adalah daerah antara hal-ha yang dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri dan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh peserta didik tanpa bantuan orang lain. Konsep ini melibatkan kemampuan kognitif anak yang berada dalam proses kedewasaan dan Tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain. Dalam pembelajaran, ZPD dapat diaplikasikan dengan menggunakan strategi scaffolding yaitu memberikan bantuan bertahap kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
RUANG KOLABORASI
APA YANG ANDA PELAJARI LEBIH LANJUT BERSAMA DENGAN REKAN-REKAN ANDA DALAM RUANG KOLABORASI?